Honda Jazz
Honda Jazz | http://motioncars.inquirer.net/

Top Brand Award adalah sebuah penghargaan yang diberikan kepada merek-merek yang memang layak diberi predikat TOP. Penghargaan ini melalui beberapa dasar penilaian dari hasil survei. Ada ratusan kategori yang diseleksi untuk penghargaan ini dan salah satu kategorinya adalah city car. Disini akan dibahas seputar trio city car peraih Top Brand 2014 tersebut. Berikut reviewnya:

  1. Honda Jazz

Peraih TOP Brand Award kategori city car yang pertama adalah Honda Jazz. Jazz meraih gelar TOP city car dengan nilai 36,5 %. Lalu apa yang membuat Jazz memang layak disebut TOP?

dimulai dari desain eksterior. Merek Honda memang identik dengan mobil Jepang yang paling mewah. Memang tidak bisa dibantahkan, jika melihat desain eksterior dari Jazz, kesan elegan akan sangat nampak. Mulai dari garis pada body yang dinamis, headlight dengan LED Projector Auto Levelling, Fog Lamp dengan LED Position Lamp, hingga berbagai ornamen di body bagian belakang.

Masuk ke bagian interior, Anda akan disuguhkan dengan konsep ‘Sophisticated Futuristic Cockpit’ pada kemudi. Selain itu, Honda mengklaim bahwa mereka mempunyai ruang kabin yang terluas di kelasnya. Dengan inovasi ultra seat, model hatchback yang dipersembahkan bagi mereka yang berjiwa muda ini menawarkan optimalisasi ruang sesuai kebutuhan, serta bagasi dengan kapasitas yang terluas di kelasnya.

Menambah sensasi berkendara, All New Honda Jazz dilengkapi pula dengan One Push Ignition System, tombol yang memudahkan pengemudi menyalakan atau mematikan mesin kendaraan hanya dengan sekali sentuh. Sistem audio video touchscreen 6.1″ yang kompatibel dengan berbagai format musik modern, salah satunya bisa disambungkan ke aplikasi iPhone 4 & 4S melalui kabel optional. Lewat audio steering switch, pengemudi dapat mengendalikan audio tanpa melepaskan tangan dari kemudi.

Dengan menggunakan mesin 1.5 liter SOHC i-VTEC 4 silinder, mobil ini memiliki tenaga maksimal 120 PS pada 6.600 rpm dan torsi 14,8 Kg.m pada 4.800 rpm. Demi keamanan, All New Honda Jazz dilengkapi dengan Immobilizer, sistem alarm, smart key system plus keyless entry, dan wave key system plus keyless entry. Jika Anda teratrik memiliknya, Anda akan ditawarkan variasi harga mulai dari Rp 199 juta hingga Rp 248 juta dengan tipe A,S, dan RS.

  1. Toyota Yaris

Runner up TOP city car dipegang oleh merek asal Jepang lagi, yaitu Toyota Yaris. Yaris memang jadi satu idola dalam kategori city car. Melihat dari eksterior, Toyota seperti ingin menunjukkan kesan dinamis dari Yaris. Toyo­ta punya julukan,yaitu sophisticated keen look. Kap mesin dengan lekukan kokoh menguat­kan kesan tersebut. Selain itu ternyata lekukan pada kap mesin tersebut bertugas membantu sistem ke­selamatan pedestrian safe me­nyerap tumbukan de­ngan tubuh. Garis putus-putus dan terkesan acak yang disematkan sampai belakang. Toyota seperti ingin menggambarkan kehidupan kaum muda yang dinamis. Anda bisa menemukan pilar C berkelir hitam mengilap dan lampu belakang besar.

Masuk ke dalam, Anda dapat melihat rancangan cemerlang dari All-New Yaris, terutama pada dasbor dan trim pintu. Sekilas memang tampilan seperti menggunakan pelapis, tapi ternyata hanya dasbor normal dengan warna dan kontur plus detail jahitan yang membuatnya terlihat seperti kulit. Bentuk dasbor Yaris meniru gaya mobil-mobil premium yang sudah dilapisi kulit. Untuk memboyong mobil ini, Anda harus mempersiapkan dana sebesar Rp 224 juta untuk tipe E manual yaitu varian terrendah, hingga Rp 265 juta untuk tipe TRD S Otomatis.

  1. Suzuki Swift

Selanjutnya masih tetap dipegang oleh pabrikan asal Jepang, yaitu Suzuki dengan city car andalannya Swift. Mengusung desain khas Eropa, body Swift tampil lebih sporty dan stylish. Interior Swift juga tidak kalah canggih dan elegan jika dibandingkan dengan dua rivalnya yang meraih juara dan runner up TOP city car.

Keseluruhan kabin dibalut nuansa hitam dengan hanya menyisakan sedikit aksen silver di beberapa titik seperti dahsboard, kisi-kisi AC, lingkar kemudi, dan tuas transmisi. Swift sudah menggunakan jok depan model semi bucked. Jok model ini selain memberi kesan lebih elegan juga sekaligus memberikan kenyamanan ekstra, karena tubuh pengemudi dan penumpang depan seakan ditopang sempurna oleh jok.

Menggunakan fitur keyless push start agar memudahkan pengemudi menyalakan mesin cukup dengan sekali tekan. Dilengkapi slot USB di dashboard Audio system, jadi Anda dapat memainkan playlist lagu favorit Anda. Kursi pengemudi dapat diatur ke atas dan ke belakang sebanyak 24 posisi. Kursi belakang pun dapat dilipat agar menambah ruang penyimpanan barang di bagasi.

Untuk masalah dapur pacu, Swift menggunakan kapasitas mesin 1.4 liter. Mesin itu mampu menyemburkan tenaga hingga 95 Ps pada 6.000 rpm, dengan torsi maksimal 130 Nm pada 4.000 rpm. Masalah keamanan, Swift dilengkapi airbag untuk pengemudi dan penumpang, sistem pengereman ABS (Anti Brake System), BAS (Bost Assist System). City car dari Suzuki ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp163 juta untuk tipe GL Manual atau varian paling rendah, hingga Rp 180 juta untuk tipe GX Otomatis atau varian paling mahal.

Ketiganya dapat Anda cari di Pricearea, karena harga mobil baru 2015 di sini sangat ramah di kantong. Anda boleh lakukan banding harga mobil, seperti harga mobil Honda ataupun merek lainnya dengan online shop lain.

Comments

comments