Phablet teranyar Samsung Galaxy Note 4 akhirnya secara resmi diluncurkan di ajang IFA 2014 yang berlangsung di Berlin, Jerman pada September 2014 lalu. Namun perangkat tersebut baru akan diperjualbelikan secara luas pada bulan Oktober 2014 ini.

Samsung-Galaxy-Note-4
Samsung-Galaxy-Note-4

Diperkenalkan langsung oleh Presiden Samsung, Dj Lee, Note 4 membawa beberapa keunggulan yang akan membuat kagum para pengguna gadget. Masih mengusung ukuran layar 5.7 inci seperti Note 3, Note 4 digadang bakal membawa banyak perbaikan fitur dan spesifikasi.

Sebelum bisa membelinya, mungkin lebih baik simak dulu review & spesifikasi Samsung Galaxy Note 4 di bawah ini:

[listingterkait judul=’Samsung Galaxy Note 4’]

Kualitas Layar

Mengusung spesifikasi layar terbaru dan tercanggih, layar Note 4 dilapisi dengan teknologi Quad HD Super AMOLED dan resolusi 2,560 x 1,44 yang bisa meregang hingga 500 ppi. Fitur tersebut masih disertai dengan adaptive display yang berfungsi untuk menyesuaikan tingkat cahaya layar dengan cahaya di tempat Anda berada.

Desain

Samsung selalu saja diprotes akan pemilihannya terhadap material plastik untuk setiap perangkatnya, bahkan pada phablet sekelas galaxy Note. Akhirnya protes itupun membuat pihak vendor asal Korea Selatan ini untuk melapisi Note 4 dengan material metal untuk menghasilkan tampilan yang lebih premium dan tahan banting. Meski dilapisi dengan metal, itu tak membuatnya lantas menjadi berat untuk digenggam. Dengan berat yang hampir sama seperti Note 3, sekitar 176 gram, Note 4 tetap terasa ringan.

Mengenai ukuran, phablet ini sedikit lebih besar ketimbang pendahulunya, yakni 153.5 x 78.6 x 8.5mm, dimana dulu Note 3 memiliki ukuran 151.2 x 79.2 x 8.3mm. Diharapkan peningkatan ukuran tersebut akan memberikan kenyamanan dalam browsing atau berselancar di dunia maya kepada si pengguna.

S Pen

Salah satu keistimewaan Galaxy Note adalah penggunaan perangkat S Pen. Kali ini ada 2 pilihan pena, fountain dan calligraphy. Diantara keduanya, fountain adalah yang paling menarik yang menunjukkan keefektivan penggunaannya untuk menulis layaknya seperti di atas selembar kertas. Anda tidak akan merasakan lagi sensasi seperti menulis di atas layar plastik, tapi benar-benar terasa nyata. Bahkan tulisan dan tanda tangan Anda yang dibuat menggunakan S Pen tersebut terlihat layaknya dari tulisan tangan Anda sendiri.

Tidak berhenti sampai di situ, S Pen masih ada keistimewaan lainnya di mana ia juga dapat berfungsi seperti sebuah mouse. Pencet saja tombol yang ada di sisinya untuk mengaktifkan mode Smart Select yang dapat memungkinkan Anda untuk memberi warna pada teks dari website atau menaruh teks ke dalam arsip Anda.

Kamera

Peningkatan besar juga terdapat pada fitur kamera. Dari resolusi 13 MP pada pendahulunya, Samsung Galaxy Note 4 kini memiliki resolusi kamera utama sebesar 16 MP. Belum lagi perubahan bukaan f yang berada pada angka f1.9. Ini artinya kamera tersebut akan menghasilkan gambar yang lebih terang dan tajam.

Performa dan Baterai

Samsung bahkan turut memperbaiki fitur yang jarang sekali dipakai oleh si pengguna, yaitu mikrofon. Dengan menggunakan mikrofon yang ada di dalamnya, dalam keadaan ramai, pengguna dapat memperbesar satu suara dan memotong suara lainnya. Kemampuan ini diperoleh dari adanya 3 mikrofon di dalam perangkat (dua di atas dan satu di bawah).

Kecepatan operasi gadget boleh jadi yang paling utama bagi si pengguna. Akibat pemasangan prosesor 2.7GHz quad-core Snapdragon 805 dan RAM 3GB, Note 4 pun menghasilkan performa yang cepat. Samsung juga sudah mengimbanginya dengan menanamkan baterai 3200 mAh dimana Anda dapat mengisi daya sebanyak 50% hanya dalam waktu 30 menit saja, seperti yang ada di dalam S5.

Kesimpulan

Berdasarkan hasil review tadi, dapat disimpulkan kalau Samsung Galaxy Note 4 adalah phablet kelas premium dengan kemampuan yang super. Samsung telah memberikan peningkatan yang cukup drastis dari versi sebelumnya demi kenyamanan dan kemudahan yang lebih baik kepada para penggemarnya. Rasanya tak akan rugi untuk memilih phablet ini untuk dijadikan teman browsing, gaming, hingga menjalankan bisnis di mana saja dan kapan saja.

Comments

comments