Anda yang sedang menunggu generasi penerus smartphone premium Xperia Z, sekarang Anda bisa bersuka cita. Pasalnya, varian terbaru Xperia Z3 sudah dipasarkan di Indonesia dan dibanderol seharga Rp 8,5 juta.

Sony-Xperia-Z3
Sony-Xperia-Z3

Melihat desainnya, Sony Xperia Z3 menganut desain dan material yang sama dengan lini Xperia sebelumnya. Bentuknya kotak panjang dengan bahan logam dan sentuhan yang mengkilat di bagian belakang. Namun, jika dilihat lebih dekat lagi, Sony kini mengusung desain lebih membulat yang terlihat pada bagian sisi-sisi beserta keempat sudut bodinya.

Sony juga membuat rangka di ujung tepi Xperia Z3 dengan materi yang diperkuat. Hal tersebut dimaksudkan untuk mencegah kerusakan apabila smartphone terjatuh. Sudut-sudut smartphone ini dibuat dari materi yang lebih keras untuk meredam benturan.

Sony Xperia Z3 sendiri memiliki bodi dengan rating IP 65/68 yang membuat perangkat ini tahan terhadap benturan bila jatuh dari ketinggian 2 meter. Selain itu, bodi Z3 juga tahan terhadap air hingga di kedalaman 1,5 meter di bawah air selama 30 menit.

Untuk lebih jelasnya, berikut review Sony Xperia Z3 untuk Anda ketahui:

LAYAR

Seperti disinggung di atas, Xperia Z3 memiliki layar ukuran 5,2 inci. Resolusi yang dibenamkan Sony adalah resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Resolusi ini semakin populer dianut oleh smartphone-smartphone premium populer saat ini, walau trennya menuju ke arah resolusi Quad HD, seperti LG G3 atau Galaxy Note 4.

Dengan teknologi Triluminos, Sony menghadirkan layar yang terang dan tajam. Saking terangnya, saat menghidupkan layar dari kondisi mati di ruangan remang, bisa jadi pengguna akan silau melihat tampilan layar berwarna putih saat smartphone melakukan proses start-up.

ANTARMUKA DAN PENGOPERASIAN

Antarmuka Android yang telah dimodifikasi Sony di Xperia Z3 terasa cepat dan mulus. Layar LCD dengan materi IPS yang diusungnya memiliki kesan yang nyaman dan halus saat disentuh dengan jari. Memiliki hardware yang mumpuni membuat transisi antarmuka di smartphone ini juga berjalan mulus.

Sony Xperia Z3 secara default memiliki tujuh halaman homescreen yang bisa dipasangi berbagai shortcut aplikasi dan widget. Tombol utama yang terdapat di deretan paling bawah layar juga bisa dijangkau dengan ibu jari.

HARDWARE DAN PERFORMA

Sony menyertakan prosesor Qualcomm Snapdragon 801 2,5 GHz. Prosesor ini bukan prosesor baru atau tercepat, tapi saat dipasangkan dengan RAM 3 GB, Xperia Z3 bisa menangani tugas-tugas berat dengan cepat.

Bermain game-game dengan grafis yang berat seperti Real Racing 3 juga tidak ada kendala berarti. Hanya saja layarnya yang mungkin bagi sebagian orang masih dianggap kecil jika dibanding dengan lini Galaxy Note Samsung, sehingga pengalaman bermain game menjadi berkurang.

KAMERA

Fitur ini menjadi satu perhatian penting, karena faktor kamera seringkali menjadi penentu sebagian orang dalam memilih smartphone. Modul lensa kamera utama di bagian belakang Sony Xperia Z3, terukir logo seri G Lens yang dikembangkan bersama pabrikan optik Carl Zeiss. Ukuran sensor 1/2,3 inci serta resolusi sensor sebesar 20,7 megapixel yang diusungnya, serta lampu flash LED bertengger di bawah lensa.

BATERAI

Baterai dalam Xperia Z3 kapasitasnya sedikit lebih rendah dibanding pendahulunya, yaitu 3100 mAh. Namun Sony mengklaim berkat optimasi software, ponsel pintar ini memiliki daya tahan baterai yang lebih lama. Xperia Z2 sebelumnya diklaim memiliki ketahanan 1,4 hari, sementara Z3 kini diklaim Sony memiliki ketahanan baterai hingga 2 hari.

Dalam pemakaian sehari-hari, daya tahan baterainya bisa bertahan selama kurang lebih 16 jam, dengan asumsi pemakaian normal, seperti menelepon/SMS, messaging, jejaring sosial, e-mail dan sejenisnya. Umur baterai akan berkurang jika digunakan untuk memutar musik, video atau streaming.

KOMPATIBILITAS DENGAN PLAYSTATION 4

Untuk pertama kalinya, Sony membuat evolusi dengan memungkinkan semua smartphone Xperia-nya (tak hanya Xperia Z3 saja) sebagai layar kedua saat bermain konsol PlayStation 4. Fitur tersebut diberi nama PS4 Remote Play. Sony menyediakan docking khusus yang bisa mengakomodasi semua ukuran layar Xperia, dan memasangkannya dengan kontroler PS4. Saat keduanya dipasangkan, perangkat itu menjadi layaknya konsol game portabel, PS Vita.

Xperia Z3 juga bisa dijadikan sebagai layar kedua konsol game PlayStation 4 dengan docking tambahan dan koneksi WiFi melalui aplikasi PS4 Link. Layar smartphone Xperia akan terhubung dengan mesin PS4 sebagai layar kedua melalui koneksi WiFi. Untuk menghubungkannya, pengguna harus memasang aplikasi “PS4 Link” yang bisa didapat di Google Play Store secara gratis.

KESIMPULAN

Xperia Z3 merupakan smartphone Sony yang unggul dalam hal performa dan ketahanan. Spesifikasi dan fitur di dalamnya akan membuat penggunanya puas, seperti kamera beresolusi tinggi. Meski desainnya sekilas mirip dengan Xperia Z2, smartphone ini lebih ramah dipegang dan terasa lebih nyaman saat dioperasikan. Hanya saja permukaan belakang yang licin akan membuat penggunanya harus lebih berhati-hati saat menggenggam. Pengguna disarankan menggunakan casing tambahan dari pihak ketiga.

Dengan RAM 3 GB dan prosesor yang tangguh, Z3 siap diajak untuk bekerja, gaul di media sosial, menonton YouTube, dan bermain game ringan hingga berat. Apalagi Anda yang gemar bermain PlayStation, Anda tentu ingin memilikinya untuk lebih memuaskan hobi gaming Anda, bukan?

Pembelian Sony Xperia Z3 bisa dilakukan di toko HP online yang tersedia di PriceArea. Penawaran harga handphone terbaru dapat disesuaikan dengan budget Anda karena ada banyak merchant di dalamnya. Miliki juga HP Samsung terbaru yang tidak kalah hebat dari smartphone keluaran Jepang ini.

Comments

comments