LG-L60
LG-L60 | http://i.ytimg.com/

LG ingin terus ikut meramaikan persaingan di segmen Android murah dan LG L60 adalah salah satu ‘senjata’ yang akan menjadi andalan mereka. Spesifikasi yang dibawanya tentu saja tidak menawan, tapi banderol harga yang ditawarkan jelas terjangkau, hanya Rp 1,5 juta.

Kita tilik saja langsung seperti apa review spesifikasinya:

  1. Desain

Ukuran yang tergolong kecil membuatnya cukup ringkas, cuma 124.1 x 66.3 x 12 mm. Pinggiran cover belakang yang melengkung juga menjadikan ponsel ini jatuh secara natural saat berada di telapak tangan. Bahan plastik begitu dominan menyelimuti bodi dari LG L60 tapi dengan adanya plastik berwarna silver yang mengelilingi tepiannya menghadirkan kesan elegan.

Peletakkan tombol fisik seperti tombol power di sisi kanan dan volume up/down di sebelah kiri terbilang baik karena mudah dijangkau. Cover belakang dapat dengan mudah dibuka untuk akses sebuah slot micro SD dengan kapasitas up to 32 GB, serta dua buah slot mini SIM card. Di bawah layar, LG menempatkan empat buah tombol kapasitif yang terdiri dari back, home, menu, dan multitask. Sayang, LG tidak memberikan lampu led pada tombol-tombol tersebut sehingga sulit menekannya jika berada di tempat yang gelap.

[listingterkait judul=’LG L60’]

 

  1. Layar dan Tampilan Antar Muka

L60 dibekali layar 4.3 inch dengan resolusi 480 x 800 piksel. Ketajaman gambar bukanlah hal yang bisa diharapkan dari layar dengan kerapatan pixel yang hanya 217 ppi ini, tapi yang ditampilkan di layar sudah bisa dikategorikan cukup.

Layar dari L60 sangat terang sekalipun tingkat brightness di-set ke titik terendah. Sisi positifnya adalah saat penggunaan di luar ruangan tidak akan mengalami masalah meskipun matahari sedang terik-teriknya. Kelebihan tadi juga  didukung viewing angle yang baik sehingga melihat layar dari berbagai sudut tidak akan menjadi masalah.

Di sisi lain, layar yang teramat terang tersebut jadi hal yang kurang baik bagi Anda yang sering menggunakan ponsel di tempat gelap. Dalam situasi tersebut, layar menjadi sangat terang dan tidak bersahabat dengan mata sekalipun tingkat brightness ada di level paling rendah.

Dikarenakan adanya keterbatasan pada hardware, LG tidak melakukan banyak modifikasi pada tampilan antar muka. Tidak ada user interface Optimus yang biasa ditemui pada seri-seri ponsel LG lainnya. Sebagai gantinya, L60 menawarkan tampilan Android 4.4.2 murni atau yang biasa disebut Vanilla Android. Walau tampilannya sangat sederhana, L60 tetap menawarkan fitur-fitur yang biasa ditemui pada ponsel LG untuk segmen menengah keatas, antara lain KnockOn dan juga Guest Mode.

 

  1. Hardware dan Software

Prosesor dual core, OS Android versi 4.4.2, serta hadirnya fitur-fitur yang diturunkan dari smartphone lini premium merupakan beberapa kelebihan dari LG L60. Kinerja dari smartphone ini disokong oleh chipset Mediatek MT6572 dual core dengan clock 1.3 GHz, 512 MB RAM, GPU Mali 400, dan kapasitas memori internal 4 GB dengan 2.38 GB yang bisa digunakan.

Bila melihat spesifikasi tersebut, pengguna tidak akan bisa mengandalkannya untuk menikmati multimedia, misalkan menonton video atau bermain game berat. L60 memang hanya diperuntukkan untuk sekedar melayani tugas-tugas standar, seperti akses sosial media dan juga online chatting. Ukuran RAM dan memori internal yang disediakan pun tak akan bisa menampung terlalu banyak aplikasi, sehingga pengguna harus bisa memilih aplikasi yang benar-benar dibutuhkan.

 

  1. Kamera
Hasil-Kamera-LG-L60
Hasil-Kamera-LG-L60

Kamera 5MP bukanlah masalah utama dari LG L60, tapi tidak adanya fitur auto focus. Fokus yang tersedia sudah fix dan tidak bisa diubah. Alhasil tidak akan mungkin mengambil gambar dengan hasil yang bagus. Bahkan untuk mengambil yang lumayan pun sangat sulit, karena aplikasi kamera yang terinstal adalah bawaan dari Google, maka tidak ada fitur-fitur lain untuk mendukungnya.

Opsi setelan yang ada hanya ada exposure, scene, flash, image resolution, dan sebagainya.  Untuk kamera depan, L60 hanya dibekali dengan resolusi VGA saja. Kualitas gambarnya sudah bisa ditebak sangat kurang. Jadi jangan berharap untuk dapat mengambil foto selfie dengan hasil yang baik.

 

  1. Kesimpulan

Dengan spesifikasi serta performa yang ditawarkan, LG L60 memang layaknya smartphone untuk kelas entry level. Spesifikasi secara umum tidak wah dan juga tidak ada fitur unik lainnya. Layar seluas 4,3 inch punya performa yang cukup baik dan juga terang. Prosesor dual corenya juga cukup untuk dibebani tugas-tugas standar, seperti chatting BBM dan juga akses sosial media.

Namun kapasitas RAM yang kecil cukup menjadi masalah karena L60 akan mudah sekali terasa lambat saat merespon perintah. Sektor kamera menjadi kekecewaan terbesar dengan tidak adanya fitur auto focus. Resolusi yang ada, sebesar 5 MP sebenarnya tidak jelek, tapi dengan fokus lensa yang fix, mengambil gambar bukan hal menyenangkan dengan ponsel ini.

Soal peluangnya di pasar smartphone, LG L60 sepertinya akan kesulitan untuk bersaing. Dengan banderol Rp 1,5 juta, spesifikasi yang ditawarkan L60 terpaut cukup jauh dengan brand kompetitor lain di segmen yang sama.

Comments

comments