Tak hanya hebat soal memproduksi smartphone, HTC juga kembali menggebrak pasar gadget melalui HTC RE. Ini adalah kamera mini berkualitas Full HD yang memiliki banyak keunggulan.

HTC-RE
HTC-RE

HTC RE mulai diperkenalkan ke publik di acara yang diselenggarakan di New York dengan kisaran harga USD 199 atau sekitar Rp 2 jutaan. Harga tersebut dinilai Shane Chiang selaku Head of Corporate and Consumer HTC South Asia sebagai angka yang rasional untuk kamera mini yang baik. Dikarenakan harganya yang relatif murah, HTC RE enggan disamakan dengan kamera mini yang sudah mendahului seperti GoPro. Segmentasi kamera ini juga jauh berbeda dengan action camera pada umumnya.

SPESIFIKASI

Kamera tersebut bertumpu pada desain yang stylish dan modern dengan kemampuan rekam video hingga 1 jam 40 menit tiap sekali pengisian baterai. Kualitas gambar yang ditawarkan adalah 16 MP dengan sensor CMOS 1/2.3 dan lensa 146° ultra wide angle. HTC RE didesain tahan air dan anti debu dengan sertifikasi IP57. Kamera mini perdana keluaran HTC ini juga mempunyai kemampuan untuk merekam video 1080p @30 fps dan 720p @120fps untuk video slow motion.

[listingterkait judul=’HTC RE’]

BENTUK UNIK

Kesan pertama melihat gadget mini tersebut menimbulkan berbagai imajinasi. Ada yang bilang mirip periskop kapal selam atau inhaler asma, bahkan ada pula yang menganggapnya mirip alat pelembut kulit pada produk kecantikan atau lisptik perempuan dalam versi yang lebih besar. Bila kesan itu yang timbul, maka HTC RE terbilang sukses dengan desainnya yang unik, yakni membuat pengguna bisa berfikir kreatif dan imajinatif ketika menggenggamnya. Hal ini menyebabkan kegiatan merekam video tidak perlu pada aktivitas tertentu yang mainstream saja.

Pengguna pun menjadi lebih bebas berkreasi tanpa perlu bingung mencari mounting yang komplit. Tinggal dipasangkan pada kantong baju, sepeda, atau dashboard mobil, kamera buatan pabrik asal Taiwan ini sudah bisa dibiarkan merekam bebas apapun kegiatan Anda. Kalau terpaksa, Anda pun cukup menggunakan lakban dan menempelkannya.

HASIL MENAKJUBKAN

Kemampuan kamera foto cukup menonjol karena dibekali resolusi hingga 16 Megapixel. Mau tidak mau, memotret pada cahaya yang melimpah seperti kegiatan luar ruangan mampu menghasilkan kualitas gambar yang bisa diandalkan, bahkan untuk ukuran kamera mini yang sejenis, RE sudah di atas rata-rata.

Sementara untuk kamera video 30 frame per seconds (fps) sangat mendukung untuk hasil Full HD 1920×1080, dimana angka 30fps melebihi syarat standar Full HD yakni 25 fps. Dampaknya, video berjalan sangat halus, tidak patah-patah, dan tetap akurat untuk adegan-adegan supercepat seperti cipratan air atau gerakan. Tak hanya untuk adegan cepat, membuat adegan slowmotion pun bakal lebih mengasyikkan.

BATERAI

Baterei 820mAH membuat HTC RE mampu merekam video hingga 1jam 40 menit tanpa putus. Durasi ini cukup untuk merekam sebuah konser musik tunggal yang biasanya berlangsung kurang dari 2 jam. Panjangnya waktu perekaman sudah diantisipasi dengan kemampuan kartu memori yang bisa dipakai hingga 128 GB, meski setiap pembelian sudah diberi ‘bonus’ microSD 8GB.

KONEKSI BLUETOOTH

Koneksi blutetooth yang dimilikinya membuat kamera mungil ini mampu terhubung dengan ponsel HTC seperti HTC Desire Eye. Koneksi ini menjadi sangat penting karena desain HTC RE tidak memungkinkan untuk dibuat layar LCD seperti action cam yang lain. Dengan koneksi yang cukup baik tanpa delay berarti cukup menutupi kelemahannya yang belum dibuat layar LCD. Alhasil, aktifitas memotret/merekam video tidak akan terganggu. Pengguna tidak lagi menebak-nebak seperti apa hasil foto/video nya nanti.

PENGOPERASIAN YANG MUDAH

Mengoperasikan kamera HTC ini jauh lebih mudah daripada action camera pada umumnya. HTC RE hanya dibekali dua tombol utama, yakni tombol slow motion di siku bawah dan satu tombol shutter di siku atas. Sekali pencet singkat pada shutter berarti memotret foto, sementara memencet lama pada shutter berarti merekam video.

Kamera mini ini tidak memiliki tombol ON/OFF layaknya kamera biasa. Ia mengandalkan sensor otomatis, jadi bila dipegang tangan akan langsung menyala dan bila didiamkan dalam beberapa detik bakal mati sendiri.

APLIKASI ZOE

Menggunakan aplikasi dan berbagi multimedia Zoe, Anda bisa mengedit foto/video yang ada di hardisk menjadi clip multimedia yang atraktif dengan durasi 33 detik tiap clip. Dengan begitu tidak akan ada lagi tumpukan multimedia yang tersimpan lama dalam hardisk Anda.

KESIMPULAN

Sebagai kamera mini yang unik, HTC RE sepertinya dibuat untuk mengisi segmen yang belum tergarap oleh action camera pada umumnya. Sebagai produsen yang dikenal inovatif dan ekslusif, HTC mampu berimprovisasi kreatifitasnya dengan tidak mau ikut-ikutan memproduksi action camera yang mainstream, meski sebenarnya bisa difungsikan seperti itu. Apalagi mengingat kualitas foto/video yang dihasilkan dan segmentasi yang lebih luas, bukan hal yang mustahil ia mampu menggeser dominasi action cam yang sudah eksis sebelumnya.

Comments

comments