Oppo adalah pendatang baru di pasar ponsel pintar, tapi ia terbilang telah cukup sukses menarik perhatian. Produk-produknya seperti N1 dan Find 5 menjadi penantang serius bagi vendor lain yang sudah lebih dulu populer.

Hal tersebut juga berlaku untuk Oppo Find 7 yang menjadi andalan mereka di tahun 2014 ini. Menjadi yang pertama sebagai smartphone dengan layar Quad High Definition (QHD), sudah menjadi tanda bahwa ia bukan produk biasa. Tak hanya itu, charger super cepat dan kamera 50 MP nya juga tak boleh diremehkan.

Oppo-Find-7
Oppo-Find-7 | http://phandroid.s3.amazonaws.com/

Namun, apa benar keduanya memang secanggih yang diberitakan? Simak saja review charger super cepat dan kamera 50 MP Oppo Find 7 berikut:

Kamera 50 MP

Hasil-Jepretan-Kamera-Oppo-Find-7
Hasil-Jepretan-Kamera-Oppo-Find-7 | http://inet.detik.com/

Sensor CMOS 13 MP menjadi andalan Oppo pada sektor kamera Find 7. Secara keseluruhan, performanya baik seperti layaknya smartphone premium lain. Saturasi warna dan kontras pada foto dalam kondisi cahaya yang cukup juga bagus. Namun sayang, dalam kondisi low light foto yang dihasilkan terbilang standar. Detail yang didapatkan menurun jika dibandingkan kondisi cahaya cukup dan terdapat noise.

Fitur utama yang ditawarkan dari kamera Find 7 adalah Ultra-HD yang memungkinkan Find 7 untuk meringkus foto sebesar 50 MP. Bukan 50 MP dalam arti sebenarnya, tapi ini adalah hasil dari perpaduan empat buah foto yang digabungkan sehingga membentuk gambar dengan resolusi 6120×8160 yang setara 50 MP. Hasilnya memang lebih detail dari 13 MP biasa, tapi jaraknya tidak terlampau jauh.[listingterkait judul=’Oppo Find’]

User interface pada kamera Find 7 cukup sederhana dan tidak menyulitkan pengguna dalam mengoperasikannya. Pilihan mode yang ditawarkan antara lain meliputi HDR, panorama, slow shutter, dan juga RAW. Kebutuhan untuk selfie dan video call juga tetap terakomodasi secara maksimal oleh Oppo dengan kamera depan beresolusi 5 MP.

Di sektor rekam video, Oppo Find 7 sudah mampu mengambil gambar bergerak hingga resolusi 4K. Perekaman dengan resolusi tersebut lumayan mulus walau kadang ada gerak lambatnya.

Charge Baterai Super Cepat

VOOC-Charger-Oppo-Find-7
VOOC-Charger-Oppo-Find-7 | http://i.ytimg.com/

Kapasitas baterai yang ditawarkan Oppo pada Find 7 memang cukup besar, yaitu 3.000 mAh.Tapi angka tersebut rasanya memang dibutuhkan untuk menyokong layar quad HD dan juga paket komputasi kelas atas yang ada.

Meski kapasitasnya besar, daya tahannya tidak bisa dikatakan baik. Untuk penggunaan santai seperti telepon, akses media sosial, berselancar di internet, dan foto sesekali, Find 7 Cuma mampu bertahan sekitar 12 jam lebih. Namun jika Anda tergolong heavy user, artinya pengguna yang banyak menggunakan ponsel untuk menonton video atau bermain game, rasanya waktu 7-8 jam sudah menjadi catatan terbaik yang bisa Anda dapatkan.

Walaupun baterainya tidak terlalu awet, tapi di sinilah Oppo memiliki andalan. yaitu fitur VOOC Rapid Charging. Dengan fitur ini, Find 7 bisa dicharge dari kondisi kosong 0% hingga kapasitas sekitar 75% hanya dalam waktu empat puluh lima menit saja. Hal tersebut dimungkinkan karena Find 7 dilengkapi dengan charger khusus yang mampu memberikan output 4.5 A, jauh dari kebanyakan charger standar lain yang umumnya hanya pada angka 1 – 1.5 A saja.

[adsense2]

Tapi perlu diketahui bahwa charger khusus tersebut hanya bisa memberikan output maksimal jika dihubungkan dengan Find 7 atau Find 7a saja. Ini karena kepala dari charger Find 7 memiliki 7 buah pin untuk menghantarkan daya, dua kali lebih banyak dari charger standard yang hanya punya 5 pin saja.

Kesimpulan

Oppo telah menghadirkan produk yang luar biasa lewat Find 7 dan gelar fitur terbaik untuk Find 7 tetap diberikan untuk VOOC rapid charging. Tidak hanya karena sangat berguna, tapi Oppo juga menerapkan standard baru tentang bagaimana seharusnya waktu yang dibutuhkan untuk mengisi daya dari sebuah smartphone. Sedangkan untuk kamera, hasilnya masih belum membuktikan resolusi yang dikatakan sangat besar tersebut. Jadi diharapkan Oppo memperbarui fitur ini agar lebih memuaskan konsumen.

Comments

comments