Happy day sobat semua, time to write the story in the life

       Dari sekian banyak realita, terdapat begitu banyak kisah dan pengalaman yang berasal dari kehidupan manusia. Kisah dan pengalaman yang dialami itulah pastinya yang membuat manusia selalu mengalami perubahan. Benar gak sih? Dan hal itu dikarenakan banyak sebab pastinya, salah satunya tau gak? Betul, penyebabnya adalah karena adanya kemajuan teknologi yang semakin lama semakin berkembang.

        Era teknologi? Siapa yang tidak mengetahui teknologi saat ini? Mau bukti, silahkan disurvei saja dengan mata telanjang, tanyakan pada anak-anak, apa ada yang tahu tentang teknologi handphone (HP) yang sedang booming saat ini. Yakin…, yakin sudah jika anak-anak itu bakalan mengatakan tahu tentang HP, dan mereka akan bilang kalau HP mereka ada 2 atau 3 bahkan lebih (gak tahu deh HP beneran apa mainan).

Memang betul kan, siapa yang memungkiri itu? Anak-anak kecil sudah tahu tentang teknologi, apalagi usia remaja, dewasa, dan orang tua. Handphone saat ini menjadi gaya hidup masyarakat disekitar kita. Hidup tanpa HP sekarang ini seolah tak ada artinya. Coba dipikir-pikir lagi, kalau tidak ada HP pasti terasa sepi, linglung, bahkan bingung, tidak bisa menghubungi teman, pacar bahkan siapapun bisa-bisa dibuat kesal seharian. Itulah realitanya, manusia saat ini sudah di-mindset bahwa HP adalah salah satu teknologi yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan kita sekarang.

       iphoneBelum usai tentang perkembangan handphone (HP) yang bisa membuat heboh, menyusul perkembangan teknologi yang benar-benar membuat masyarakat kita dibuat galau? Yakni perkembangan teknologi komunikasi dan informasi kita lewat komputer dan internet, bahasa kerennya komputerisasi. Komputer dan internet yang mampu mengubah manusia menjadi lebih aktif  dan kreatif dan juga lebih agresif serta ketergantungan.

Bagaimana tidak, teknologi yang satu ini mampu menghipnotis pikiran manusia seolah-olah manusia ini sebagai robot dan komputer adalah manusianya. Coba diingat-ingat lagi bagaimana kita bisa menemukan banyak hal secara cepat dan mudah selain dengan buku yang kita baca. Ada lagi dimana kita bisa bersosialisasi dengan orang lain tanpa bertatap muka sampai-sampai muncul istilah social media facebook, twitter, skype dll.

Apabila tidak punya teman bisa langsung kita mencari teman dengan cepat dalam dunia maya yaitu melalui internet. Siapa yang tidak tahu sama istilah-istilah itu? Semuanya pasti tahu, apalagi teknologi ini sudah menjamur dan menggerogoti pikiran manusia. Mindset kedua yang diciptakan perkembangan teknologi ini adalah internet yang juga membuat hal terpenting dalam kehidupan masyarakat.

        Dua teknologi itu saya ungkapkan bukan untuk membuat sobat semua seolah-olah mempunyai pikiran bahwa perkembangan teknologicaution itu baik, tapi juga kejam. Padahal itu realita dunia yang tak tabu lagi dapat secara terang-terangan membuka babak baru bagi kita semua untuk memperoleh perubahan yang sempurna. Disadari dengan sendirinya menghilang dan dengan inisiatif kuat individu yang luar biasa menginginkan untuk lebih jauh apa yang terjadi disekitarnya yang dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada.

Apakah kita harus mengikuti atau kita malah tertinggalkan? Rasa dilema inilah yang membuat kita harus dapat menyikapinya. Penting atau tidak dalam hal ini memanglah harus dilakukan, karena apa yang telah kita capai sekarang, diakui atau tidak, perlahan-lahan mulai benar-benar mengubah pola hidup dan pola pemikiran masyarakat dan dirasakan memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi kita semua.

Dan selama peradaban manusia masih ada perubahan itu akan terus menjadi hal penting dalam kehidupan. Tapi tunggu dulu, berbicara tentang hal ini tentu tidak akan ada habisnya, memang tidak dapat kita hindari dalam kehidupan, dan melalui cara baru, hidup lebih baik, lebih aman, cepat, praktis dll adalah kuncinya. Maka dalam hal inilah kita semua dihadapkan dalam persoalan yang memang kita harus sadari dimana kita semakin jauh melangkah disana semakin banyak masalah dan rintangan yang harus dilewati.

Walaupun pada awalnya diciptakan untuk menghasilkan manfaat positif, disisi lain juga memungkinkan digunakan untuk hal negatif, akibatnya segala informasi baik yang bernilai positif maupun negatif dapat dengan mudah diakses oleh masyarakat.

        Dan dampak positif-negatif inilah yang menimbulkan pro dan kontra dari sebagian besar masyarakat kita. Lalu, dampak apa saja yang timbul oleh perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap masyarakat kita? Simak 5 dampak positif dan 6 dampak negatif yang dihasilkan;

 1. Mampu menyelesaikan pekerjaan dengan mudah, cepat dan praktis

 2. Mampu berkomunikasi tanpa tatap muka melalui fasilitas email, chat, webcam dll

 3. Muncul berbagai jenis jejaring sosial

 4. Mudah mencari informasi tentang suatu hal (seperti mengikuti lomba di http://www.pricearea.com ini)

 5. Memberikan kemudahan transaksi bisnis dalam bidang apapun (belanja online yang marak saat ini)

       Selain dampak positif seperti yang saya sebutkan diatas, Kita lanjutkan untuk membuat perkembangan teknologi kontra dalam kehidupan masyarakat. Antara lain;

 1. Muncul banyak penipuan dan budaya plagiatisme atau copas (copy paste)

 2. Munculnya konten atau situs dewasa (pornografi) dengan gratis

 3. Munculnya manipulasi, pencurian dengan mengambil/ hack, crack, carding

 4. Meningkatkan budaya konsumsi berlebihan atau boros

 5. Mengurangi sifat sosial manusia yaitu pada pola perubahan interaksi

 6. Meluaskan jaringan perjudian, dll

Beberapa hal tersebut tentu bisa dikategorikan berbahaya, karena hal tersebut dianggap merugikan terhadap kehidupan dan perilaku masyarakat khususnya anak-anak dan remaja

“Ketika Anda merasa depresi, Anda hidup di masa lalu

 Ketika Anda merasa cemas, Anda hidup di masa depan.

 Tapi bila Anda merasakan kedamaian, berarti Anda hidup di masa kini.”

       Maka disitulah letak eksistensi kita sendiri sebagai individu harus lebih intensif mengawasi, mampu mengenal, mengerti, memilih, menggunakan, memelihara, menilai, saling mengontrol satu sama lain, dan yang terpenting adalah menanamkan nilai-nilai agama dan akhlak mulia. Dan yang terakhir ada istilah “berani kotor itu baik” meski agak mirip dengan ungkapan jargon iklan sabun televisi, adalah PAS mungkin jika dirasa Kita berani untuk melakukannya.

Kita akan mendapatkan sesuatu yang indah dan mampu untuk mengubahnya. Karena dari kata itulah saya dapat menyimpulkan 3 dasar yang terkandung dalam kata itu yaitu Skill (ketrampilan), Algorithma (logika berpikir) dan Hardware (perangkat keras)/Media.

Gambaran kata itulah yang dapat membuat saya berpikir sehingga kenapa tidak manusia sekarang dapat (mencoba) mengimprofisasi, memahami perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang ingin disampaikan pembuatnya sehingga kita semua tidak diperbudak perubahan. Setelah membaca artikel ini tentu saja Anda sekarang bisa memahami apa rahasia levelling war offline vs online, karena pada suatu saat nanti kemungkinan juga dalam masa depan era perubahan inilah yang menjadi bumerang.

 

Comments

comments