Dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, fungsi proyektor menjadi kian penting. Penggunaannya pun semakin sering, terutama untuk presentasi di bidang apapun. Dengan semakin dibutuhkannya proyektor, para produsen proyektor mulai membuat proyektor dengan beberapa inovasi yang lain dari pada yang lain. Yang sedang popular saat ini adalah proyektor jarak dekat, istilah kerennya short throw projector. Sesuai dengan namanya, proyektor ini dapat memproyeksikan gambar dari jarak dekat.

Seperti semua dasar dari inovasi teknologi, diciptakannya proyektor jarak dekat ini adalah untuk efisiensi, dalam hal ini efisiensi tempat. Dan salah satu proyektor jarak dekat terbaik saat ini adalah Infocus IN-124STA. Seri ini dapat memproyeksikan gambar dengan resolusi tinggi dan kualitas baik walaupun dari jarak teramat dekat. Teknologi jarak dekat ini belum banyak digunakan oleh produsen proyektor yang lainnya.

 Proyektor Jarak Dekat

Teknologi Proyektor Jarak Dekat

Teknologi utama dari proyektor ini yang membuatnya dapat menghasilkan proyeksi gambar kualitas tinggi walaupun dari jarak dekat adalah DLP. Teknologi ini memungkinkan untuk menghasilkan proyeksi yang jelas dan tajam. Di dalamnya ada sebuah chip dengan jutaan cermin yang sangat kecil. Setiap cermin itu mampu bergerak dengan super cepat sehingga mampu menghasilkan kualitas gambar yang sempurna.

Beberapa spesifikasi lain yang membuat proyektor jarak dekat ini semakin istimewa adalah tingkat brightness dan contrast yang tinggi. Seperti yang tertera di produknya, proyektor ini dibekali brightness dengan 3300 ANSI lumens yang dapat mengoptimalkan tampilan gambar. Rasio contrastnya pun cukup tinggi dengan angka 15.000:1. Perpaduan ini menghasilkan kualitas gambar yang istimewa.

Anda bisa menggunakan proyektor ini bahkan hanya dengan jarak 0,63 meter dari layar proyeksi. Itulah jarak terdekat yang bisa diraih oleh short throw projector ini dengan kualitas yang tetap prima. Selain jarak dekat, proyektor ini juga bisa digunakan untuk jarak pemakaian normal seperti biasanya. Dibekali dengan 3D glasses, proyektor ini sangat sempurna untuk menampilkan gambar 3 dimensi. Bahkan untuk dijadikan Home Theater, proyektor ini juga sangat cocok.

Lebih dari itu, proyektor jarak dekat ini mempunyai lampu yang bisa bertahan selama 3500 jam  dengan penggunaan wajar. Anda juga bisa menggunakan mode eco untuk memperpanjang daya tahan lampu menjadi 7000 jam. Konsekuensinya tingkat brightnessnya hanya mampu maksimal 3000 lumens.

Gambar yang dihasilkan oleh proyektor Infocus ini mempunyai resolusi native XGA dengan besaran 1024 x 768 piksel plus aspek rasio 4:3.  Sementara itu, fitur keystone correction membuat proyektor ini mampu bekerja dalam sudut kemiringan hingga 40 derajat. Jadi, jika anda tidak punya tempat luas untuk melakukan presentasi ataupun menampilkan gambar, anda bisa memiringkannya tanpa harus kehilangan kualitas dari proyektor seri IN-124STA ini.

Proyektor Jarak Dekat

Harga untuk satu unit proyektor berteknologi mutakhir ini cukup terjangkau, hanya sekitar 8 jutaan. Anda bisa mendapatkannya dengan harga termurah di dealharga.com. Di situs tersebut juga menyediakan aneka jenis proyektor dengan harga termurah diantara yang lainnya. Bahkan untuk ukuran proyektor jarak dekat, harga yang di tawarkan dealharga.com adalah yang termurah.

Tentu anda bisa melakukan banding harga dengan situs jualan online lainnya yang menjual proyektor jenis ini. Tambahan lagi, proyektor modern dengan dimensi sebesar 305 x 362 x 197 mm ini sangat cocok untuk kebutuhan anda yang sangat sibuk dan tidak mau repot membawa proyektor kemana-mana. Beratnya pun cukup ringan, hanya 3.7 kg saja.

Comments

comments