Naik kereta api … tut … tut … tut
Siapa hendak turut
Ke Bandung … Surabaya
Bolehlah naik dengan percuma
Ayo temanku lekas naik
Keretaku tak berhenti lama

Lagu yang 1 ini menjadi lagu yang sangat familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Selain lagu ya menyenangkan tetapi lirik dari lagu kereta api sangat lah mudah di ingat. Kamu salah satu penggemar kereta api ? sudah tahukah kamu bahwa tanggal 28 September 2017 ini menjadi Hari Kereta Api . Meski waktu tempuh lebih lama dari pesawat, namun perjalanan menggunakan kereta api nyatanya lebih diminati karena lebih murah dan dapat menikmati pemandangan selama perjalanan. Berikut ini sejarah singkat tentang Kereta Api Indonesia.

Sejarah perkeretaapian di Indonesia dimulai ketika pencangkulan pertama jalur kereta api Semarang-Vorstenlanden (Solo-Yogyakarta) di Desa Kemijen oleh Gubernur Jendral Hindia Belanda Mr. L.A.J Baron Sloet van de Beele tanggal 17 Juni 1864. Pembangunan dilaksanakan oleh perusahaan swasta Naamlooze Venootschap Nederlansch Indische Spoorweg Maatschappij (NV. NISM) menggunakan lebar sepur 1435 mm. Buat kamu yang ingin melakukan perjalanan dengan menggunakan kereta api namun masih bingung cara membelinya, sekarang kamu ga perlu lagi repot membeli tiket kereta api, beberapa online shopping terbesar dan terpercaya di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli memberikan kemudahan dan diskon setiap kali kamu memesan tiket kereta api secara online.

Selain di Jawa, pembangunan jalur kereta api dilaksanakan di Aceh (1876), Sumatera Utara (1889), Sumatera Barat (1891), Sumatera Selatan (1914), dan Sulawesi (1922). Sementara itu di Kalimantan, Bali, dan Lombok hanya dilakukan studi mengenai kemungkinan pemasangan jalan rel, belum sampai tahap pembangunan. Sampai akhir tahun 1928, panjang jalan kereta api dan trem di Indonesia mencapai 7.464 km dengan perincian rel milik pemerintah sepanjang 4.089 km dan swasta sepanjang 3.375 km. Kini, ada berbagai inovasi yang dikembangkan untuk membuat perjalanan kereta api lebih mudah, aman, dan nyaman. Berikut beberapa di antaranya :

Sistem check in seperti pesawat

PT KAI mulai memberlakukan sistem check in di beberapa daerah operasional, seperti Jakarta, Madiun, Bandung, Purwokerto, dan Yogyakarta. Pemberlakuan sistem check in dan boarding seperti pesawat ini dibuat untuk mengantisipasi tiket palsu dan meniadakan ketidaksesuaian tanggal keberangkatan tiket penumpang.

Pesan makanan di kereta jauh hari sebelum berangkat

Jika Anda tidak puas dengan makanan yang bisa dibeli langsung di atas kereta, kini Anda bisa memesan makanan yang diinginkan jauh hari sebelum naik kereta. Selain menyediakan layanan pesan makanan dan minuman di situs tiket.kereta-api.co.id, aplikasi KAI Access juga bisa digunakan untuk melakukan pemesanan.

Asiknya lagi, Anda bisa menentukan lokasi dan waktu penyajian makanan. Layanan pre-order meals melalui KAI Access dapat dilakukan minimal 2 (dua) hari sebelum keberangkatan. Harga pesanan bisa Anda ketahui saat melakukan pemesanan dan dapat dibayarkan melalui transfer ATM maksimal tiga jam setelah Anda mendapat notifikasi konfirmasi pembelian.

Pembatasan bagasi penumpang

Peraturan baru terkait barang bawaan (bagasi) penumpang kereta api ini sudah mulai sejak akhir 2015. Barang bawaan yang diperkenankan untuk dibawa ke dalam KA secara gratis dibatasi dengan maksimal berat 20 kg atau volume 100 dm³ (70x48x30 cm) per penumpang.

Kelebihan setiap kilogramnya akan dikenakan biaya berbeda, tergantung kelas, antara Rp2000 sampai Rp10.000. Untuk barang bawaan yang beratnya tidak lebih dari 20 kg , tapi tidak muat dalam alat ukur volume namun ukurannya tidak lebih besar dari 200 dm³ maka akan tetap dikenakan penambahan biaya.

Baca Juga >> Temukan Harga Tiket Pesawat dengan Harga Terbaik di flight.pricearea.com

Saat ini, PT Kereta Api Indonesia (Persero) memiliki tujuh anak perusahaan yakni PT Reska Multi Usaha (2003), PT Railink (2006), PT Kereta Api Indonesia Commuter Jabodetabek (2008), PT Kereta Api Pariwisata (2009), PT Kereta Api Logistik (2009), PT Kereta Api Properti Manajemen (2009), PT Pilar Sinergi BUMN Indonesia (2015). Kamu juga harus mengunjungi pricearea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia dan dapatkan promo menarik serta diskon setiap harinnya.

 

Summary
Promo Diskon Tiket Kereta Api #ayonaikkereta
Article Name
Promo Diskon Tiket Kereta Api #ayonaikkereta
Description
Dapatkan Harga Tiket Kereta Api Murah dari pricearea.com di promo tiket kerata, banyak Diskon banyak Promo dan banyak Gratisannya. Harga Terbaik · Bebas Pilih Kursi Sendiri · Metode Pembayaran Lengkap · Tidak Perlu Antri. Type: Kelas Ekonomi, Kelas Bisnis, Kelas Eksekutif, Kereta Tambahan.
Author

Comments

comments