Ponsel berkemampuan tinggi besutan Sony melalui seri Xperia terus melakukan inovasi demi menjaga eksistensinya di persaingan pasar smartphone dunia. Kali ini Sony tampil dengan salah satu ponsel premiumnya Sony Xperia Z3. Desain yang simple namun elegan seakan sudah mencerminkan bahwa Xperia Z3 ini adalah ponsel kelas atas. Tak hanya tampilan yang membuat ponsel ini tergolong ponsel berkemampuan tinggi, namun juga spesifikasi internal dan fitur-fitur di dalamnya.

Ponsel Berkemampuan Tinggi

Seperti kebanyakan handphone premium lainnya, Sony Xperia Z3 punya keunggulan di RAM yang besar, prosesor yang mumpuni, serta OS Android terkini. Selain fitur internal, tampakan terluarnya juga sangat stylish. Layarnya 5.2 inci dengan teknologi khusus dari Sony yang membuatnya terlihat semakin jelas dan tajam. Smartphone premium berarti harganya juga premium. Menurut harga pasaran hari ini, Xperia Z3 harganya masih sekitar 7,5 jutaan rupiah.

Sony Xperia Z3: Ponsel Berkemampuan Tinggi

Spesifikasi Sony Xperia Z3

Ponsel ini punya dimensi berukuran 146 x 72 x 7.3 mm yang membuatnya pas di genggaman. Dengan berat 152 gram, ponsel ini juga nyaman untuk dikantongi. Dengan layar 5.2 inci tipe IPS capacitive touchscreen, tampilan Xperia Z3 juga disempurnakan dengan Triluminos Display dan X-Reality Engine yang eksklusif dari Sony. Untuk kapasitas penyimpanan, Xperia Z3 ini cukup longgar dengan memori internal 32GB. Sementara itu ada juga tambahan slot untuk memori eksternal yang bisa dimaksimalkan sampai 128GB.

Ponsel Berkemampuan Tinggi

Untuk menjalankan OS Android 4.4.4 KitKat dan semua aplikasi di dalamnya, Sony Xperia Z3 dilengkapi dengan RAM 3GB. Prosesor pun tak kalah sangar. Ada chipset Qualcomm MSM8974AC Snapdragon 801 dengan prosesor Quad-core 2.5 GHz Krait 400 yang sangat tangguh untuk menjalankan aplikasi sebesar apapun. Untuk kepentingan grafis, Sony menggunakan GPU Adreno 330 yang terkenal sempurna dalam menampilkan resolusi grafis.

Keunggulan Sony Xperia Z3

Ponsel Berkemampuan Tinggi

Untuk urusan kamera, Sony adalah rajanya dan inilah salah satu keunggulan Xperia Z3 dari ponsel premium lainnya. Dengan kamera utama 20.7 MP membuat kualitas gambar yang dihasilkan melebihi kamera digital sekalipun. Benar saja, hasil jepretan bisa mencapai 5248 x 3936 piksel. Untuk menyempurnakan hasil foto, ada fitur autofocus dan LED flash yang bisa kamu maksimalkan.

Ponsel Berkemampuan Tinggi

Keunggulan lain dari ponsel berkemampuan tinggi ini adalah jaringannya yang luas. Xperia Z3 beroperasi di beberapa sinyal internet dari mulai GPRS hingga 4G LTE yang terbaru. Kamu bisa menggunakan internet dengan kecepatan tinggi dengan Sony Xperia Z3 ini. Untuk kecepatan downloadnya mencapai 42 Mbps dan kecepatan Uploadnya 5.8 Mbps.

Kelemahan Xperia Z3

Meskipun tergolong ponsel premium, orang masih menilai Sony Xperia memiliki beberapa kelemahan. Yang pertama adalah baterainya. Dengan kapasitas 3100 mAh non-removable, baterai yang digunakan Sony Xperia masih kurang mumpuni. Handphone dengan spesifikasi dan harga lebih rendah bahkan punya baterai lebih besar. Selain itu, non-removable baterai tidak terlalu diminati masyarakat Indonesia

Ponsel Berkemampuan Tinggi

Kedua adalah harganya yang dinilai terlalu tinggi. Ketika pertama kali diluncurkan pada September 2014, harga Sony Xperia ini mencapai 8,5 jutaan. Harga tersebut dinilai terlalu tinggi meskipun spesifikasi yang ditawarkan pun sangat baik. Hingga saat ini, harganya telah turun 1 jutaan menjadi sekitar 7,5 jutaan. Namun itu pun masih dianggap terlalu tinggi untuk harga handphone terbaru 2015, terutama oleh masyarakat kelas menengah ke bawah.

Baca Juga: Daftar Harga Handphone Android Sony Xperia 2015

Itulah harga, spesifikasi, kelebihan sekaligus kekurangan handphone Xperia Z3. Walaupun harganya terbilang mahal, namun dengan kemampuan seperti itu, harga bukan lagi masalah. Apalagi Sony dikenal dengan produk-produk berkualitas. Jika kamu lebih mengedepankan kemampuan dan kapasitas, Sony Xperia Z3 ini sempurna buat kamu.

Comments

comments