Peragaan-Membersihkan-Sepatu
Peragaan-Membersihkan-Sepatu

Busana (http://www.pricearea.com/harga/fashion/pakaian) menjadi daya tarik pertama ketika melihat seseorang, tapi ada satu lagi yang tak kalah penting. Hal itu adalah sepatu (http://www.pricearea.com/harga/fashion/sepatu-dan-sandal). Salah satu produk fashion ini secara tak langsung mencerminkan karakter Anda. Misalkan saja Anda penggemar sepatu sneakers, artinya Anda adalah tipe yang cuek dan suka tampil apa adanya. Lain halnya dengan orang yang lebih menyukai sepatu bermodel pantofel yang terkesan selalu rapi.

Pria berbeda dari wanita. Mereka cenderung kurang memperhatikan apa yang mereka punya, termasuk dalam urusan sepatu. Padahal alas kaki ini memerlukan perhatian ekstra dari si pemilik biar tetap awet. Perlakuannya pun tergantung pada bahan dan modelnya, karena bila terjadi kesalahan, bukan tidak mungkin bisa menyebabkan kerusakan.

Bahan wajib untuk pembuatan sepatu pria adalah suede dan kulit. Namun ada juga material tambahan seperti canvas dan nylon, yang kesemuanya mempunyai cara perawatan yang berbeda. Anda wajib tahu cara perawatan sepatu pria yang tepat.

SUEDE

Sepatu-Suede
Sepatu-Suede-Pria

Bahan suede sangat terlihat elegan dan sering dijadikan material pembuat sepatu. Bahan sejenis beludru ini biasanya menjadi favorit untuk sepatu-sepatu boots casual seperti desert boots atau wallabees. Suede juga memiliki kualitas material yang berbeda-beda, jadi sebelum membeli sepatu ini, ada baiknya Anda cek dulu jenisnya.

Membersihkan sepatu suede memang tidak bisa dibilang gampang, apalagi jika sudah terkena flek yang sulit untuk hilang seperti cipratan lumpur atau tetesan tinta. Begini cara membersihkannya:

Do’s:

  1. Gunakan handuk atau sikat khusus bahan suede untuk membersihkan. Sikat dengan perlahan agar permukaan bahan tidak rusak dan flek tidak menyebar lebih banyak.
  2. Saat membersihkan, pastikan Anda membersihkannya dengan satu arah agar flek tidak menyebar dan permukaan suede tidak berantakan.
  3. Gunakan cairan khusus pembersih suede untuk mempermudah Anda dalam membersihkan sepatu Anda.

Don’ts:

  1. Jangan pernah malas untuk membersihkan karena jika jarang dibersihkan bisa jadi sepatu Anda mengeras dan semakin sulit dibersihkan.
  2. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung, biarkan sepatu Anda yang basah kering perlahan. Bahan suede juga gampang lapuk jika teksturnya terlalu kaku karena panas yang berlebihan.

KULIT

Sepatu-Kulit-Pria
Sepatu-Kulit-Pria

Bahan kulit membuat para pria tampak lebih gagah dan berkelas saat mereka menggunakan sepatu berbahan kulit, maka tak heran bila bahan ini menjadi favorit mereka. Bahkan sneakers yang berbahan dasar kulit juga lebih terlihat mahal dibanding dengan bahan-bahan seperti kanvas. Harganya pun juga beragam, tergantung jenis kulit yang dipakai dan pastinya tergantung pada brand yang memproduksinya.

Hampir sama dengan suede, merawat sepatu berbahan kulit bisa dikatakan gampang-gampang susah. Yang jelas Anda harus mengenal jenis kulit yang dipakai.

Do’s:

  1. Biasakan untuk rutin membersihkan sepatu Anda dari debu karena debu yang lama menempel pada sepatu berbahan kulit akan semakin lengket dan akan susah dibersihkan.
  2. Gunakan semir sepatu yang sesuai dengan warna sepatu Anda untuk mencerahkan warna nya. Jangan biarkan warna kulit sepatu Anda terlihat kusam.

Don’ts:

  1. Hindari pemakaian berlebihan sepatu berbahan kulit Anda karena pemakaian yang ekstrim bisa membuat tampilannya menekuk dan akan sulit untuk dikembalikan seperti semula.
  2. Jangan gunakan sikat yang kasar karena akan menimbulkan bekas pada sepatu Anda. Carilah sikat sepatu yang halus dan bertekstur lembut.
  3. Hindari panas berlebih saat mengeringkan sepatu. Jika Anda ingin mengeringkannya dengan alat pengering maka lapisi sepatu Anda terlebih dahulu dengan koran bekas agar sepatu tidak terkena panas yang berlebih yang bisa menyebabkan bahan kulit pecah karena terlalu kering.

MATERIAL LAIN

Sepatu-Canvas-Pria
Sepatu-Canvas-Pria

Selain dua bahan tadi, ada beberapa bahan lain yang mesti Anda ketahui. Bahan nylon ataupun canvas banyak ditemukan pada beberapa jenis sepatu, terutama sneakers. Ada juga sneakers yang terbuat dari bahan denim dan juga hemp yang terbuat dari serat alami hasil budidaya tanaman sejenis ganja.

Untuk beberapa bahan di atas, cara merawatnya juga beragam. Walau tidak serumit bahan suede atau kulit, tapi tetap harus diperhatikan cara-cara perawatannya agar sepatu Anda tetap dalam kondisi prima.

Do’s:

  1. Gunakan sikat bersih dan dengan tingkat kehalusan yang sedang. Jangan terlalu kasar, tapi juga jangan terlalu halus. Hal tersebut bertujuan agar kotoran-kotoran cepat rontok dari bahan sepatu Anda.
  2. Gunakan lap atau kain halus untuk membersihkannya terlebih dahulu.
  3. Gunakan cairan khusus sejenis sabun untuk membersihkan kotoran-kotoran yang menempel pada sepatu.

Don’ts:

  1. Hindari pemakaian sabun cuci yang bersifat keras seperti detergen karena bisa merusak bahan dan melunturkan warna.
  2. Untuk sepatu berwarna putih, biasakan berhati-hati dalam melangkah. Sebab flek seperti tinta atau lumpur akan sulit hilang jika sudah terlanjur menyerap, terutama pada bahan nylon.

Mengingat fungsinya yang bekerja keras melindungi kaki dari berbagai aktivitas, maka Anda harus sering merawatnya. Tak mudah memang untuk merawatnya, tapi demi menjaga keawetannya Anda wajib melakukannya. Saran tambahan, gunakan sepatu berbeda secara bergiliran untuk kegiatan Anda sehari-hari, serta gunakan sesuai kepentingan dan fungsinya. Semoga cara perawatan sepatu pria tadi dapat membantu sepatu selalu dalam prima.

Comments

comments