Perlengkapan Sekolah Anak dan Cara Memilih Sekolah yang Aman | PriceArea.com
Home > Produk Review > Bayi dan Anak > Perlengkapan Sekolah Anak dan Cara Memilih Sekolah yang Aman

Perlengkapan Sekolah Anak dan Cara Memilih Sekolah yang Aman

Memiliki anak tak dapat dipungkiri pasti akan membutuhkan biaya yang sangat banyak. Di antara semua kebutuhannya, pendidikanlah yang memakan biaya paling tinggi. Apalagi di jaman ini, sekolahnya dari Taman Kanak-kanak hingga perguruan tinggi bisa mencapai ratusan juta rupiah. Namun itu semua sudah menjadi tugas Anda sebagai orangtua untuk memberikan fasilitas yang terbaik untuk buah hati baik untuk perlengkapan sekolah anak dan cara memilih sekolah yang aman.

Perlengkapan Sekolah Anak dan Cara Memilih Sekolah yang Aman

Ilustrasi-Anak-yang-Sedang-Belajar-di-Sekolah

Biaya sekolah dengan iuran bulanan yang mahal belum menjamin si anak akan tumbuh menjadi anak yang berperilaku baik dan menjadi yang seperti Anda inginkan. Solusi dari permasalah ini adalah memilih sekolah yang tepat yang TIDAK harus mahal. Untuk memilih pun ada tips-tipsnya yang tertera di bawah ini:

1.     Reputasi Baik

Lingkungan sekolah akan sangat berpengaruh terhadap perilaku sang anak. Untuk itu Anda perlu mencari referensi tentang beberapa sekolah sekaligus. Bila banyak saudara yang mengatakan hal-hal positif tentang sekolah tersebut itu atau banyaknya lulusan yang meneruskan ke jenjang selanjutnya di sekolah ternama, berarti Anda layak mendaftarkan anak Anda di sana. Setelah itu, Anda bisa membandingkan dengan sekolah lainnya.

 2.     Kurikulum

Sekolah di Indonesia menerapkan berbagai jenis kurikulum, mulai dari standar nasional hingga internasional.  Bahkan ada juga sekolah yang memiliki kurikulum sendiri, seperti sekolah alam. Perbedaan kurikulum ini biasanya akan mempengaruhi biaya sekolah. Namun, biaya sekolah yang mahal belum tentu membuat anak merasa nyaman, maka pilihlah sekolah dengan kurikulum yang sesuai dengan minatnya.

3.     Fasilitas

Pilihlah sekolah dengan fasilitas yang sesuai kebutuhannya, bukan hanya sekedar adanya mesin pendingin dalam ruang kelas atau lapangan yang luas saja. Misalnya, anak Anda sangat suka musik, pilihlah sekolah yang memiliki ruang musik dengan peralatan musik yang lengkap. Dengan begitu, anak Anda jadi semakin semangat untuk pergi ke sekolah.

4.     Lokasi Sekolah

Ternyata lokasi juga berpengaruh dalam memilih sekolah.  Jangan memilih yang terlalu jauh, karena nanti anak sudah lelah di jalan, apalagi ditambah jalanan yang macet. Pilihlah sekolah yang dekat dengan jangkauan Anda. Selain dekat dengan rumah, Anda juga bisa mengantar jemput dengan mudah dan jika ia harus pulang sendiri, ia juga mudah menghafal jalan pulang.

5.     Kunjungan ke Sekolah

Setelah Anda membuat daftar sekolah mana yang menjadi pilihan, saatnya untuk berkunjung. Jangan lupa ajak anak Anda untuk ikut serta. Di sana Anda dapat bertanya langsung pada para guru dan kepala sekolah mengenai kurikulum serta program yang mereka sediakan. Cek juga bagaimana ruang kelas dan fasilitasnya, apakah si anak suka dan nyaman berada di sana.

Bila sekolah terbaik sudah Anda tetapkan, jangan lupa juga untuk melengkapinya dengan peralatan sekolah. Tas, alat tulis, sepatu, seragam, dan buku pelajaran adalah peralatan wajib untuknya selama menempuh pendidikan. Ajak selalu si anak untuk memilih perlengkapan yang disukainya agar ia senang untuk membawanya ke sekolah.

Perlengkapan Sekolah Anak

Hal yang tak kalah penting untuk menunjang pendidikan si kecil adalah apa yang diperlukan, dengan perlengkapan yang memadai dan boleh dibilang lengkap, maka si buah hati akan mampu menyetarakan apa yang diajarkan. Misalnya saja buku tulis lengkap dengan beberapa kelengkapan lain, seperti tas sekolah, hingga pendukung lain semacam pensil, penghapus dan sebagainya guna menunjang masa pendidikan.

Perlengkapan Sekolah Anak dan Cara Memilih Sekolah yang Aman

Ilustrasi-Perlengkapan-Sekolah-Anak

Memberikan pendidikan yang baik adalah kewajiban setiap orang tua. Sekolah nantinya akan menjadi rumah kedua baginya, tempat di mana ia akan bertemu banyak teman dengan berbagai macam sifat dan mempelajari banyak hal dari sang guru. Selama jangka waktu beberapa tahun di sekolah inilah sifatnya akan terbentuk. Namun, orangtua tetap berperan mengajarkan yang baik dan buruk serta menjamin terpenuhinya kebutuhan anak, agar ia merasa nyaman dan aman ketika belajar. Para orangtua juga harus rajin untuk membaca tips tentang mendidik anak yang banyak terdapat di link http://artikel.pricearea.com/category/produk-review/bayi-dan-anak/.

Comments

comments

Read previous post:
Tips Melatih Anak Buang Air di Toilet
Tips Melatih Anak Buang Air di Toilet

Mulai kenalkan dan biasakan anak untuk pipis dan buang air besar (BAB) di pispot atau potty chair. Ajak ia memilih...

Close