Kamu suka mendaki gunung? Kalau iya pasti kamu sudah tahu bangat mana yang mesti kamu bawa dan mana yang sebaiknya kamu tinggalkan. Yups, perlengkapan mendaki gunung mungkin cukup banyak, namun tidak mungkin kamu bawa semua bukan? Jika kamu lebih bijak dalam memilih barang – barang yang akan dibawa tentu akan lebih membantu perjalananmu nanti. Yah, aktivitas hiking atau mendaki puncak gunung memang tidaklah mudah, selain harus bisa berbaur dengan teman-teman yang lain, kita juga harus bisa beradaptasi dengan alam sekitar.

Tak heran jika saat mendaki kita bisa muda terserang penyakit, baik demam, pusing, sakit perut dan sebagainya. Maka dari itu, mempersiapkan segala kebutuhan untuk mendaki juga harus teliti agar barang-barang yang akan kamu bawa benar-benar bermanfaat nantinya.

Nah, untuk mengingatkan kembali mungkin beberapa perlengkapan mendaki ini juga tidak boleh kamu lupakan selain membawa tenda, perlengkapan masak dan perlengkapan baju. Kamu juga wajib membawa barang-barang berikut ini.

Senter atau perlengkapan penerangan

Barang pertama yang tidak boleh kamu lupakan adalah senter. Perlengkapan penerangan ini tersedia beragam model, mulai dari senter tangan hingga senter kepala. Mungkin kamu bisa membawa keduanya, tapi akan lebih praktis lagi jika kamu bawa jenis senter kepala, sehingga kedua tanganmu tak perlu menggenggamnya. Jangan lupa gunakan senter anti air yang terbuat dari material kuat, sehingga tidak mudah mati dan rusak saat basah maupun terkena benturan.

Jas hujan atau jaket anti air

Mungkin kamu bisa membawa salah satunya, namun akan lebih efektif kalau kamu membawa jas hujan lengkap beserta celananya. Sekalipun tidak sedang musim hujan, sebaiknya masukan jas hujan ke dalam tas mu. Mungkin kamu bisa memakainya saat diluar tenda atau sedang tidak ada tempat berteduh sehingga badanmu tidak benar-benar basah dan kamu bisa terhindar dari rasa dingin.

Powerbank atau emergency listrik

Perlengkapan mendaki yang satu ini jangan sampai kamu lupakan. Yups, powerbank tidak hanya untuk mengisi daya baterai handphone tapi juga berguna untuk membantu mengalirkan listrik untuk memasak air menggunakan panci usb, atau bisa juga untuk mengisi baterai senter kamu. Nah, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu bawa powerbank dua atau tiga buah, jangan lupa salah satunya powerbank solar atau jenis powerbank bertenaga matahari. Powerbank ini cukup populer dikalangan para pendaki.

Alas tidur atau matras

Kalau sudah membawa tenda jangan lupa bawa matras atau alas tidurnya yah. Kamu bisa memilih matras dengan bahan spon atau karet yang tidak mudah robek dan ringan saat dibawa. Matras ini juga mudah dibersihkan dan cukup menghangatkan tubuh.

Pisau serbaguna

Barang-barang hiking lainnya adalah pisau serbaguna. Dari pada kamu harus membawa gunting, pisau, obeng dan alat tajam lainnya untuk memotong, mending kamu bawa pisau serbaguna. Selain tidak memakan tempat, pisau multifungsi juga mudah disimpan dimana saja dan bisa kamu gunakan kapan saja.

Kotak kesehatan atau P3K

Selain membawa perlengkapan di atas, jangan lupa pikirkan juga kesehatanmu saat mendaki gunung karena tak menutup kemungkinan cuaca di atas gunung jauh lebih ekstrim dan medan banyak medan berbahaya yang bis saja menimbulkan kecelakaan. Bawalah kotak p3k atau kotak kesehatan, bukan berarti sama kotaknya yah. Yang dimaksud kotak kesehatan adalah perlengkapan obat-obatan seperti obat luka, perbal, cairan pembersih, obat masuk angin, sakit kepala dan sebagainya. Bawalah obat-obatan yang menurut kamu perlu.

Perlengkapan makan

Hidup di dalam hutan tidaklah mudah terutama dalam urusan makanan. Untuk itu, selain membawa peralatan masak, kamu juga jangan sampai ketinggalan membawa peralatan makanmu seperti kotak makan, sendok, botol minum, gelas atau cangkir kecil dan sebagainya.

Baca Lainnya: 5 Barang yang Sebaiknya Ada Di Mobil Kamu. Suatu Saat Pasti Dibutuhkan

Demikian beberapa perlengkapan mendaki yang tidak boleh kamu lupakan. Sebaiknya persiapkan terlebih dahulu agar tidak ketinggalan. Nah, jika ada yang belum kamu miliki kamu bisa membelinya di Bhinneka.com selain lengkap dan murah kamu juga bisa mendapatkan harga promo. Semoga artikel ini bermanfaat, selamat mendaki jangan lupa berdoa.

Summary
Description
Daftar perlengkapan mendaki gunung atau hiking yang harus kamu bawa. Selain peralatan memasak, baju, tas hiking sleeping bed ternyata ada beberapa barang yang juga perlu di masukan ke dalam tas ransel mu.

Comments

comments