Perkembangan Teknologi Menurut Seorang Pelajar dan Blogger – Gak kerasa, teknologi di zaman sekarang kemajuannya pesat banget. Kalau dibandingkan dengan teknologi di zaman waktu gue masih SD, beda jauh. Dulu, waktu gue SD, gue cuman bisa main game macam Solitaire, Pinball, sama Minesweeper. Sekarang, game-game udah keren-keren, bisa main di handphone pula. Dulu, game di handphone cuman ada Snake.

Ilustrasi Perkembangan Teknologi

Zaman sekarang, komputer sudah berkembang menjadi laptop, internet juga berkembang menjadi WiFi dan mudah di akses dimana-mana. Gue gak heran kalau nanti bakal ada orang lagi internetan di gorong-gorong karena di situ ada WiFi.

Teknologi zaman sekarang ini membantu gue banget sebagai pelajar sekaligus blogger. Maka dari itu, gue akan mencoba membahas perkembangan teknologi dari sisi gue sebagai pelajar dan sebagai blogger.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DARI SISI SEORANG PELAJAR

Ilustrasi Pelajar

Pertama kali gue mempunyai komputer di rumah saat gue kelas 3 SD, Ayah gue yang membelikan komputer itu. Gue menggunakan komputer itu hanya untuk sekedar main game atau mengetik tugas, itu juga kalau ingat.

Saat gue kelas 6 SD, Ayah gue menjual komputer tersebut dan menggantinya dengan laptop. Ayah gue juga mulai memasang koneksi internet di rumah gue, sehingga gue bisa mencari materi tugas dengan mudah. Tetapi, koneksi internet itu malah gue gunakan untuk membuat akun social media yang lagi terkenal saat itu, yaitu Friendster (iya, gue punya Friendster).

Seiring berjalannya waktu, gue beralih dari Friendster ke Facebook, dan kemudian ke Twitter sampai sekarang.

Sebagai seorang pelajar, gue memanfaatkan perkembangan teknologi ini untuk banyak hal. Seperti mencari teman baru di social media, mencari materi untuk tugas sekolah, mengetahui berita terbaru yang baru saja terjadi, mengetahui hal-hal yang unik bahkan yang gue tidak ketahui sekalipun.

Tetapi, perkembangan teknologi ini juga pernah membuat gue menjadi anak rumahan alias gak pernah bergaul dengan teman-teman di lingkungan rumah gue. Gue pernah menjadi anak rumahan saat gue kelas 1 SMP. Gue gak keluar rumah selama 4 bulan dan gue menjadi kuper (kurang pergaulan). Semenjak kejadian itu, gue mulai mengimbangi kegiatan gue dengan teknologi di rumah dengan kegiatan gue di lingkungan rumah.

Dari peristiwa itu gue bisa belajar, bahwa mungkin teknologi makin lama, makin canggih. Tetapi, jangan karena teknologi itu, kita jadi lupa dengan teman-teman di lingkungan rumah, kalau bisa, diimbangi kegiatan di rumah dengan di lingkungan.

Atau, kalau mau lebih keren lagi, lo kasih info saja ke lingkungan rumah lo mengenai teknologi terbaru, misalnya, info tentang laptop canggih keluaran terbaru, info tentang motor atau mobil terbaru, dan lain sebagainya. Karena berbagi itu gak bakal bikin kita rugi.

PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DARI SISI SEORANG BLOGGER

blogger-outreach-large
Ilustrasi Blogger

Kalau seorang blogger itu biasanya identik dengan menulis. Gue sendiri sejak SD memang suka menulis keseharian gue yang menggenaskan di buku diary. Biarpun gue cowok macho, gue juga punya diary.

Seiring berjalannya waktu, gue mulai kenal sama yang namanya blogspot. Gue pertama kali tahu blogspot itu sejak kelas 6 SD, saat itu gue membuat sebuah blog komunitas bersama teman-teman SD gue. Setelah blog tersebut telah berjalan selama sekitar 4 bulan, akhirnya blog tersebut berakhir dengan tragis (baca: lupa password).

Gue mulai aktif ngeblog lagi saat kelas 1 SMA (setahun yang lalu). Gue terus menulis di blog sampai sekarang. Blog gue ada yang berisi tentang pengalaman gue, hal-hal bodoh yang gue amati, sampai puisi asal-asalan.

Dari blog juga, gue mulai coba-coba ikutan kontes. Ada yang menang, ada yang kalah, ada yang cuman sampai tahap finalis saja. Biarpun begitu, gue belajar dari situ, belajar untuk memperbaiki tulisan gue menjadi bagus dan semua orang senang membaca tulisan gue.

Kenapa gue memutuskan menjadi blogger? Simple. Gue cuman ingin berbagi. Berbagi pengalaman dengan sesama blogger lainnya, bertukar pikiran, saling sharing, mendapat teman sesama blogger, dapat jodoh, dan masih banyak lagi.

Dari pengamat gue mengenai perkembangan teknologi dari dua sisi, yaitu sisi sebagai pelajar dan blogger, banyak banget yang bisa gue ambil hal-hal positifnya.

Dari sisi seorang pelajar, gue bisa belajar dengan mudah lewat internet, dimana di internet banyak sekali materi-materi pembelajaran membantu banget buat gue –sebagai pelajar–. Dari internet, nilai gue di sekolah sedikit demi sedikit menjadi baik, walaupun ada yang menurun sedikit.

Dari sisi seorang blogger, gue bisa latihan menulis, mempertunjukkan tulisan gue lewat blog, dan banyak orang yang melihat tulisan gue serta menilainya. Selain itu, gue bisa beradu kualitas tulisan di blog lewat kontes blog. Lewat kontes blog ini, gue bisa berkarya melalui tulisan yang gue tulis.

Selain berdampak positif, perkembangan teknologi juga ada dampak negatifnya. Contoh kecilnya, suka malas bergerak, memanfaatkan internet untuk membuka website yang berbau pornografi, menggunakan social media untuk mem-bully teman. Padahal, social media itu diciptakan untuk mencari teman, bukan untuk mem­-bully. Pokoknya, hal negatif di perkembangan teknologi ini jangan di lakukan, ya.

Sebenarnya, perkembangan teknologi ini bakal terus berkembang jika penggunanya itu pintar menggunakannya. Smart gadget is for smart users. Selain pintar, kita juga harus bijaksana menggunakannya, jangan sampai menjadi kuper (kurang pergaulan) atau melakukan hal-hal negatif dengan teknologi.

Maka dari itu, manfaatkan perkembangan teknologi dengan baik dan jangan manfaatkan perkembangan teknologi untuk hal-hal buruk! Demikianlah ulasan tentang perkembangan teknologi menurut seorang pelajar dan blogger. Semoga bermanfaat.

Rayi Muhammad,

  Pelajar – Blogger

Rayi Muhammad

Latest posts by Rayi Muhammad (see all)

Comments

comments