Handphone merupakan sebuah alat komunikasi yang sangat penting untuk kita saat ini. Apalagi dengan perkembangan teknologi informasi yang begitu pesat saat ini. Namun, apakah HP juga dibutuhkan oleh anak kita? Bagi kita yang memiliki anak, terutama yang masih kecil, tentu kita sebagai orang tua tidak memperbolehkan mereka untuk memiliki HP. Mungkin mereka sudah bisa mengoperasikannya saat meminjam HP anda, tapi bukan berarti mereka sudah siap untuk memiliki handphone sendiri.

Kita semua tahu, kemajuan teknologi, termasuk telepon seluler, bisa berdampak positif dan tidak jarang pula berdampak negatif. Memberikan handphone kepada anak harus memperhatikan beberapa hal penting supaya anak anda tidak terjebak dalam dampak buruk teknologi. Simak beberapa pertimbangan yang harus dipikirkan dengan matang sebelum memberikan handphone ke anak anda.

Memberikan Handphone Ke Anak Tidak Boleh Sembarangan

1. Usia Anak

memberikan handphone ke anak

Berapakah Usia anak anda sekarang ini? Menurut ahli psikologi anak, Idealnya, seorang anak diberi hp saat ia berusia 12 – 13 tahun. Pada usia tersebut secara akademis anak sudah memasuki masa sekolah menengah pertama (SMP). Saat itulah mereka boleh diberi hp. Meskipun begitu, anda juga harus tetap melakukan pengawasan yang ketat agar ponsel tidak digunakan untuk kepentingan yang tidak semestinya.

2. Kebutuhan Anak

Apakah anak anda benar-benar membutuhkan? Jika tidak, alangkah baiknya untuk menunda membelikan mereka HP walaupun mungkin mereka sudah menginjak 12 atau 13 tahun. Anda juga harus bisa membedakan butuh dan ingin, kebutuhan dan keinginan. Seorang anak membutuhkan HP mungkin kalau dia bersekolah di sekolah yang jauh jaraknya dari rumah. Sehingga sewaktu-waktu anak anda minta dijemput bisa menghubungi anda lewat HP. Tapi jika sekiranya sekolah mereka masih bisa dijangkau dengan jalan kaki, jangan dulu berikan mereka handphone.

3. Jenis Handphone yang Diberikan

memberikan handphone ke anak

Sebelum memberikan handphone untuk anak, perlu anda pertimbangkan jenis handphone-nya. Saat ini sudah banyak sekali jenis dan macam handphone. Jangan memberikan smartphone kepada anak jika sekiranya mereka belum membutuhkan. Siswa SD dan SMP sebenarnya belum layak untuk menggunakan smartphone. Maka jika anda ingin memberi mereka handphone agar bisa berkomunikasi, berikanlah feature phone, artinya HP yang hanya bisa digunakan untuk telepon dan SMS saja.

4. Berikan Peraturan Ketat

Pastikan anda sudah punya peraturan yang sudah dipersiapkan agar bisa mengontrol anak anda dalam menggunakan handphone. Jika sudah memiliki kesenangan baru, anak-anak jarang sekali mau melakukan hal lain. Jika belum bosan dengan mainan barunya itu, mereka tidak akan mau dikasih tahu. Jadi, sebelum membelikan HP, buatlah perjanjian dengan anak terlebih dahulu agar bisa membagi waktu belajar, mengerjakan pekerjaan rumah, dan bermain. Jika aturan itu sudah disetujui baru bisa anda membelikan HP untuk mereka. Jangan lupa pula melakukan sanksi tegas bila mereka melanggar

5. Pastikan Anak Bisa Bertanggungjawab

memberikan handphone ke anak

Melatih tanggung jawab harus dimulai sejak masih kecil. Anda harus memberikan pemahaman kepada mereka bahwa anda member mereka HP berarti juga memberi mereka tanggung jawab yang baru. Mereka harus bisa bertanggung jawab atas apa saja yang terjadi pada ponsel mereka. Ini dapat menghindarkan sifat teledor anak-anak yang biasanya menaruh barang sesuka hati. Selain itu, mereka juga akan menggunakan handphone dengan hati-hati dan tidak seenaknya sendiri.

Baca Juga: Inilah Handphone Android yang Dipakai Presiden Jokowi

Itulah beberapa hal yang harus diperhatikan saat anda akan memberikan handphone untuk anak anda. Walaupun handphone itu penting, namun jika belum saatnya tetap saja tidak boleh diberikan. Apalagi ponsel juga bisa berdampak negatif untuk mereka, seperi malas belajar dan hal yang paling berbahaya adalah berselancar internet secara bebas tanpa pengawasan.

Comments

comments