Peran teknologi dalam meningkatkan produktifitas perusahaan – Saat ini, teknologi telah menjadi kebutuhan sehari-hari dalam kehidupan kita. Tanpa teknologi kehidupan manusia bisa terganggu. Mengapa demikian? Coba Anda bayangkan sehari saja tanpa menggunakan handphone, menonton televisi, dan mengendarai kendaraan motor roda dua.

Tentu setiap yang akan Anda kerjakan menjadi terganggu dan memperlambat setiap aktivitas. Teknologi telah menjadi semacam pakaian bagi kita, yang menjadi pelengkap dan tidak terlepas dari setiap kegiatan.

Selain itu, teknologi juga telah menjadi acuan dalam kemajuan suatu keberadaban,sebab segala aspek kehidupan selalu beiringan dengan teknologi. Baik dalam dunia pendidikan, peridustrian, kesehatan, financial, maupun bidang lainnya. Sehingga apa yang dikerjakan menjadi lebih mudah, efektif dan efesien.

Semakin pesatnya perkembangan teknologi,maka apa yang dikerjakan manusia akan semakin praktis dan mudah. Dengan demikian, maka akan semakin tinggi suatu produktivitas seseorang karena akan semakin banyak aktivitas yang bisa dikerjakan. Hal ini sangat tampak jelas pada sebuah perusahaan industry.

Jika perusahaan tersebut menghasilkan produk berupa roti, maka perusahaan tersebut pasti menggunakan teknologi/mesin yang digunakan untuk pengadonan,pemanggangan, dan pengemasan. Bisa saja perusahaan tersebut menggunakan tenaga pekerja untuk mengerjakan tugas tersebut. Namun, tidak mungkin bisa efektif dan efesien, karena akan menghabiskan waktu yang cukup lama dan biaya yang besar untuk memberi gaji kepada karyawan.

Tidak dapat disangkal bahwa salah satu penyebab utama terjadinya era globalisasi yang datangnya lebih cepat dari dugaan semua pihak adalah karena perkembangan pesat teknologi informasi. Implementasi internet, electronic commerce, electronic data interchange, virtual office, telemedicine, intranet, dan lain sebagainya telah menerobos batas-batas fisik antar negara. Penggabungan antara teknologi komputer dengan telekomunikasi telah menghasilkan suatu revolusi di bidang sistem informasi yang mana peran teknologi dalam meningkatkan produktifitas perusahaan.

Ilustrasi Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Produktifitas Perusahaan
Ilustrasi Peran Teknologi Dalam Meningkatkan Produktifitas Perusahaan

 

Keunggulan kompetitif perusahaan dapat dibangun di atas salah satu dari tiga disiplin nilai;

Pertama, operasional prima (operational excellence). Perusahaan yang menggunakan strategi ini berupaya mencapai biaya paling efisien pada setiap proses bisnis yang menghasilkan kualitas jasa dan barang sesuai harapan pelanggan.

Kedua, keakraban dengan pelanggan (customer intimacy). Perusahaan yang menggunakan strategi ini mempertahankan bisnis dengan menunjukkan pemahaman luar biasa pada kebutuhan dan harapan pelanggan melebihi rata-rata kompetitor.

Ketiga, produk atau layanan yang senantiasa inovatif dan terdepan (product leadership). Perusahaan yang menggunakan strategi ini membangun keunggulan kompetitif dengan terus-menerus menciptakan produk atau layanan yang paling canggih, paling baik, paling inovatif.

Manajemen puncak, manajer madya dan karyawan perlu memahami implikasi setiap strategi. Perbedaan tema strategi membutuhkan seperangkat indikator keberhasilan (key performance indicator – KPI) yang berbeda pula. Menjalankan bisnis seperrti biasa, akan mendapatkan hasil yang biasa-biasa. Menjalankan bisnis dengan luar biasa, dengan disiplin eksekusi strategi, akan memberikan hasil yang lebih baik. Pada perusahaan dengan orientasi operasional prima (operational excellence), pekerjaan rumah manajemen ialah memastikan seluruh karyawan untuk selalu berpikir mengenai efektifitas biaya

Pengambilan keputusan dalam sebuah perusahaan jika itu merupakan skala besar dan akan mempengaruhi banyak bidang di dalam perusahaan maka harus ada dasar atau bukti- bukti data yang mendukungnya. Tidak bisa sebuah keputusan perusahaan hanya didasarkan pada asumsi atau opini semata.

Karena tidak bisa dipungkiri keputusan yang kita ambil hari ini akan memberi dampak pada kinerja dan aktifitas perusahan dimasa mendatang. Salah satu bukti atau data perusahaan yang bisa digunakan sebagai bahan pendukung pengambil keputusan dan mempunyai peran signifikan adalah data-data yang diambil dari sistem informasi teknologi yang anda punya.

Inilah sebabnya sejak awal harus sudah diperhitungkan secara matang jenis sistem informasi teknologi apa yang digunakan dalam perusahaan.

Berikut beberapa perusahaan yang menggunakan teknologi canggih dan merajai dunia bisnis :

Apple

Untuk keenam kalinya berturut-turut, Apple menempati posisi pertama. Tidak hanya di antara perusahaan teknologi, namun menjadi pemuncak daftar di antara semua perusahaan yang masuk hitungan Fortune. Fortune menggarisbawahi bahwa Apple memang tengah menghadapi tantangan lumayan besar seiring harga sahamnya yang terus menurun dan kegagalan Apple Maps. Namun pada kuartal lalu, mereka masih perusahaan paling menguntungkan di dunia dengan profit USD 13 miliar. Mereka masih kukuh bermain di segmen premium. Di mana gadget seperti iPhone atau  iPad masih dipandang sebagai prestise tersendiri bagi para penggemarnya.

Google

Google memang dikagumi dengan berbagai inovasi yang dihasilkannya. Produk-produk selain mesin cari dari Google menuai sukses seperti Android yang menjadi sistem operasi smartphone terpopuler di dunia saat ini. Kemudian situs berbagai video YouTube terus meraih trafik tinggi. Google meraih pendapatan miliaran dolar dari periklanan. Dan mereka secara konsisten masuk daftar teratas perusahaan yang paling diidamkan oleh para pencari kerja.

Microsoft

Microsoft memang masih sukar ditandingi di segmen komputer PC. Di mana software Windows besutan mereka masih menjadi favorit bagi mayoritas user, di mana baru-baru ini mereka meluncurkan Windows 8. Pendapatan vendor yang didirikan Bill Gates ini hampir selalu stabil. Selain Windows, software besutan mereka seperti Office juga masih luas digunakan. Dan meski masih keteteran di industri smartphone, Microsoft masih memiliki berbagai lini produk sukses. Seperti konsol game Xbox yang akhirnya menjadi produk terlaris saat ini di segmennya.

Samsung

Nama Samsung memang tengah sangat menanjak belakangan ini. Mereka telah berstatus sebagai produsen ponsel dan smartphone terbesar di dunia. Produk seperti Galaxy S III dan Galaxy Note II mendapat sambutan hangat di pasaran, terjual sampai puluhan juta unit. Samsung juga merupakan produsen televisi terbesar di dunia. Dominasi Samsung di industri Samsung diprediksi masih akan berlanjut meski persaingan semakin panas. Dengan kedatangan Galaxy S IV pada pertengahan Maret ini.

Intel

Intel masih sangat dominan di industri prosesor. Prosesor buatan mereka digunakan di mayoritas PC yang terjual di pasaran. Memang Intel tengah kelabakan di kala konsumen mulai meminati perangkat mobile. Di mana pada sektor ini, dominasi perusahaan ARM dari Inggris sangat terasa. Arsitektur chip buatan ARM digunakan di mayoritas perangkat mobile. Namun Intel mulai serius menggoyang dominasi ARM. Di mana mereka sudah merilis beberapa smartphone berbasis Intel Atom bekerja sama dengan para vendor besar.

Demikianlah peran teknologi dalam meningkatkan produktifitas perusahaan, semoga bermanfaat.

Comments

comments