Pengaruh produk teknologi dalam kehidupan kita – Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa di era globalisasi ini kita tidak bisa terlepas dari yang namanya teknologi, bayangkan saja, kini semua makhluk hidup di muka bumi ini yakni manusia telah menikmati produk teknologi. Tak hanya itu, bahkan hewan peliharaan juga telah menikmatinya lewat perangkat perawatan kulit dan bulu yang disediakan petshop atau dokter hewan saat ini. Maka, tak ayal penciptaan produk canggih mampu membawa kehidupan kita menjadi lebih beragam.

Ilustrasi Mesin Pencari sebagai Pengaruh Produk Teknologi Dalam Kehidupan Kita
Ilustrasi Mesin Pencari sebagai Pengaruh Produk Teknologi Dalam Kehidupan Kita

Tapi yang pasti, semua diciptakan memang sebagai peningkatan taraf hidup dan memang kecenderungan manusia selalu berubah, berkembang serta berkreasi hal yang baru, termasuk untuk segala sisi kehidupan. Jika kita saat ini kita kembali ke jaman batu, maka saat ini yang lain sedang chatting lewat Facebook dan Yahoo! Mesengger, sementara kita masih menulis di dinding-dinding gua, atau mungkin yang lain sudah menggunakan handphone untuk berhubungan, namun kita masih menggunakan kaleng yang diikatkan tali (eh, tapi ini seru juga ya).

Tapi itu hanya sebatas ilustrasi bahwa betapa sebuah teknologi disatu sisi memang merupakan sebuah pertanda yang dimiliki oleh ras manusia yang pada dasarnya memiliki intelejensia untuk melakukan kreatifitas, baik penciptaan teknologi, penciptaan sebuah suasana hingga penciptaan pertikaian atau perang.

Namun jika kita ambil sisi lain dari itu semua maka akan lebih baik jika penciptaan tersebut digunakan dan dimaksudkan untuk menjadikan makhluk lainnya khususnya manusia dapat menikmati hidup dengan lebih baik.

pengaruh teknologi

Namun keberadaan teknologi jaman sekarang ada baiknya tidak kita telan mentah-mentah, karena perkembangan teknologi tidaklah selamanya membawa dampak positif. Tanpa kita sadari atau mungkin sudah kita sadari, sangatlah banyak dampak negatif yang disebabkan oleh teknologi ini, jadi kita harus tetap berhati-hati.

Pengaruh teknologi terhadap kehidupan yang paling kentara salah satunya adalah membuat segalanya menjadi lebih mudah, karena dengan perkembangan teknologi semua hal pada jaman dahulu yang dirasa sulit untuk dilakukan sekarang menjadi lebih mudah. Contohnya jika dulu orang bepergian dengan berjalan kaki, sekarang sudah hampir semua orang mempunyai motor untuk digunakan.

Namun, seperti kata CEOGoogle, Eric Schmidth, ” Sisakan waktu satu jam per hari dan matikan perangkat tersebut. Jauhkan mata Anda dari layar dan tataplah mata orang yang Anda cintai. Berbicaralah, berbicaralah secara nyata.” Ya seperti katanya, perkembangan teknologi sudah merubah banyak orang menjadi anti social dan hanya terpaku pada perangkat/alat elektronik yang dimilikinya.

Jadi kita harus pintar, kita harus bisa memanfaatkan teknologi dengan benar, gunakan komputasi melalui laptop sewajarnya dan tetap utamakan sosialisasi dengan makhluk hidup lain di sekitar, bukan teknologi yang memanfaatkan kita, tetapi kita yang menggunakan baik dan benar sebuah teknologi tersebut.

Pasti masih banyak lagi pengaruh produk teknologi dalam kehidupan kita yang saya pikir pasti semuanya sudah bisa membayangkannya, jadi artikel ini cukup sampai sekian dan terimakasih.

Randa Rexsa

Latest posts by Randa Rexsa (see all)

Comments

comments