Dunia pendidikan di Indonesia telah mengalami perubahan dan perkembangan yang signifikan, sekolah-sekolah seakan-akan berlomba-lomba untuk melengkapi fasilitas, sarana dan prasarana sekolah dengan peralatan-peralatan IT yang bertujuan agar sekolah tersebut tidak dianggap “Gaptek”. Akhirnya, penemuan komputer dan internet yang merubah peradaban manusia dijadikan sebagai tolak ukur.

Penemuan Komputer dan Internet yang Merubah Peradaban Manusia
Penemuan Komputer dan Internet yang Merubah Peradaban Manusia

Memang tidak dapat dipungkiri, perkembangan dunia Teknologi telah memaksa seluruh lapisan masyarakat untuk membekali diri mereka dalam mengoperasikan perangkat-perangkat alat-alat IT yang terus mengalami perkembangan yang pesat mulai dari tablet internet, handphone hingga sebuah laptop. Adanya Internet telah menjadikan dunia ini selebar daun “kelor”.

Internet telah menjadikan komunikasi menjadi lebih cepat, sederhana, simple dan tidak terbatas oleh ruang dan waktu. Kita dapat mengakses informasi kapan saja, dimana saja dan tidak terbatas, hal inilah yang membuat internet menjadi penemuan yang berkembang dan terpenting dalam sejarah hidup manusia saat ini. Pemanfaatan internet yang baik dan benar menjadi tugas pada Kita agar teknologi itu dapat bermanfaat bagi kehidupan kita.

Padahal jika kita telusuri sejarah internet yang dikembangkan oleh DARPA/ARPANET atas permintaan Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tahun 1969, dimana internet awalnya dirancang sebagai pusat informasi akan keberadaan senjata nuklirnya Uni Sovyet pada saat terjadinya perang dingin. Departemen Pertahanan Amerika bekerjasama dengan empat universitas terkenal pada saat itu merancang Sistem Jaringan Komputer untuk membuat system pertahanan, pencarian informasi dan penghancuran system, jika diketahui oleh musuh.

Setelah itu, internet berkembang dengan pesat hingga merambah ke tanah air pada tahun 1996. Kebutuhan akan akses internet menjadikan jaringan global yang terbentuk dari kumpulan jaringan LAN, MAN dan WAN ini menjadi kebutuhan yang sangat vital dan kebutuhan yang sangat berpengaruh dalam kehidupan manusia. Adaptasi teknologi serta aplikasi internet juga akhirnya menyentuh home appliance seperti televisi, audio serta perkakas lainnya

Internet telah dapat merubah gaya hidup seseorang, golongan hingga masyarakat luas dan internet juga dapat memberikan kemakmuran bagi penggunannya jika digunakan dengan baik dan benar. Efek negatif dan efek positif sangat begitu tersaji dalam jaringan internet ini, misalnya: masalah Pornografi, masalah Perjudian, masalah Bulying, dll.

Namun sangat banyak efek positif yang ditimbulkan akibat adanya internet ini, misalnya: Yahoo, Google, Facebook telah mampu merekrut karyawan-karyawan terbaik, adanya bisnis Online dan adanya SOHO (Small Office Home Office), dimana kita dapat bekerja dan berbisnis dirumah, tanpa harus keluar banyak biaya. Hal inilah yang membuat Internet menjadi penemuan yang paling berpengaruh dalam dunia internasional dan dalam sejarah peradaban manusia.

Sekarang, menjadi tugas Pendidik, karena Penulis juga berkecimpung dalam dunia pendidikan dan mengajar di tingkat (sekolah menengah atas) untuk mengajarkan para peserta didik kita agar menggunakan Internet secara sehat, baik dan benar. Sangat susah mendidik anak agar mau menggunakan Internet untuk belajar, untuk Searching di web-web pendidikan agar mau belajar sendiri, agar mau mencari dan memahami pelajaran lebih mendalam dengan menggunakan fasilitas Internet.

Masih banyak peserta didik kita yang tidak menggunakan Internet untuk belajar sendiri. Oleh karena itu, saran Saya mari kita gunakan komputer dan internet untuk belajar, belajar dan belajar, untuk mengubah gaya hidup orang Indonesia yang malas, tetapi rajin dalam menggunakan internet dalam memacu diri mereka ke arah yang lebih baik. (Medan – 25 September 2013)

Comments

comments