Masker kain saat ini menjadi salah satu benda yang paling banyak dicari oleh masyarakat, pasalnya belum lama ini pemerintah menerbitkan sebuah himbauan yang menyatakan bahwa seluruh masyarakat diwajibkan untuk mengenakan masker setiap kali akan keluar rumah, hal ini merupakan sebuah langkah pencegahan penularan corona virus di Indonesia.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa saat ini angka kasus virus corona di Indonesia dari hari ke hari terus mengalami peningkatan. Berdasarkan data dari gugus tugas percepatan penanganan Covid 19 di Indonesia, saat ini jumlah korban virus yang berasal dari Wuhan ini telah mencapai 4.557, dengan 399 diantaranya meninggal dunia dan 380 berhasil disembuhkan.

Melihat angka penyebaran yang kian meningkat ini kemudian pihak pemerintah juga mengupayakan lebih banyak cara untuk mencegah parahnya keadaan penyebaran virus. Salah satu caranya adalah menganjurkan semua orang yang terpaksa harus keluar rumah agar memakai masker, namun untuk orang yang dalam keadaan sehat pemerintah menganjurkan untuk mengenakan masker kain saja.

Meskipun sebelumnya pemakaian masker hanya diperuntukan untuk orang yang sakit saja, kini mengacu penyesuaian himbauan dari pihak World Health Organization (WHO) yang mana saat ini menghimbau semua orang untuk memakai masker, bahkan termasuk untuk mereka yang sehat. Untuk menyesuaikan aturan WHO tersebut pemerintah membuat kebijakan masker bedah hanya untuk tenaga medis, serta orang sakit.

Jenis Masker Yang Disarankan

Sebagaimana yang kita ketahui bersama bahwa penularan virus corona adalah melalui mata, hidung dan juga mulut. Karenanya penggunaan masker kain yang sesuai standart dipercaya akan mampu meminimalisir kemungkinan seseorang terserang virus corona, karena “jalan-jalan” virus menuju tubuh telah ditutup menggunakan masker.

Saat ini berdasarkan himbauan pihak pemerintah yang diwakili oleh ketua gugus depan percepatan penanganan Covid 19, masker merupakan satu alat perlindungan paling utama untuk mencegah penularan virus karenanya masker yang digunakan haruslah memenuhi standart yang telah ditentukan, agar manfaat yang didapatkan juga maksimal.

Standart wajib yang harus dimiliki oleh masker untuk menangkal virus Covid 19 adalah, terdiri dari 3 lapisan. Jika hanya terdiri dari 2 atau bahkan 1 lapis saja dikhawatirkan masker tersebut tidak dapat menahan dropet yang membawa virus untuk masuk ke mulut, ataupun hidung.

Selain itu cara memakai masker juga harus menjadi satu hal yang diperhatikan. Ketika memakai masker, masyarakat dihimbau untuk menggunakannya secara ketat menutupi hidung, mulut dan juga dagu. Hal tersebut penting agar penggunaan masker dapat benar-benar efektif, dan tepat sebagaimana mestinya.

Masker Kain Bisa Tangkal Virus hingga 70%

Tahukah Anda bahwa dengan menggunakan masker kain, maka risiko tertular virus corona saat di tempat ramai atau diluar rumah akan menurun sebesar 70%, hal ini sebagaimana data dari hasil penelitian. Namun karena tidak dapat menangkal virus 100% maka menjaga jarak setidaknya sejauh 1 meter masih tetap harus dilakukan.

Baca Juga >> Mengenal Rapid Test Untuk Deteksi Covid 19

Himbauan yang tidak kalah penting dan baiknya untuk diikuti oleh semua orang adalah rajin mencuci masker yang telah dipakai. Virus Covid 19 akan mati jika terkena sabun, karenanya setelah menggunakan masker baiknya Anda langsung mencucinya, agar jika memang ada virus yang menempel, virus tersebut bisa langsung mati. Dalam keadaan yang amat genting seperti saat ini pilihan paling bijak memang tetap berdiam diri dalam rumah. Namun memang dalam keadaan mendesak tertentu seperti membeli keperluan makan, atau keperluan sehari-hari yang tidak terhindar kadang mengharuskan kita mau tidak mau harus keluar rumah. Jika dalam keadaan demikian pastikan untuk mengenakan masker kain.

Comments

comments