Image-Pengumuman-Pemenang-Artikel-Lomba-Manulis
Image-Pengumuman-Pemenang-Artikel-Lomba-Manulis

Setelah melakukan penyeleksian dari lebih dari 200 jumlah pengirim artikel maka Kami selaku penyelenggara menyaring, memutuskan dan menetapkan pemenang lomba menulis artikel teknologi 2013 dengan tema “Era Teknologi – Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan” menjadi 10 orang pemenang.

Lomba menulis yang didukung oleh PinkEmma.com, Sribu.com, Makanja.com dan Bilna.com ini merupakan bentuk apresiasi dari PriceArea.com untuk para penulis atau blogger di dunia maya agar dapat menuangkan kreativitas ide yang dimiliki melalui penulisan artikel.

Proses seleksi dan memunculkan 10 pemenang tidak mudah, hampir seluruh artikel memiliki nilai yang cukup baik, namun mengacu pada penilaian utama yakni Like Facebook dan Share on Google+ maka artikel yang terkirim sedikit dipermudah.

Berikut adalah 10 pemenang lomba menulis artikel teknologi 2013 dengan tema “Era Teknologi – Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan”:

1 Era Teknologi dan Pengaruh Perkembangannya dalam Kehidupan Manusia
Oleh: Wahyu Prasetyo  Poin: 28907
2 Generasi Muda dan Sosial Media
Oleh: Sandy Bubun   Poin: 14971 + Tulisan Terbaik
3 The Power Of Technology
Oleh: Muahamad Fadly  Poin: 12278
4 Kehebatan Teknologi dalam Kehidupan Manusia
Oleh: Moh Jamil Arifin  Poin: 4462
5 Teknologi yang Membuat Hidup Kita Seperti Ini
Oleh: Bayu Prasetyo   Poin: 3485
6 Era Teknologi Jangan Hanya Menggunakan Tapi Menciptakan
Oleh: Hafid Maulana Poin: 2816
7 Teknologi Pendongkrak Peradaban Manusia
Oleh: Nur Samawiyah  Poin: 2225 + Tulisan Terbaik
8 Teknologi Informasi dalam Kebutaan dan Gelap
Oleh: Janu Arlinwibowo Poin: 1811 + Tulisan Terbaik
9 Pengaruh Teknologi Informasi
Oleh: Rita Puji Astuti  Poin: 1399
10 Teknologi Menggenggam Peradaban Tapi Budaya Harus Dipertahankan
Oleh: Pardiman  Poin: 1355

 

Selamat kepada para pemenang, mudah-mudahan bisa menjadi acaun untuk lebih memiliki kreatifitas dan idealisme dalam memunculkan karya-karya baru lewat pemaparan sebuah tulisan.

Kebijakan Eliminasi dan Penentuan

Dalam penyeleksian pemenang, Kami selaku penyelenggara menggunakan beragam cara baik menentukan struktur tulisan, dari sisi kelayakan, penyajian artikel hingga akurasi jumlah social share yang dimiliki peserta.

Perhitungan menggunakan Opensiteexplorer.org
Perhitungan menggunakan Opensiteexplorer.org
Perhitungan menggunakan ahrefs.com
Perhitungan menggunakan ahrefs.com

Mengacu pada syarat dan ketentuan berlaku pada keikutsertaaan lomba menulis artikel ini yang berbunyi “Diskualifikasi adalah SAH, jika peserta menyinggung unsur SARA maupun melakukan kecurangan (misalnya; penggunaan Bot atau manipulasi lain)”. Maka dengan terpaksa, kebijakan elemininasi dan penentuan artikel peserta Kami lakukan eliminasi.

Dari sisi teknis penilaian, penyelenggara hanya menilai dan melakukan moderasi untuk artikel yang masuk dan jika kelengkapan tidak memenuhi syarat misalnya tidak terdapat isi tulisan hanya judulnya saja, maka Kami menganggapnya tidak lengkap dan juga dengan terpaksa Kami eliminir.

Sementara teknis jumlah kalkulasi social share secara terbuka Kami utarakan kepada semua peserta menggunakan platform Ahrefs dan Opensiteexplorer dari MOZ. Open site explorer ini merupakan sebuah system yang banyak digunakan untuk melakukan penghitungan kunjungan trafick di sebuah site atau website, salah satunya adalah memperoleh penghitungan facebook like, twitter, linkedin serta G+.

Misalnya, ketika melakukan penilaian URL artikel yang telah terpublish akan Kami terlebih dulu tempel pada kolom yang telah disediakan untuk melacak akurasi data social share yang dimiliki masing-masing artikel. Dan proses itu bukan hanya menggunakan sebuah mekanisme saja namun sedikitnya 3 system atau 3 kali proses penyaringan dan cek data social share digunakan untuk memperoleh pemenang.

Kolom URL Checking on Ahrefs
Kolom URL Checking on Ahrefs

Sementara untuk menentukan tulisan terbaik Kami selaku penyelenggara memilih secara manual satu-persatu artikel berdasarkan kelengkapan yang telah tertera dalam penentuan pemenang. Sayangnya, Kami hanya menyaring 3 tulisan terbaik yang memenangkan masing-masing 1000 nilai yang ditambahkan langsung. Tidak mudah tentunya, namun berkat kesabaran tim penilai maka Kami berhasil menentukan 3 pemenang tulisan terbaik.

Berikut adalah cara penentuan pemenang yang Kami lakukan;

  • Melakukan kalkulasi jumlah social share yang dimiliki artikel menggunakan system platform dari:  Ahrefs (https://ahrefs.com/) dan Opensiteexplorer (http://www.opensiteexplorer.org/)
  • Menyesuaikan data jumlah view dengan jumlah share
  • Kesesuaian jumlah karakter
  • Kelengkapan anchor link (minimal 3 kategori di PriceArea.com)
  • Kesesuaian alur tulisan
  • Kemasan issue menarik tentang tema (kemasan artikel)
  • Edukatif dan informatif

Pengambilan Hadiah

Hadiah bisa diambil langsung di alamat; PT PriceArea Andalan Prestasi Jl. Boulevard Kelapa Gading RA 19/ 11 Jakarta 14241 Indonesia pada hari kerja pukul 09:00 hingga 18:00 wib. (harap melakukan konfirmasi pengambilan sebelumnya di 021 451 7545)

Syarat yang harus dilengkapi untuk pemenang adalah membalas email notifikasi pemenang dengan menyertai data identitas KTP/ SIM serta nomor telepon yang aktif.

Demikian keputusan pemenang lomba menulis artikel teknologi 2013 yang diselenggarakan oleh PriceArea.com periode oktober 2013 dengan tema “Era Teknologi – Pengaruh Teknologi dalam Kehidupan”. Mohon maklum dan semoga bermanfaat.

Comments

comments