Kamera-Smartphone
Kamera-Smartphone | http://i2.wp.com/yangcanggih.com/

Memilih smartphone yang memiliki kualitas kamera bagus sebenarnya tidaklah sulit, asal Anda tahu apa yang harus diperhatikan. Yang terpenting dari semuanya dan paling menentukan kualitas kamera tapi sering diabaikan adalah ukuran sensor gambar kamera.

Semakin besar ukuran sensor maka semakin bagus kualitasnya. Sebagian besar kamera ponsel bersensor 1/3-1/3.2 inch, misalnya iPhone 5, HTC One, Nexus 5, dan sebagainya. Sementara kamera ponsel yang lebih bagus kualitasnya biasanya mengunakan sensor gambar 1/2.6 atau 1/2.3 inci, seperti seri Sony Experia Z (1/2.3″) dan Samsung Galaxy S5 (1/2.6″) atau 1/1.2 inci seperti Nokia Lumia 1020.

Jadi hanya itu saja? Tidak. Masih ada 6 hal lagi yang mesti diperhatikan. Mari pelajari tips jitu memilih kamera smartphone berikut:

  1. Resolusi Gambar/Megapixel

Setelah sensor gambar, resolusi gambar adalah hal terpenting kedua. Semakin banyak pixel sebuah gambar, semakin banyak detail yang bisa ditangkap kamera. Biasanya, sensor gambar yang berukuran relatif besar akan memiliki resolusi gambar yang besar juga. Contohnya Sony Experia Z1 memiliki resolusi 20MP dan Nokia Lumia 1020 memiliki resolusi 41 MP. Semakin sedikit pixelnya, maka detailnya semakin sedikit dan jika dikrop/potong, gambarnya akan pecah.

[listingterkait judul=’kamera smartphone’]

  1. Lensa

Biasanya lensa yang terpasang di kamera bersifat fix lebar, tidak bisa zoom secara optik, sehingga antara ponsel yang satu dengan yang lain relatif sama. Yang penting dari lensa adalah nilai f atau bukaannya. Semakin kecil angkanya semakin bagus, artinya bukaannya semakin besar sehingga semakin banyak cahaya yang bisa masuk ke dalam ponsel. f/2.4 untuk ukuran ponsel termasuk bukaan yang sedang-sedang saja, sedangkan f/2 atau lebih besar lagi termasuk besar dan bagus.

 

  1. Stabilization

Fitur stabilization di lensa atau kamera penting untuk motret di kondisi low light atau merekam video. Jika tidak, getaran tangan akan mudah membuat foto blur/shake.

 

  1. Manual Exposure Control

Kamera yang memungkinkan kita mengganti setting aperture, shutter speed, dan ISO secara manual tentunya lebih menyenangkan dan membuka peluang untuk memotret lebih kreatif. Sebagian kamera ponsel berkualitas rendah hanya bisa mode auto, dan sebagian hanya memungkinkan kita menyetel satu atau dua dari parameter exposure misalnya Sony Experia Z. Yang canggih seperti Nokia 1020 memungkinkan untuk menyetel secara manual ketiga parameter exposure.

 

  1. Kapasitas Baterai

Meskipun tidak berhubungan langsung dengan kualitas gambar yang dihasilkan kamera, tapi kapasitas baterai yang besar akan menunjang hobi memotret dengan ponsel. Dengan kapasitas baterai yang besar, maka jumlah foto yang bisa dibuat sebelum harus men-charge baterai lagi tentu bisa lebih banyak.

 

  1. External SD Card

Merekam foto terutama di ponsel yang beresolusi besar (Megapixelnya) jelas memakan tempat yang cukup banyak. Jika ada slot untuk memory card, kita tidak perlu kuatir tentang memori/storage di kamera penuh. Tinggal masukkan kartu memory eksternal seperti micro-SD untuk menyimpan foto selanjutnya.

Comments

comments