Lebaran adalah hari yang spesial khususnya untuk umat Islam di Indonesia. Sudah menjadi tradisi sejak jaman dahulu bahwa saat lebaran, orang-orang ‘harus’ memakai baju dan pakaian baru. Walaupun sebenarnya tidak harus baru, tapi karena sudah menjadi budaya dan tradisi turun temurun sehingga lebaran identik dengan baju baru. Biasanya, setiap tahun lebaran mempunyai tren baju sendiri-sendiri dan sepertinya untuk lebaran tahun ini, pria dan wanita sudah menentukan tren-nya masing-masing. Terlepas dari tren, karena lebaran adalah haru raya umat muslim, maka sepantasnya pada hari itu mengenakan baju dan pakaian muslim dan muslimah. Namun, selain busana muslim, orang juga boleh menggunakan baju lain asalkan sesuai dan sopan. Bagi anda yang bingung memilih baju lebaran apa yang pantas untuk anda pas lebaran, berikut ini beberapa fashion pria wanita yang biasanya dikenakan masyarakat kita,  pada saat lebaran:

1. Busana Pria

Baju Koko

Untuk pria saat lebaran, baju koko adalah yang paling sering dipakai. Seperti sudah menjadi tradisi bahwa baju koko adalah ‘pakaian resmi’ pria saat lebaran. Baju koko banyak juga macamnya dari mulai model kemeja hingga kaos biasa. Tentunya, untuk lebaran lebih pantas menggunakan kemeja koko dari pada yang model koko karena lebaran termasuk acara yang penting dan termasuk resmi.

2. Baju/Kemeja Batik

Batik adalah jenis pakaian yang biasa dipakai pria untuk berlebaran. Seiring dengan berkembangnya tren busana batik modern, banyak pria yang suka menggunakan batik saat ini. Apalagi batik adalah pakaian khas Indonesia yang disukai banyak orang. Saat ini, model batik pun cukup beragam sehingga tersedia banyak pilihan untuk pria. oleh karena dikenakan pada saat lebaran, model batik biasanya kemeja.

Kemeja Biasa

Saat lebaran adalah saat berkumpul dengan keluarga yang sudah lama tidak bertemu. Maka dari itu, anda harus berpenampilan rapi dan sopan. Jika anda tidak memilih baju koko ataupun batik, anda juga bisa memakai kemeja biasa saat lebaran. Model kemeja saat ini sangat banyak dan beragam macamnya. Akan tetapi lebih disarankan saat lebaran menggunakan kemeja dengan motif polos. Warna yang dipakai terserah kesukaan anda. Sementara itu, warna yang sesuai untuk semua pria adalah warna netral putih.

Baju Gamis

Saat lebaran, pria juga biasa menggunakn baju gamis. Sebenarnya baju gamis bukan merupakan baju asli Indonesia. Baju ini biasa digunakan oleh pria muslim yang berada di daerah arab dan timur tengah pada umumnya. Karena dirasa sesuai dengan budaya islam, baju gamis masuk ke Indonesia dan disukai oleh sebagin muslim di sini. Kebanyakan gamis berwarna putih polos dan sangat cocok dipasangkan dengan kopiah putih untuk para pria. Bagi anda yang ingin tampil Islami secara maksimal, gamis adalah pilihan yang sangat cocok.

3. Busana Wanita

Baju wanita muslim untuk lebaran tentunya lebih beragam lagi dibandingkan dengan pria. Hal ini dikarenakan wanita lebih memiliki pilihan yang banyak dibanding pria. Apa saja baju yang biasa dikenakan wanita saat lebaran?

Busana Model Kaftan

Baju muslimah kaftan merupakan baju yang paling banyak digunakan wanita muslimah diberbagai kesempatan, tidak terkecuali lebaran. Wanita menyukai model kaftan ini karena dapat dimodifikasi menjadi berbagai model yang berbeda. Kaftan bisa dipadukan dengan brokat sebagai lapisan jubahnya. Kaftan juga bisa dikreasikan menjadi busana dengan perpaduan dua atau lebih warna dengan model blus, dan lain sebagainya.

Maxi Dress

Bagi wanita model maxi dress mungkin yang paling nyaman untuk beraktifitas. Saat lebaran, anda pasti sering berjalan baik untuk berkunjung ke rumah sanak family ataupun ke makam keluarga. Maxi dress mempunyai belahan di bagian bawah sehingga memudahkan anda untuk berjalan. Anda bisa memadukannya dengan calena jeans hitam atapun legging. Model busana maxi dress ini cukup beragam modelnya. Bisa juga anda memilih model batik ataupun warna yang cerah.

Palazzos

Model busana ini sangat cocok untuk wanita yang tinggal di daerah tropis yang panas seperti Indonesia. Model palazzos sengaja dibuat longgar agar nyamana dipakai pada saat cuaca panas. Model busana ini cocok juga digunakan untuk wanita yang mobile karena baju yang longgar memudahkan anda untuk bergerak. Agar tampil lebih menarik, jangan lupa pula tambahkan aksesoris kesukaan anda, seperti kalung, tas dan bross.

Abayah
Model busana abayah merupakan salah satu yang paling simple untuk wanita. Perpaduan dress yang ditutupi dengan jaket jeans bagian atasnya merupakan teknik paling sederhana untuk pakaian lebaran. Anda bisa menggunakan gamis untuk mengganti dress. Busana ini cukup disukai oleh wanita karena mudah dipasang dan lepas sehingga saat anda akan sholat misalnya, anda bisa dengan mudah melepasnya lalu memakainya kembali dalam waktu yang tidak lama.
Maxi Skirt

Busana wanita muslimah untuk lebaran selanjutnya adalah maxi skirt. Hampir sama dengan maxi dress pada bagian sebelumnya, hanya saja model ini menggunakan rok yang terpisah dengan atasan, bukan dress. Model ini sangat cocok untuk wanita muda ataupun yang ingin terlihat muda, anda bisa menggunakan jaket unzipped untuk bagian atasnya agar lebih terlihat trendi. Walaupun lebih untuk anak muda, busana ini tetap sopan untuk digunakan saat lebaran karena modelnya longgar dan bagian atasnya ter-cover oleh jaket.

Blazer

Untuk wanita muda, balzer adalah model baju yang paling cocok. Busana blazer cukup longgar sehingga nyaman untuk dipakai dan sopan. Dengan rok bergaris-garis veritkal membuat gerak anda lebih leluasa saat berjalan. Ditambah dengan atasan blazer yang panjang membuat bagian atas badan anda tertutup. Lebih baik memakai setelan blazer dengan warna yang matching agar tidak terlihat norak. Warna hitam untuk skirt cukup netral sehingga bisa dipasangkan dengan warna blazer apapun.

Silk

Model Silk adalah yang paling sederhana. Busana muslimah ini sangat cocok untuk anda yang bertubuh mungil. Setela silk akan membuat anda lebih rapi sehingga terlihat lebih ‘dewasa’. Dengan atasan dan bawahan yang longgar menggunakan warna palet yang cerah, anda akan tampil menonjol walaupun dengan pakaian yang sederhana.

4. Untuk anak dan Keluarga

Busana lebaran untuk pria dan wanita sudah, kini bagi yang sudah punya anak tentunya ingin juga agar anaknya tampil maksimal saat lebaran. Bagi anda yang memiliki anak laki-laki, bisa mendandaninya dengan baju koko untuk anak. Jika tidak kemeja biasa kesukaan anak juga bisa digunakan. Sementara itu, bagi anda yang mempunyai anak perempuan, ada baiknya melatih dia untuk mengenakan busana muslim dengan hijab. Namun, jika anak anda tidak merasa nyaman untuk memakai hijab, lebih baik menggunakan setelan blus dan celana saja agar mereka lebih leluasa bergerak. Selanjutnya, jika anda ingin tampil kompak bersama keluarga saat lebaran, anda bisa memilih model busana sarimbit. Dengan itu setelan yang dikenakan suami, istri, dan anak-anak senada, sehingga anda dan keluarga terlihat kompak dan harmonis.

Comments

comments