Tempat wisata yang enak untuk dikunjungi pastilah identik dengan pemandangan indah yang akan membuat diri kita merasa tenang ketika mengunjunginya. Pegunungan yang sering kita kunjungi pastilah memiliki pemandangan yang sangat indah. Pohon-pohon hingga lembah pegunungannya membuat kita terhanyut akan keindahan ciptaan-Nya.

Setiap pemandangan alam yang tercipta di Indonesia merupakan anugerah yang sudah seharusnya kita syukuri. Namun hasrat manusia untuk selalu mendapatkan suatu hal yang lebih membuat kita selalu tertantang akan suatu hal baru. Salah satunya adalah dengan mencoba mengunjungi tempat wisata yang tidak lazim dilakukan oleh banyak orang. Beberapa orang sering menyebutnya Ekstrem karena memang hal yang dilakukan sangat tidak biasa, dan cenderung sangat beresiko mengancam keselamatan pengunjung yang datang berkunjung di tempat wisata ekstrem tersebut.

Kamu tidaklah perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri hanya untuk mencicipi tempat wisata ekstrem. Indonesia juga memiliki tempat wisata ekstrem yang sangat layak untuk kamu kunjungi. Penasarankah dengan tempat wisata ekstrem yang bisa kamu temui di Indonesia? Simak beberapa tempat rekomendasi berikut ini.

7 Tempat Wisata Extrem Terbaik di Indonesia

1. Rasakan Sensasi Berselancar di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat

Keindahan pantai tidak hanya berasal dari pemndangan alamnya belaka. Indonesia sebagai Negara kepulauan sudah pasti memiliki beribu-ribu pulau yang tersebar di seluruh penjuru Nusantara. Salah satu pulau yang menjadi destinasi wisata terbaik adalah di Kepulauan Mentawai Sumatera Barat. Daya tarik utama dari tempat wisata ini adalah ombaknya yang sangat memungkinkan untuk bermain selancar air atau sering disebut surfing.

Di kepulauan Mentawai ini terdapat kumpulan ombak terbaik di Indonesia. Bahkan kepulauan ini menjadi salah satu tempat berselancar air paling ekstrem di dunia. Ombaknya yang sangat menantang sanggup mengundang berbagai wisatawan baik domestic maupun mancanegara untuk turut menikmati hasil karya Sang Pencipta. Setiap tahunnya tempat wisata ini dikunjungi hingga 12.000 pengunjung.

Tempat Wisata Extrem

Terdapat 400 titik berselancar terbaik di sekitaran kepulauan Mentawai ini. Bahkan ada 23 diantaranya yang sudah memiliki standar internasional untuk berselancar. Beberapa wisatawanpun menjuluki kepualauan ini sebagai Hawaii-nya Indonesia. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Hawaii untuk dapat merasakan sensasi berselancar. Cukup kunjungi Kepulauan Mentawai sebagai salah satu tempat wisata ekstrem di Indonesia.

2. Menjelajah Pulau untuk Bertemu Hewan Prasejarah di Pulau Komodo

Era Dinosaurus memang sudah sangat lama berakhir. Sekitar ribuan bahkan jutaan tahun yang lalu. Namun jika kamu mengunjungi pulau Komodo, yang terdapat di Nusa Tenggara Timur, maka kamu akan segera menemukan salah satu evolusi terdekat dengan Dinosaurus. Bahkan ada beberapa ahli yang mengatakan bahwa hewan purba ini merupakan salah satu spesies dinosaurus.

Tempat Wisata Extrem

Di Taman Nasional Komodo, kamu akan dapat melihat langsung bagaimana wujud asli hewan langka ini. Dengan panjang sekitar 2-3 meter, dan berat hingga 165 kg, komodo bukan hanya seekor kadal belaka, namun seekor hewan predator yang sangat berbahaya. Komodo hanya memerlukan sekali gigitan untuk dapat melumpuhkan mangsanya. Terdapat ratusan bahkan hingga ribuan bakteri yang beracun yang terkandung pada air liur hewan purbakala ini.

Kamu tidak bisa sembarangan berinteraksi dengan hewan ini, salah-salah bukan berwisata yang kamu dapat, justru rumah sakitlah yang akan kamu kunjungi. Jadi ketika kamu memutuskan untuk mengunjungi pulau ini, tetap waspada dan berhati-hati ya guys.

3. Lelahmu akan Terbayar Usai Mendaki Gunung Semeru, Jawa Timur

Mendaki gunung yang tinggi memerlukan kondisi fisik yang kuat dan juga stamina yang prima. Kondisi medan yang terjal dan dipenuhi dengan pasir membuat perjalanan mendaki kamu terasa semakin berat. Jika kamu berencana mendaki gunung berapi tertinggi di pulau Jawa ini, kamu harus mengunjungi Malang, Jawa Timur untuk kemudian melanjutkan perjalanan di kaki Gunung Semeru ini.

Gunung Semeru memiliki tinggi mencapai 3.676 meter. Puncak tertingginya bernama Mahameru ini sangat terkenal di Pulau Jawa. Gunung api yang masih aktif ini selalu menarik ribuan pengunjung tiap tahunnya untuk mengunjungi pergunungan ini. Tidak heran, berbagai pendaki dari berbagai daerah, bahkan dari mancanegara juga ada untuk menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Gunung Semeru ini.

Tempat Wisata Extrem

Lelah yang kamu rasakan ketika mendaki gunung setinggi 3.676 meter ini akan segera sirna ketika kamu melihat pemandangan alam yang berasal dari puncak Gunung. Suhu udara yang dingin juga akan menambah suasana syahdu ketika kamu bisa mensyukuri segala nikmat dan keindahan alam yang kamu lihat di kala itu.

4. Susuri Sungai yang Indah di Green Canyon di Jawa Barat

Jika di Amerika memiliki Grand Canyon, maka Indonesia memiliki Green Canyon. Terletak di Jawa Barat, tepatnya di daerah Pangandaran, tempat wisata ini menawarkan keindahan sekaligus tempat untuk memacu adrenalin kamu. Hal ini dikarenakan oleh arus air di sungai yang cukup deras. Di bagian samping dari sungai tersebut terdapat tebing yang tinggi sehingga dapat memacu adrenalin kamu ketika bermain menggunakan perahu atau sekedar menyusuri sungai tersebut.

Terdapat stalaktit dan stalagmit ketika kamu menyusuri tebing dari Green Canyon ini. Namun kamu haruslah berhati-hati, karena terkadang ada kadal atau ular yang keluar dari celah batu. Ditambah dengan suara gemuruh yang berasal dari air, suasana Green Canyon ini menjadi semakin syahdu sewaktu kamu menikmati tempat wisata ekstrem ini.

Tempat Wisata Extrem

Sebaiknya kamu jangan kunjungi tempat wisata ini ketika air berwarna coklat dan bukan hijau jernih. Hal ini dikarenakan kecantikan dari tempat wisata ini akan berkurang. Hal ini juga sedikit berbahaya karena air cenderung lebih deras dan keruh.

5. Lihat Keindahan Panorama Kuta Bali dari Sudut Pandang Berbeda

Melihat pemandangan dari ketinggian sudah merupakan hal yang sangat wajar dilakukan setiap orang. Jika kamu ingin merasakan suatu hal yang berbeda, kamu bisa kunjungi Bali dan rasakan sensasi Bungee Jumping.

Tempat Wisata Extrem

Kamu akan merasakan sensasi dilontarkan setinggi beberapa puluh meter untuk dapat menikmati keindahan pemandangan Kuta Bali dengan cara yang ekstrem. Kamu bisa melihat pemandangan Kuta Bali dari ketinggian 45 meter melalui Bungee Jumping ini. Alat ini sangat cocok bagi kamu penyuka tantangan dan ingin memacu adrenalin kamu supaya jauh lebih keras lagi.

Tempat Wisata Extrem

Selain Bungee Jumping, kamu juga bisa melihat pemandangan melalui Sling Shot. Hampir sama dengan Bungee Jumping, namun Sling Shot ini memiliki kinerja layaknya ketapel. Kapsul yang menjadi media pelontarnya akan terombang-ambing hingga setinggi 50 meter. Dari ketinggian ini kamu bisa menikmati pemandangan sekitar dari sudut dan cara yang anti-mainstream atau tidak biasa. Sungguh extrem luar biasa.

6. Berpetualang Menelusuri Jalur Vertikal Gunung Anak Krakatau

Masih ingat dengan peristiwa Gunung Krakatau yang mampu meluluh-lantakkan seluruh pulau Jawa dan Sumatera serta beberapa pulau di sekitarnya? Peristiwa ini terjadi pada tahun 1883 dan letusan dahsyat tersebut merenggut 36.000 korban jiwa karena Tsunami yang diakibatkan oleh Gunung Krakatau tersebut. Yang tersisa sekarang ini hanyalah Anak Gunung Krakatau yang memiliki dimensi jauh lebih kecil dibandingkan gunung Krakatau. Sekarang kamu bisa merasakan sensasi mendaki Gunung Anak Krakatau yang masih aktif.

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ekstrem ini biasanya menyewa perahu untuk menyeberang atau hanya sekedar melihat keindahan Gunung Anak Krakatau ini dari kejauhan. Jika kamu haus akan tantangan, kamu bisa juga mendaki gunung ini hingga puncaknya.

Tempat Wisata Extrem

Perlu diingat bahwa gunung ini masih aktif, jadi bagi kamu yang ingin mendaki hingga mencapai puncak gunung ini, kamu haruis berhati-hati karena terdapat gas beracun yang siap menyergap kamu kapan saja. Medannya yang berpasir juga menambah berat pendakian karena kamu pasti akan sedikit kesulitan dalam berjalan.

Hindari juga untuk mendaki Gunung Anak Krakatau ini di siang hari. Hal ini dikarenakan oleh suhunya yang sangat menyengat sehingga dapat mengganggu stamina kamu ketika mendaki.

7. Melihat Gunung Api di Dalam Air Sungguh Suatu Hal yang Langka

Pernahkah kamu melihat aktifitas gunung berapi yang berada di dalam air? Jika belum, kamu bisa mencoba mengunjungi Banua Wuhu untuk mendapatkan sensasi tak terlupakan akan hal tersebut. Terletak di dasar laut, gunung yang memiliki ketinggian 400 meter dari dasar laut ini memiliki pemandangan tersendiri yang tentunya tak terlupakan bagi siapa saja yang menyelam untuk mengamati aktifitas kegunung-apian di wilayah tersebut.

Terdapat titik kepundan gunung yang ditandai dengan adanya gelembung-gelembung udara yang keluar. Dari kedalaman 8 meter saja, kamu sudah bisa melihat kepulan gelembung yang keluar dari celah-celah bebatuan. Suhu air di sekitar gunung ini mencapai 37-38 derajat celcius. Namun jangan kamu coba untuk memasukkan tangan kamu ke dalam lubang di dalam bebatuan. Tentu saja tangan kamu akan melepuh karena suhu yang sangat panas.

Tempat Wisata Extrem

Selain itu, terdapat biota laun yang unik terdapat di wilayah ini. Biota ini hanya dapat terdapat di wilayah yang memiliki keindahan yang luar biasa. Tak heran jika Banua Wuhu ini menjadi salah satu destinasi penyelaman terbaik di Indonesia.

Baca Juga: BAHAYA, 12 Tempat Wisata di Indonesia ini Jangan Pernah Anda Kunjungi

Ketujuh tempat wisata ekstrem di atas memiliki pesona dan juga keindahan tersendiri yang patut kamu kunjungi jika kamu haus akan adrenalin. Tempat wisata ekstrem di atas akan menguras adrenalin kamu hingga kamu ketagihan untuk mengunjungi berbagai destinasi wisata di atas.

Comments

comments