Olahraga adalah salah satu hal paling penting yang perlu kita lakukan untuk menjaga kesehatan. Selain pola makan yang baik, olahraga akan sangat membantu untuk menjaga daya tahan tubuh kita. Sebuah perusahaan pastinya tidak ingin kalau karyawanya sakit-sakitan, oleh karena itu kebanyakan pasti akan menyarankan karyawanya untuk rajin berolahraga. Bagi karyawan yang seharian harus memandang layar monitor seperti karyawan yang bekerja di toko online atau jenis pekerjaan lainya, olahraga menjadi jauh lebih penting lagi karena para karyawan yang bekerja di bidang seperti itu kebanyakan sangat kurang gerak.

Sesungguhnya ada beberapa jenis olahraga yang bisa kita lakukan meskipun kita sedang berada di ruang kantor kita yang sempit. Yang paling penting adalah kemauan dari si pekerja itu sendiri karena olahraga adalah sebuah hal yang membutuhkan dedikasi. Olahraga yang bisa kita lakuan sambil bekerja antara lain seperti:

  1. Berputar di Kursi

Memang hal ini terlihat sepele namun gerakan berputar di kursi ini bisa memberikan efek yang lumayan baik bagi para pekerja yang sering duduk. Berputar disini bukan berarti kita berputar secara penuh seperti sebuah permainan, melainkan kita bisa menggunakan kursi yang memiliki roda untuk menjadi tumpuan kita dalam memutar bagian pinggang. Cara ini sangat efektif untuk menyegarkan bagian punggung kita yang pegal karena terlalu lama duduk.

  1. Menekuk Lutut

Hal ini juga sebuah gerakan yang sangat mudah dilakukan. Kita hanya perlu meletakan kaki di tumpuan yang lebih tinggi seperti bibir meja misalnya dan melakukan gerakan seperti peregangan lutut yang biasa kita lihat dalam gerakan pemanasan olahraga. Cara ini memang sangat mudah namun kita juga harus memperhatikan sekitar karena mengangkat kaki dengan tinggi dianggap tidak sopan di lingkungan kantor.

  1. Gerakan Kepala

Bagian kepala kita adalah area bebas yang tetap bisa kita gerakan meskipun sedang duduk. Oleh karena itu sudah selayaknya kita memaksimalkanya dan secara berkala melakukan gerakan kepala seperti memutar, mematah kedepan dan kesamping untuk meregangkan otot bagian leher yang sering kali menjadi salah satu bagian otot yang paling terasa lelah saat kita bekerja di depan komputer seharian.

  1. Gerakan Kaki

Hanya dengan melangkahkan kaki selebar-lebarnya ke samping atau kedepan, sesungguhnya kita sudah bisa mendapatkan manfaat olahraga yang cukup besar. Kita bisa berdiri sejenak dan melakukan hal ini selama 5 menit saja dan efeknya akan sangat terasa. Gerakan ini sangat mudah namun bisa menghilangkan rasa lelah dan rasa bosan.

  1. Gunakan Tangga

Salah satu cara yang paling gampang untuk dilakukan dalam memberikan porsi olahraga pada karyawan adalah dengan menggunakan tangga. Kita bisa masuk dan pulang kantor lewat tangga. Pastikan lantai yang kita tuju tidak terlalu tinggi karena jika terlalu tinggi yang ada kita justru akan sangat kelelahan saat bekerja.

Bekerja di kantor bukan berarti bahwa kita tidak bisa olahraga sama sekali. Ada beberapa cara yang memiliki manfaat besar jika kita mau melakukanya. Yang paling dibutuhkan dalam olahraga adalah dedikasi dan hal itu lah yang sangat kita perlukan untuk menjaga kondisi agar pekerjaan kita beres.

Comments

comments