Yamaha MT-25 – Tren motor sport di Indonesia semakin berkembang dari tahun ke tahun. Hal ini bisa dilihat dari pengguna motor sport yang ada di kota-kota besar yang semakin banyak. Sebabagi salah satu pabrikan motor papan atas di Indonesia, Yamaha, tak mau ketinggalan untuk mengeluarkan produk motor sport terbaiknya. Selama ini orang Indonesia sudah kenal dengan motor sport Yamaha versi cc yang lebih kecil, seperti Yamaha Byson, New V-ixion dan R15. Di awal tahun ini, Yamaha juga meluncurkan produk motor sport terbarunya, bertajuk Yamaha MT-25. Seperti apakah wujud dan performa motor anyar Yamaha tersebut? Berikut spesifikasinya dan review singkatnya.

Yamaha MT-25, Motor Sport Terbaru Yamaha

Model Street Fighter

Yamaha MT-25
Yamaha punya dua motor andalan yang ada di kelas 250cc di pasar Indonesia. Sebelumnya ada Yamaha R25 yang lebih dahulu dirilis pertengahan tahun 2014 lalu. Kedua motor tersebut mempunyai segmen konsumen yang berbeda. Jika R25 lebih berdesain sporty dengan full fairing ala motor-motor balap, Yamaha MT-25 ini lebih memiliki desain seperti motor touring. Jika anda melihat Yamaha NVL, maka MT-25 mungkin adalah ‘kakaknya’. Desain tangki bahan bakar dan lampu-lampu depan nyaris mirip dengan New V-ixion Lighting. Namun, untuk bodi keseluruhan, MT-25 lebih terkesan macho karena motor ini memang mengadopsi konsep naked bike. Bentuk body yang gambot menjadikan motor ini sangat cocok dijadikan teman untuk touring.

Fitur Canggih

Motor sport 250cc dari Yamaha ini juga memiliki fitur yang canggih, khas sebuah sepeda motor modern. Hampir semua teknologinya menggunakan system digital. Anda bisa melihatnya di dashboard motor. Disitu dapat dilihat terdapat 3 bagian yang menunjukan masing-masing adalah tachometer analog, speedometer dan indikator bahan bakar, suhu mesin serta indikator jam yang semua menjadi satu dalam satu dashboard. Kelengkapan dashboard motor ini tentunya akan sangat memudahkan anda dalam berkendara dan memantau kondisi mesin.

Selain itu, teknologi pembakaran motor ini pun sudah menggunakan sistem fuel injection sehingga dapat menghemat bahan bakar secara signifikan sekaligus meningkatkan performa mesin jauh di atas kapasitas mesin rata-rata ketika menggunakan teknologi karburator.

Kaki-kaki yang Kokoh

Yamaha MT-25
Salah satu bagian motor yang menunjang performa motor itu sendiri adalah bagian kaki-kaki. Pada MT-25 ini, Yamaha mendesainnya dengan mencontoh konsep yang lebih dulu dipakai di Yamaha R25. Suspensi belakang masih setia menggunakan suspensi Monocross yang mempunyai keseimbangan sangat bagus untuk pengendalian atau handling motor. Untuk suspensi bagian depan , MT-25 menggunakan teleskopik fork berukuran 41 mm.

Beralih ke bagian ban, seperi layaknya motor touring dan street fighter lainnya, Yamaha MT-25 juga menggunakan velg ukuran lebar dengan ban besar, untuk roda depan menggunakan velg berdiameter 17 inci dengan ban ukuran 110/70. Sementara untuk sektor belakang, Yamaha MT-25 menggunakan ban ukuran 140/70. Kaki-kaki motor ini juga sangat berpengaruh kepada handling motor. Dengan dimensi ban yang cukup besar, motor ini sangat lincah dan bisa dengan mudah dipakai untuk cornering layaknya Moto GP.

Baca Juga: 3 Motor Klasik Berperforma Beringas yang Pernah Anda Miliki

Mesin Gahar

Yamaha MT-25
Barangkali kemampuan mesin adalah sesuatu yang ingin ditunjukan oleh Yamaha kepada para konsumen. Bagaimana tidak, motor dengan kubikasi 249 cc ini menggunakan sistem DOHC 2 silinder. Mesin 4 tak ini dijamin mempu menyemburkan tenaga kuda mencapai 26,5 HP pada 12.000 rpm. sementara itu, untuk torsi maksium mencapai sebesar 22,6 Nm pada 10.000 rpm. Bisa dibayangkan kecepatan yang bisa dihasilkan oleh motor ini. Seperti motor touring lainnya, MT-25 dibekali dengan pendingin mesin menggunakan liquid cooling system. Dengan mesin DOHC-nya, Yamaha MT-25 ini akan lebih kencang daripada yang lain. Sebagai informasi tambahan, mesin yang digunakan oleh motor ini bisa dikatakan sejenis dengan yang diusung oleh Yamaha R25. Namun tetap saja pihak Yamaha memberikan sedikit perbedaan dari segi performa mesin. Jika dilihat data klaim pabrikannya, Yamaha R25 lebih unggul daripada Yamaha MT-25 ini, meskipun terpaut sangat kecil perbedaannya.

Itulah beberapa spesifikasi unggulan yang dimiliki Yamaha MT-25. Dengan spesifikasi se ‘wah’ itu, dijamin motor ini sangat nyaman dan powerful ketika dikendarai. Namun untuk mendapatkannya anda harus merogoh kocek dalam-dalam. Menurut beberapa media di tanah air, harga motor terbaru dari Yamaha MT-25 di pasaran adalah Rp 46 jutaan, jauh di atas harga motor V-ixion terbaru saat ini. Namun jika dipikir-pikir ulang, harga sefantastis itu masih dalam taraf yang wajar sehingga motor ini sangat worth untuk dimiliki. Adakah yang sudah memiliki motor ini? Bagaimana komentar anda?

Comments

comments