Kendaraan yang ada di Indonesia ini mayoritas menggunakan bahan bakar minyak sebagai bahan bakar utama untuk menggerakkan mesin kendaraan, tidak terkecuali motor bebek. Namun seperti yang kita ketahui bersama bahwa nantinya bahan bakar minyak yang ada di dunia ini akan habis tak bersisa jika kita tidak dapat memanfaatkannya dengan baik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meminimalisir kelangkaan bahan bakar minyak tersebut adalah dengan mengembangkan berbagai macam energy alternatif. Hal inilah yang dilakukan oleh Bambang Erbata Kalingga yang kerap dipanggil Bata. Ia berhasil memodifikasi motor bebek yang dapat berjalan menggunakan bahan bakar air.

Motor Bebek Bertenaga Air

Motor bebek bertenaga air

Pastilah anda bertanya-tanya bagaimana air dapat menggerakkan motor. Pria 44 tahun ini membuat motor dapat bergerak menggunakan perpaduan dua bahan bakar sekaligus, yakni penggunaan bahan bakar minyak (bensin) dan juga air. Air yang digunakan sebelumnya diberikan perlakuan khusus sehingga dapat membuat sepeda motor dapat berjalan. Jika diamati, di bagian tengah motor terdapat dua buah tabung yang berisi air. Tabung inilah yang menjadi sumber penggerak atau bahan bakar alternative berupa air. Air yang dimasukkan ke dalam tabung ini kemudian direaksikan sehingga partikel H2O pada air terpecah menjadi dua buah patikel berbeda yakni O2 dan H2. Partikel H2 inilah yang menjadi molekul utama dalam motor bebek ini. Nantinya, gas Hidrogen ini masuk ke ruang pembakaran dan menggerakkan piston seperti biasa.

Motor bebek bertenaga air
Reaktor Sebelum Dirakit

Anda tidak perlu khawatir akan efek samping dari energi alternatif ini. Tidak akan terjadi karat atau kerusakan yang diakibatkan oleh air yang masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini dikarenakan uap gas yang masuk ke ruang pembakaran tidak terkandung air. Hal ini justru akan membuat mesin motor dingin. Jika anda memegang bagian knalpot motor, maka anda tidak akan merasakan panas walaupun motor telah berjalan jauh. Dengan menggunakan teknologi ini, penggunaan bahan bakar bensin dapat ditekan dari 40% hingga 60%. Tentu saja pengiritan bahan bakar ini sangatlah berguna bagi anda yang setiap harinya melakukan commuting menggunakan sepeda motor bebek.

Baca Juga: Indonesia Pencipta Mobil Bertenaga Angin Pertama di Dunia

Teknologi ini juga dapat dipasang pada mobil yang memiliki kapasitas mesin jauh lebih besar daripada motor bebek. Prinsip kerjanya bisa dibilang sama saja. Hanya reaktor atau tabung yang digunakan sedikit berbeda di bagian dimensinya. Untuk mobil, menggunakan tabung yang berukuran lebih besar daripada yang dipakai pada motor. Jika anda tertarik untuk mencoba mengapplikasikan teknologi green energy ini, anda hanya perlu mengeluarkan uang sebanyak Rp 400 ribu untuk sepeda motor, dan Rp 800 ribu untuk mobil. Untuk mobil, pengiritan yang bisa dilakukan menggunakan teknologi ini adalah 47,36%.

Mobil Bertenaga Air

Bambang Erbata Kalingga mengharapkan adanya perhatian pemerintah untuk turut serta memajukan teknologi hidrogen ini bersama. Dengan begitu, tentulah akan lebih banyak lagi pengembangan yang dapat dilakukan dalam penyempurnaan teknologi hydrogen ini. Peran pemerintah juga diperlukan dalam sosialisasi untuk meyakinkan mayarakat dalam menggunakan bahan bakar jenis ini. Masih banyak masyarakat yang tidak percaya akan adanya teknologi ini. Tentulah hal ini menjadi kendala tersendiri bagi kita semua yang ingin memajukan Indonesia menggunakan teknologi hydrogen ini.

Selain mengembangkan teknologi motor bebek berbahan bakar air ini, Bata ternyata juga menyimpan segudang penelitian dirumahnya yang memiliki kecenderungan untuk menemukan teknologi alternatif. Semangat Bata ini patut kita contoh sebagai acuan untuk kita supaya terus berkembang dan terus mengembangkan teknologi yang ada tanpa menyerah. Upaya penyelamatan Bumi dari kerusakan yang diakibatkan oleh Global Warming ini nantinya juga bukan hanya untuk kelangsungan hidup kita sendiri, namun juga kelak masih dapat dinikmati oleh anak cucu kita kelak di masa depan. Mari bersama kita galakkan gerakan hemat energi mulai dari sekarang!

Comments

comments