Memiliki mobil tua seperti yang ada di film Fast n Furious adalah suatu hal yang membanggakan. Selain harga mobil tua yang relatif stabil dan bisa dijadikan sebagai bahan investasi, mobil ini juga memiliki nilai tersendiri dari segi artistik dan kelangkaannya. Apalagi mobil tua yang bisa dimiliki memiliki aspek tersendiri yang tidak dimiliki oleh mobil-mobil baru buatan jaman sekarang. Banyak orang memandang bahwa mobil jadul (jaman dulu) memiliki kekuatan yang sangat luar biasa dibandingkan dengan mobil sekarang karena material besi tebal yang dimilikinya.

Mobil Tua VS Mobil Baru

Vin Diesel yang memerankan tokoh Dominic Toretto di film Fast n Furious selalu menggunakan mobil tua sebagai tunggangan andalannya. Mobil tua buatan Amerika tersebut sering disebut sebagai American Muscle Car karena memang memiliki performa mesin yang di atas rata-rata. Bayangkan saja mesin berkonfigurasi V8 dengan kapasitas mesin di atas 5000cc jarang dapat ditandingi oleh mobil terbaru seperti sekarang ini. Jika dibandingkan dengan mobil keluaran terbaru, mesin mobil tua ini masih sangat bisa diandalkan untuk berkendara harian atau bahkan untuk jarak jauh. Mesinnya yang tangguh dapat menaklukkan segala medan dengan mudah tanda mengalami kendala.

Mobil Tua VS Mobil Baru

Mobil keluaran terbaru sudah menggunakan teknologi terkini untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dari mobil tersebut. Jika dibandingkan dari segi performa mesin, keduanya memiliki perbedaan yang cukup mencolok. Mobil keluaran terbaru memiliki performa yang sedikit inferior atau lebih rendah dari segi performa dibandingkan dengan mobil Muscle Car buatan Amerika ini. Namun di samping hal itu, ada banyak aspek lainnya yang bisa dikomparasi. Salah satu faktor yang sangat layak untuk dikomparasikan adalah di bagian keselamatan kendaraan tersebut.

Mobil Tua VS Mobil Baru

Mobil tua yang dipergunakan dalam uji keselamatan berkendara ini adalah mobil klasik bernama Chevrolet Bel Air buatan tahun 1959. Sedangkan mobil modern yang dipergunakan adalah sama-sama masih menggunakan merk Chevrolet namun bernama Chevrolet Malibu keluaran tahun 2009. Rentang usia yang sangat jauh tersebut akan segera membuktikan bahwa kekuatan mobil tidak ditentukan dari segi usia atau kekuatan material yang dipergunakan. Bahkan banyak orang yang tidak menyangka akan hasil dari uji tabrak antara kedua mobil beda generasi ini.

Mobil Tua VS Mobil Baru

Dalam uji tabrak ini, juga terdapat video yang membuktikan bahwa uji tabrak yang dilakukan benar-benar nyata. Kedahsyatan dari hasil tabrakan tersebut membuat boneka tiruan manusia yang diletakkan di dalam mobil mengalami kerusakan. Nah boneka manakah yang menderita kerusakan paling parah, silakan simak videonya berikut ini.

Setelah melihat video di atas, pastilah anda semua tercengang dengan hasil uji tabrak tersebut. Ternyata mobil keluaran terbarulah yang memiliki tingkat keselamatan lebih baik dibandingkan mobil lawas atau jaman baheula. Uji tabrak ini membuktikan bahwa meskipun material mobil sekarang ini banyak orang bilang menurun, namun ternyata memiliki tingkat efisiensi yang tinggi.

Baca Juga: Inilah Mobil-mobil Super di Film Fast and Furious 7

Terbukti dengan kerusakan yang ditimbulkan dari kedua mobil lintas generasi tersebut. Video ini dibuat hanya untuk membuktikan bahwa persepsi kebanyakan orang mengenai material yang dipergunakan di mobil lawas lebih kuat dibandingkan mobil baru yang terkesan seperti kaleng. Namun ternyata persepsi kebanyakan orang tersebut salah. Silakan menilai sendiri setelah melihat hasil dari uji tabrak di video di atas. Don’t try this at home ya guys.

Comments

comments