Wangi minyak telon memang identik dengan bayi. Nggak semenusuk minyak kayu putih tapi sama khasiatnya, minyak telon pun sering dibalurkan buat menghangatkan kulit batita. Sepertinya tak ada yang tidak menyukai aroma khas bayi. Harum tubuhnya terasa segar dan lembut. Aroma tubuh bayi yang khas itu bersumber dari minyak telon, yang kerap digosokkan pada tubuh bayi seusai mandi di pagi dan sore hari. Kebiasaan menggosokkan minyak telon ini boleh dibilang merupakan tradisi turun temurun dari zaman kecil.

Minyak telon (dari bahasa Jawa telu, tiga) adalah minyak yang sering dibalurkan pada tubuh bayi dengan campuran dari minyak adas, minyak kayu putih, dan minyak kelapa dalam kadar yang berbeda-beda. Komposisi yang biasa dipakai adalah 3:3:4. Minyak kelapa berfungsi sebagai pelarut. Beberapa produsen masa kini mengubah komposisi (misalnya 2:2:6), menambah komponen lain sebagai campuran, seperti minyak lavender, atau mengganti minyak kelapa dengan minyak lain, seperti minyak zaitun. Harga minyak telon mulai dari harga Rp 10.000 – Rp 50.000 semua tergantung dengan besar kecilnya ukuran minyak telon yang dibeli. Minyak telon juga sangat membantu pada saat musim hujan karena minyak telon dapat membuat tubuh anak bayi atau anak menjadi lebih hangat.

Komposisi Minyak Telon

Minyak telon telon merupakan campuran minyak adas, minyak kelapa, dan minyak kayu putih dengan masing- masing fungsi sebagai berikut:

  •  Minyak Adas

Adas (Foeniculum vulgare Mill) adalah tumbuhan obat dari keluarga Apiacea. Minyak adas (oleum foeniculi, fennel oil) dibuat dari penyulingan buah adas. Adas mengandung minyak atsiri 1 – 6%, terdiri dari 50 – 60% anetol, lebih kurang 20% fenkon, pinen, limonen, dipenten, felandren, metilchavikol, anisaldehid, asam anisat, dan 12% minyak lemak.

Kandungan anetol yang menyebabkan adas memiliki aroma yang khas, sehingga para ibu sering menyebutnya ‘wangi bayi’.

Adas bermanfaat untuk mengobati sakit perut (mulas), perut kembung (karminatif), rasa penuh di lambung, mual, muntah, dan diare. Selain itu manfaat adas lainnya adalah untuk pengobatan batuk berdahak, asma, nyeri haid dan melancarkan ASI.

  • Minyak Kayu Putih

Kandungan dalam minyak kayu putih antara lain caryophyllene, alpha dan betha pinene, limonene, terpineol dan myrcene. Nilai ORAC-nya 37.600 µTE/100g. Minyak kayu putih telah lama digunakan untuk mengatasi rematik, flu dan sinusitis. Dalam ilmu pengobatan kuno India (Ayurveda), minyak kayu putih dipakai untuk meredakan sakit otot, infeksi saluran kemih, gigitan serangga, infeksi telinga sampai kram perut.

  • Minyak Kelapa

Minyak kelapa sering digunakan untuk melembutkan kulit dan mengangkat kerak di kulit kepala bayi. Minyak ini masuk kelompok fixed oil, atau yang tidak gampang menguap oleh panas. “Minyak kelapa dijadikan carrier (pembawa) bagi minyak-minyak lain dalam minyak telon, karena tidak mudah menguap, dan menempel di kulit,” papar Dahlia Yolanda, Senior Brand Development Manager My Baby, pada acara peluncuran My Baby Minyak Telon Plus. Minyak ini berfungsi sebagai pelembab, agar kulit bayi tidak teriritasi minyak kayu putih pada minyak telon.

Khasiat Minyak Telon

Minyak telon bermanfaat untuk mencegah dan mengobati perut kembung pada bayi dan memberikan rasa hangat pada bayi. Selain itu minyak telon dapat meringankan gejala kolik/ mulas pada bayi.

Cara Pemakaian

Minyak telon dioleskan pada dada, perut, punggung, dan telapak kaki bayi. Sebaiknya digunakan setelah mandi, saat udara dingin, atau bila dianggap perlu. Setelah dioleskan ibu dapat melakukan belaian atau pijatan ringan pada bayi. Dengan pijatan ini dapat tercipta ikatan kasih sayang ibu-bayi, memberi kehangatan bayi, memberi rasa aman bayi dan masih banyak manfaat lainnya untuk kesehatan bayi. Para penjual minyak telon selalu memberikan pilihan dan aroma terbaik sesuai dengan kesukaan para ibu sampai khasiat minyak telon itu seperti anti gigitan serangga ( nyamuk )

Minyak telon, sesuai dengan arti kata “telon” dalam bahasa Jawa yaitu tiga, adalah minyak gosok yang terdiri atas campuran tiga jenis minyak. Ketiga minyak tersebut adalah minyak adas (Oleum Foeniculi), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), dan minyak kelapa (Oleum Cocos). Komposisi ketiganya harus tepat agar khasiatnya terasa tetapi tidak membuat bayi merasa panas di bagian kulitnya dan tidak menyebabkan iritasi.

Pijat bayi juga bermanfaat untuk merangsang kerja saraf motorik, memperbaiki pola tidur, membantu pencernaan, melenturkan otot, dan meningkatkan kestabilan emosi bayi. Itulah sederet khasiat minyak telon yang sangat berharga bagi bayi dan orangtua. Mencium aromanya pada tubuh bayi membuat ayah dan ibu jatuh cinta kepada si kecil untuk kesekian kali.

Baca Juga >> Makanan Terbaik Untuk Buah Hati Di Milna’in Aja

Sekarang ilmu bunda untuk sang buah hati semakain bertambah yah dengan info seputar minyak telon ini, selain bisa membeli minyak telon di toko atau supermarket minyak telon juga bisa kamu dapatkan secara online dan dapatkan promo dan harga menarik setiap harinya. Jangan lupa kunjungi pricearea.com sebagai mesin pencari belanja nomer #1 di Indonesia dan rasakan sensasi belanja online yang seru setiap harinnya. Selamat berbelanja.

 

Summary
Description
Minyak telon, sesuai dengan arti kata “telon” dalam bahasa Jawa yaitu tiga, adalah minyak gosok yang terdiri atas campuran tiga jenis minyak. Ketiga minyak tersebut adalah minyak adas (Oleum Foeniculi), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi), dan minyak kelapa (Oleum Cocos).
Author

Comments

comments