Lenovo-Tablet-A8
Lenovo-Tab-A8 | Sumber: http://shop.lenovo.com/

Pilihan warna yang beragam dan nyentrik dipilih oleh Lenovo untuk membingkai tablet (http://www.pricearea.com/harga/komputer/tablet) anyarnya yang dinamai Lenovo Tab A8. Adanya rangkaian warna ini ditujukan untuk para anak muda, karena pihak Lenovo sendiri lebih menargetkan Tab A8 untuk mereka. Tak sampai itu saja, masih ada daya tarik satu lagi yang dimilikinya, yaitu pada desain yang sedikit berbeda dengan tablet lainnya. Ukuran bentang layarnya yang 8 inchi dengan resolusi HD+ juga makin menambah sisi positif dari tablet ini.

Lalu, apa hanya tampilannya saja yang menjadi kelebihan Lenovo Tab A8? Jawabannya ada di bawah ini:

  1. Pilihan Warna Beragam

Meski secara keseluruhan sebenarnya tak ada perbedaan yang besar antara tablet Lenovo (http://www.pricearea.com/result/tablet+lenovo) seharga Rp 2,5 juta ini dengan kebanyakan tablet lain, tapi Lenovo sedikit menyegarkannya lewat pemilihan warna cerah yang terdiri dari midnight blue, canary yellow, flamenco red, dan putih. Jadi konsumen tidak akan bosan dengan warna yang itu-itu saja.

 

  1. Desain yang Nyaman Digenggam

Posisi tombol-tombolnya serupa dengan tablet pada umumnya yang terletak di sisi kanan saling berdampingan antara tombol power dan volume. Sedangkan slot kartu SIM dan micro SD berada di sisi sebelahnya yang ditutupi oleh penutup kecil yang bisa dibuka tutup. Begitu pula dengan penempatan kamera di sisi belakang kanan atas dan kamera depan yang berlokasi di kiri atas, sama dengan kebanyakan tablet di pasaran.

Ada yang membuatnya tampak lain, yakni speaker stereo yang menghiasi bagian depan atas dan bawah yang membuat Tab A8 sedikit lebih baik, meski sekilas malah membuatnya terlihat seperti sebuah phablet yang berukuran sangat besar. Untuk mendongkrak kualitasnya, Lenovo sudah membenamkan aplikasi Dolby yang di dalamnya diisi berbagai parameter audio yang dapat dipilih yakni Movie, Music, Game, dan Voice.

Hal yang disayangkan adalah Lenovo belum mau menggunakan material alumunium pada tablet ini. Padahal di rentang harga yang sama, banyak produsen ponsel lokal yang produknya juga berasal dari China, telah mengaplikasikan material lebih terlihat berkelas. Namun dibanding merek lokal, bisa dibilang Tab A8 memang lebih baik berkat nama besar Lenovo sendiri. Ditambah lagi secara keseluruhan build quality nya juga masuk kategori ‘pantas dibayar’.

 

  1. Tampilan Menu ala iOS

Lenovo Tab A8 dibekali Android (http://www.pricearea.com/harga/handphone/handphone?operating-system=android) 4.2 Jelly Bean dengan tampilan yang dikustomisasi ala iOS. Tak ada tampilan home, jadi untuk mengakses aplikasi Anda tinggal menggeser layar ke kiri untuk mencari aplikasi yang diinginkan. Namun harus diakui kalau tampilan layarnya memang terbilang tajam dengan objek yang ada dalam layar seperti ikon dan yang lainnya terlihat lebih enak dipandang.

Lenovo juga secara cerdas mengombinasikan tampilan layar Tab A8 yang tajam dengan wallpaper bawaan dan warna ikon aplikasi yang cerah. Kelebihan lainnya adalah fitur bertajuk smart side bar dimana Anda bisa langsung mengakses berbagai aplikasi favorit dengan menggeser bagian kiri layar. Di dalamnya juga terdapat pilihan display setting yang menyesuaikan pilihan Anda, yakni standar, multimedia, dan membaca. Selain itu Lenovo telah menyertakan aplikasi bernama SHAREit yang memudahkan pengguna untuk berbagi file dengan perangkat lainnya lewat jaringan WiFi atau Bluetooth.

 

  1. Gudang Penyimpanan yang Lega
Slot-Memori-Card-dan-SIM-Card
Slot-Memori-Card-dan-SIM-Card | http://www.gottabemobile.com/

Jeroannya tak jauh berbeda dengan produk sekelas yang berada di rentang harga sama. Tablet ini dibekali prosesor quad core 1,3 GHz dan ditopang dengan besaran RAM 1 GB. Namun dibandingkan tablet lainnya yang menempati segmen yang sama, memori internal Tab A8 lebih besar dengan kapasitas 16 GB. Pengguna juga masih dapat meningkatkannya melalui slot micro SD yang tersedia.

Sesuai namanya, gadget tersebut memiliki bentang layar sebesar 8 inch yang menawarkan resolusi HD+ yakni 1280×800 pixel. Resolusi layar tersebut terbilang terbaik di kelasnya mengingat banyak tablet lain yang masih berkutat pada resolusi 1024×768 pixel. Kamera belakang 5 MP dan kamera depan 2 MP memang tak terlalu spesial, karena tablet memang tak dibuat untuk berfoto ria, melainkan hanya bersifat sebagai pelengkap.

 

  1. Kinerja Lumayan

Mengenai masalah kinerja, cara yang aling gampang untuk membuktikan adalah dengan menggunakan aplikasi benchmark seperti AnTuTu dan 3DMark. Keduanya menggunakan pengetesan berbasis sintetik yang meniru penggunaan sehari-hari.

Berdasarkan pengujian AnTuTu, skor yang diraih terbilang lumayan dengan hasil sebesar 16370 poin. Dibandingkan tablet sekelasnya, raihan tersebut memang sedikit unggul meski tak terlalu berselisih jauh. Rata-rata tablet sekelasnya menorehkan skor di kisaran 13 ribuan poin. Sementara pengujian menggunakan 3DMark yang menguras lebih besar resources prosesor dan grafis, Tab A8 cukup kewalahan karena hanya mampu menghasilkan skor 2812 poin.

Walaupun begitu, 3DMark melabeli skor yang diraih tablet ini dengan predikat ‘recommended’. Namun sebaiknya Anda jangan terlalu berharap banyak saat memainkan game berkategori berat karena tingkat frame per second (fps) yang disanggupinya hanya berada di kisaran belasan, meski bila menemui adegan yang tak terlalu ‘ramai’ raihannya bisa tembus 20-an fps.

 

Secara keseluruhan, dengan harga Rp 2,5 juta artinya Lenovo Tab A8 memasuki segmen menengah. Untungnya tablet tersebut memiliki sejumlah kelebihan yang membuatnya dilirik, yakni pilihan warna-warna cerah meski secara performa tergolong biasa-biasa saja. Kelebihan lainnya adalah resolusi layar HD+ yang memang masih jarang ditawarkan oleh tablet sekelasnya, serta kehadiran speaker stereo.

Sedangkan daya tarik di sisi aplikasi adalah SHAREit dan Dolby. Untuk Dolby, Lenovo boleh dibilang unggul karena memang belum banyak yang menawarkan fitur audio enhancement tersebut. Jadi kesimpulannya, gaya nyentrik Tab A8 memang menjadi daya tarik tersendiri, termasuk build quality yang ditawarkannya. Namun bila mencari yang berperforma gahar, Anda belum bisa mendapatkannya di sini, sebab kinerjanya masih berada di level tablet kelas menengah yang performanya rata-rata nanggung.

Sebagai ringkasan, ini dia spesifikasi lengkapnya:

  • Prosesor quad core MediaTek MT8382 1,3 GHz Cortex-A7
  • RAM 1 GB
  • Memori Internal 16 GB
  • Layar 8 inch 1280×800 pixel 189 ppi (pixel per inch)
  • Kamera utama 5 MP, kamera depan 2 MP
  • Baterai 4200 mAh
  • Fitur Dolby Audio
  • Jaringan 3G/HSDPA/HSUPA
  • WiFi, Bluetooth 4.0, GPS

Comments

comments