Batu Cincin Ridwan Kamil – Dibalik sosoknya yang sangat bersahaja, Walikota Bandung ini ternyata menyimpan segudang kisah unik di perjalanannya sebagai seorang Walikota. Belum lama ini tren batu akik kembali booming. Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil ternyata juga diam-diam terhanyut ke euforia tren dari batu akik tersebut.

Keunikan Batu Cincin Ridwan Kamil

Batu akik yang dia miliki tergolong unik. Jika pejabat-pejabat lainnya menggunakan batu akik supaya tampak mentereng dan terkesan mewah, hal ini tidak terbersit di benak Emil. Beliau justru memiliki batu akik yang cenderung memiliki harga yang sangat miring.  Batu akik yang dimilikinya adalah batu akik berwarna hitam yang dibelinya dengan harga Rp 250.000. Dengan harga semurah itu, tentunya Emil tidak akan mengganggu finansial rumah tangganya.

 Batu Cincin Ridwan Kamil

Pada awalnya beliau juga tidak mengetahui jenis batu yang ia pakai tergolong pada batu akik jenis apa. Namun setelah ditanyakan kepada ahli batu, ternyata batu hitam yang dipakainya adalah batu Onyx hitam. Ridwan Kamil sengaja memilih batu berwarna hitam itu karena ia sering mengenakan pakaian berwarna gelap. Oleh karenanya, dipilihlah batu berwarna hitam sebagai salah satu fashion pria yang cocok dikenakan di jarinya. Batu berwarna hitam juga cenderung tidak akan mencolok mata jika dibandingkan dengan warna lainnya dan dapat dipadukan dengan sangat baik dengan warna lain.

 Batu Cincin Ridwan Kamil

Emil menyenangi batu ini bukan karena harga atau kelangkaannya, melainkan dari bentuk dan ukirannya yang dibilang unik. Batunya yang berukuran kecil jadi terlihat simple. Dia juga tidak begitu mempedulikan batuan jenis apakah yang dipakai pada cincin tersebut. Bahkan jika tidak diberi tahu oleh sang ahli batu, mungkin Walikota Bandung ini tidak akan mengetahui jenis batu akik apakah yang dikenakannya tersebut.

 Batu Cincin Ridwan Kamil

Berbeda dengan cincin yang secara khusus dibuat untuk sebagai souvenir pada acara Konferensi Asia Afrika yang ke 60 tahun kemarin, batu yang dikenakan oleh Ridwan kamil ternyata jauh lebih murah. Bahkan harga yang terpaut antara batu cincin milik Ridwan Kamil dengan batu cincin souvenir KAA adalah seperempat dari harga batu cincin yang digunakan sebagai souvenir tersebut.

Baca Juga: Sejarah Batu Cincin Kepunyaan Bung Karno

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa beberapa saat lalu sempat terjadi adu pendapat antara Ridwan Kamil dengan warga Bandung yang mengusulkan menggunakan batu cincin asli Garut Jawa Barat sebagai souvenir KAA tersebut. Namun ternyata Emil memiliki pemikiran lain. Daripada harus mengeluarkan uang lebih hanya untuk souvenir belaka, lebih baik jika uang itu dialihfungsikan ke hal yang jauh lebih bermanfaat. Kebetulan saat itu ada pengusaha batu cincin yang rela memberikan batu cincin miliknya sebagai bentuk support atas apa yang dilakukan pada KAA 2015 kemarin. Dengan adanya Hibah ini, tentu saja nilai APBN dan APBD tidak akan terganggu. Batu cincin yang digunakan adalah berjenis Batu Biru Baturaja.

 Batu Cincin Ridwan Kamil

Tentunya untuk ikat emban pada batu ini nantinya baru akan dibuatkan oleh warga Bandung yang terbuat dari Perak. Cincin yang dipergunakan untuk souvenir ini rencananya akan dibuat 2 jenis yakni untuk laki-laki dan perempuan. Untuk versi laki-laki nilainya setara dengan 1 juta rupiah. Terpaut cukup jauh bukan dari cincin Ridwan Kamil sendiri yang hanya berharga Rp 250.000 saja.

Comments

comments