Mobil kepresidenan Presiden Joko Widodo saat ini menggunakan mobil sedan bermerk Mercedes Benz tipe S-600 Pullman Guard. Presiden Jokowi selalu menggunakan mobil kedinasannya ini di setiap menjalankan aktifitasnya sehari-hari. Hal ini dikarenakan sistem keamanan dan juga kenyamanan mobil ini yang menjadi prioritas utama Presiden dalam beraktivitas.

Namun, saat ini telah hadir versi terbaru dari mobil kedinasan Presiden Jokowi ini. Mobil versi lamanya pernah juga kami ulas disini: Canggihnya Mobil Pelindung Presiden Jokowi. Mobil besutan Jerman ini sudah mulai dipamerkan di Geneva Motor Show 2015. Mobil Mercedes Benz versi terbaru ini diberi nama Mercedes Maybach S600 Pullman. Sejatinya mobil ini memiliki spesifikasi dan bentuk yang hampir sama dengan versi terdahulunya. Hanya terdapat beberapa perbedaan atau facelift pada body mobil ini. Selain itu ada satu perbedaan mencolok dari mobil Presiden versi terbaru ini. Wheelbase atau sumbu roda mobil baru ini yang jauh lebih panjang daripada versi lama. Mobil ini masuk ke kategori mobil Limousin yang memiliki dimensi panjang dan dapat mengangkut hingga 6 penumpang sekaligus.

Mobil Kepresidenan
Mobil Kepresidenan Jokowi Versi Terbaru

Mobil sepanjang 6.4 meter ini dilansir memiliki wheelbase sepanjang 4.418 milimeter. Dimensi mobil ini lebih panjang dibandingkan dengan mobil versi sebelumnya yang hanya sepanjang 1.053 milimeter saja. Interior mobil ini juga memiliki konfigurasi tempat duduk 2+2+2 dengan empat pintu. Sudah dapat dipastikan setiap orang yang menaiki mobil ini akan merasa sangat nyaman dikarenakan oleh dimensi dan juga kualitas mobil yang sangat baik. Selain nyaman, mobil Mercedes Benz versi terbaru ini juga memiliki tingkat keamanan kelas atas. Sebut saja body mobil ini yang menggunakan material baja sebagai material utama pembentuk body. Tidak heran jika bobot dari mobil ini membengkak hingga mencapai 5,3 ton.

Mobil Kepresidenan

Keamanan memang menjadi syarat utama mobil ini. Mobil ini memiliki sertifikasi resistensi dari Eropa B6/B7 yang membuat mobil ini tahan terhadap senjata standar, granat, serta peledak ringan lainnya. Mobil in ijuga dilengkapi dengan ban yang tetap mampu berjalan sejauh 60 Km meskipun tanpa udara sekalipun. Di segi interiornya, mobil ini juga dilengkapi dengan perangkat sonar inframerah yang memungkinkan sopir tetap dapat melihat meskipun di kegelapan total.

Terdapat juga panic alarm dan juga kaca depan dan belakang tahan panas yang dapat melindungi penumpang. Selain itu keempat pintu mobil ini juga dilengkapi dengan adjustable doorhold. Kesemua fitur itu sudah terdapat pada Mercedes benz S-600 Pullman Guard versi lawas. Tentunya di versi terbaru ini kemampuan perlindungannya pastilah ditingkatkan kembali.

Mobil Kepresidenan Jokowi Sekarang

Untuk menyeimbangkan dengan bobotnya yang sangat berat, mobil ini dibekali dengan dapur pacu yang sangat mumpuni. Mesin twin turbo berkonfigurasi V12 berkapasitas 6.0 liter ini sanggup menghasilkan tenaga hingga 530 tenaga kuda, dan torsi sebesar 830 Nm (612 lb-ft). Sayangnya, seperti yang sudah dilansir oleh Viva, bahwa mobil ini baru akan mulai dipasarkan pada tahun 2016 mendatang, sehingga spesifikasi lengkap mengenai mobil ini belum resmi keluar.

Mobil Kepresidenan Jokowi

Harga mobil ini tentunya sangat fantastis. Rencananya mobil kepresidenan Presiden Jokowi versi terbaru ini kaan dijual dengan kisaran harga sekitar US $ 570.465. Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 12.987 per dollar, maka harga mobil baru 2015 ini bisa mencapai Rp 7.4 miliar. Akankah Presiden Jokowi mengupgrade mobil kepresidenannya dengan mobil versi terbaru ini? Kita nantikan saja di tahun 2016 mendatang.

Comments

comments