Masker N95 saat ini menjadi salah satu benda yang banyak dicari oleh masyarakat, pasalnya masker yang satu ini memang telah terbukti mampu memberikan perlindungan cukup kuat dari serangan partikel-partikel polusi dan juga virus yang bertebangan di udara. Karenanya ditengah penyebaran Covid 19 yang merajalela seperti saat ini, banyak orang yang membutuhkan masker ini.

Mulanya sebagaimana yang diketahui bahwa masker N95 merupakan masker yang juga memiliki sebutan sebagai masker anti polusi. Hal tersebut dikarenakan masker ini memang mampu melindungi penggunanya dari paparan polusi, asap kendaraan bermotor, maupun debu jalanan. Namun ditengah merebaknya virus corona banyak orang menggunakan masker ini sebagai “penangkal” virus.

Mengenal  Fungsi Masker N95?

Saat ini ditengah masyarakat memang tengah beredar begitu banyak jenis masker, mulai dari masker kain, masker bedah, dan juga masker dan juga masker respirator. Lalu apa bedanya masker respirator dengan masker lainnya? Masker jenis ini dikenal pula dengan nama N95 yang mana memiliki fungsi khusus untuk melindungi mulut dan hidung.

Fungsi utama masker yang menutupi hidung dan mulut memang bertujuan agar polusi, debu dan juga berbagai jenis virus seperti Covid 19 dan lainnya tidak bisa masuk kedalam tubuh pemakaiannya. Sebagaimana namanya dan juga riset yang telah dilakukan bahwa masker jenis dipercaya mampu menyaring setidaknya 95% partikel yang berukuran sangat kecil (0,3 mikron).

Melihat kemampuan dari masker N95 ini maka tidak heran jika saat ini ditengah kekhawatiran masyarakat akan serangan  Covid 19 mereka memilih untuk berbondong-bondong mencari masker jenis ini. Virus corona memang merupakan jenis virus yang cara penularannya amat cepat, yakni hanya melalui droplets yang masuk melalui mulut, hidung, dan mata.

melihat cara penyebaran virus corona yang ada maka salah satu cara antisipasi yang bisa dilakukan adalah dengan menutup jalan masuk virus kedalam tubuh menggunakan masker respirator. Karenanya saat diluar ruangan atau di tempat ramai kami menyarankan agar Anda menggunakan masker jenis ini, selama masa pandemi ini.

Meskipun memiliki fungsi yang cukup menjanjikan, akan tetapi harus diketahui bahwa masker respirator ini tetap saja tidak mampu melindungi penggunanya dari uap kimia, karbon monoksida, timah, gas, bensin, ataupun lingkungan-lingkungan yang memiliki kadar oksigen terbilang rendah. Karenanya saat menghadapi kondisi-kondisi tersebut Anda tidak bisa mengandalkan masker ini.

Berbeda dengan jenis masker lain yang tidak memiliki ukuran spesifik dengan bentuk mulut dan hidung, masker N95 memiliki ukuran untuk menutupi hidung dan mulut yang telah disesuaikan sehingga kemungkinan untuk terpapar virus ataupun polusi memang jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan menggunakan masker biasa.

Baca Juga >> Face Shield Jadi Salah Satu Alat “Tangkal” Corona

Beginilah Cara Memakai Masker N95

Satu hal yang harus Anda ketahui bahwa dalam memakai masker respirator ini Anda tidak boleh melakukannya dengan sembarangan, pasalnya jika tidak menggunakannya sesuai aturan maka Anda tidak akan sia mendapatkan manfaat yang maksimal dari masker ini, karenanya silahkan simak beberapa hal dibawah ini :

  1. Anda harus mematikan bahwa masker yang akan dipakai memiliki ukuran yang cocok dengan ukuran wajah Anda, jangan sampai terlalu kecil ataupun terlalu besar, ini juga demi kenyamanan dalam pemakaian.
  2. Bersihkan tangan menggunakan sabun maupun handsanitizer sebelum menggunakan masker.
  3. Jika masker N95 milik Anda adalah jenis karet maka tinggal kaitkan karet pada kedua daun telinga. Namun jika jenis masker tersebut adalah tali maka letakan garis kawat tepat diatas hidung, setelahnya langsung ikat tali dibagian belakang kepala sisi atas. Jika telah selesai pastikan untuk menarik masker bagian depan hingga menutupi dagu.
  4. Anda harus memastikan bahwa seluruh masker menempel dengan benar, dan tidak ada celah yang terbuka.

Comments

comments