Menggunakan asuransi mobil menjadi salah satu pilihan terbaik untuk melindungi mobil dari berbagai risiko di jalan, dari mulai terserempet, tergores, atau risiko tabrakan. Yah berbagai risiko tersebut tidak bisa diprediksi karena kemungkinan bisa terjadi kapan saja. Terutama bagi Anda yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta yang senantiasa merasakan padatnya kendaraan bermotor di jalan raya.

Apakah asuransi mobil yang Anda miliki sudah dirasa cukup untuk melindungi kendaraan Anda dari kemungkinan risiko di atas? Bagaimana jika Anda mengalami kejadian yang diakibatkan dari kerusuhan atau yang bersifat bencana alam? Apakah asuransi miliki Anda dapat meng-covernya? Hal ini patut dipertanyakan, maka dari itu. Yuk, kenali terlebih dahulu jenis jaminan dan perluasan asuransi mobil agar Anda tidak salah memilih asuransi mobil.

• Saat memutuskan untuk membeli asuransi kendaraan, ada banyak pilihan jaminan dan perluasan yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Pastikan bahwa jenis jaminan dan perluasan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan.

• Untuk asuransi mobil, terdapat 2 jenis jaminan yang dapat dipilih: Comprehensive dan Total Loss Only.

• Jaminan Comprehensive adalah jaminan asuransi yang mencangkup pertanggungan atas kerusakan sebagian maupun kerusakan total atau kehilangan. Dengan jaminan ini, kerusakan kecil seperti lecet atau penyok pada badan kendaraan dapat diklaim dan ditanggung oleh pihak asuransi.

Masyarakat umum biasa menyebut jenis asuransi Comprehensive dengan sebutan jenis asuransi All-risk namun sebenarnya perbedaannya adalah asuransi mobil comprehensive merupakan jenis penutupan asuransi yang menjamin risiko yang telah disebutkan sebagaimana tertera di dalam Polis Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia, seperti benturan, tabrakan, terbalik, tergelincir, pencurian, serta kebakaran, baik untuk kerugian sebagian maupun kerugian total.

Dalam asuransi mobil comprehensive ini disebutkan apa yang dijamin dan dikecualikan. Sedangkan asuransi all risk hanya menyebutkan pengecualiannya saja sehingga asuransi akan menjamin semua kerugian kecuali memang ada ketentuan-ketentuan yang harus dikecualikan.

• Selain jaminan Comprehensive, ada juga jaminan Total Loss Only (TLO). Jenis jaminan ini hanya menanggung kerusakan parah, yaitu kerusakan yang nilainya lebih dari 75% dari harga pertanggungan atau kehilangan. Premi jenis jaminan ini jauh lebih murah dibandingkan dengan jaminan Comprehensive, namun hal ini dikarenakan TLO tidak mengganti rugi kerusakan yang nilainya lebih kecil dari 75%.

• Selain dua jenis jaminan ini, asuransi juga memiliki berbagai jenis perluasan yang dapat dipilih setelah menentukan jenis jaminan yang diinginkan. Umumnya, ada 7 jenis perluasan yang ditawarkan oleh pihak asuransi, yaitu perluasan Derek, Bengkel Resmi, Banjir, Huru-hara, Gempa, Tanggung Jawab Hukum pihak ke-3 (TJH) atau Third Party Liability (TPL), dan Kecelakaan Diri atau Personal Accident (PA).

• Dengan perluasan derek, Anda tidak perlu khawatir lagi bila suatu saat terjadi kerusakan yang menyebabkan kendaraan berhenti di tengah jalan, karena pihak asuransi akan mengirimkan derek untuk membawa kendaraan ke bengkel rekanan terdekat atau mengganti rugi biaya yang dikeluarkan untuk derek jika daerah dimana terjadinya kerusakan diluar wilayah operasional derek asuransi.

• Dengan perluasan Bengkel Resmi, Anda dapat melakukan klaim dan mendapatkan perbaikan langsung dari bengkel resmi mobil Anda.

• Dengan perluasan Banjir, kerusakan kendaraan akibat banjir atau genangan air, badai, angin topan, tanah longsor, dan hujan es dapat ditanggung oleh asuransi.

• Dengan perluasan Huru-hara, kerusakan akibat kerusuhan, pemogokan, penghalangan, tawuran, huru-hara, pembangkitan rakyat atau revolusi tanpa senjata api dapat ditanggung oleh asuransi.

• Dengan perluasan Gempa Bumi, kerusakan akibat gempa, tsunami, dan letusan gunung berapi dapat ditanggung oleh asuransi.

• Dengan perluasan TJH atau TPL, pihak asuransi akan menanggung kerugian yang dialami oleh pihak ketiga akibat kendaraan Anda yang sudah terjamin di dalam polis. Ketika memilih perluasan ini, Anda dapat mendiskusikan terlebih dahulu dengan pihak asuransi Anda untuk jumlah maksimal yang akan ditanggung oleh pihak asuransi.

• Dengan perluasan Personal Accident / PA, cidera badan atau hilangnya nyawa akibat kecelakaan dalam kendaraan yang telah tercantum dalam polis dapat ditanggung oleh asuransi sesuai dengan nominal yang telah disepakati.

Jaminan dan Perluasan Asuransi Terlengkap Bersama RaksaOnline
Apakah semua jenis jaminan dan perluasan di atas bisa kita nikmati? Yah, di RaksaOnline kami menawarkan semua jenis jaminan dan perluasan tersebut dengan melakukan simulasi premi di raksaonline.com, kemudian menentukan jenis jaminan dan perluasan untuk kendaraan Anda menjadi semakin mudah, karena Anda akan dapat langsung mengetahui perkiraan harga premi sesuai dengan apa yang Anda pilih.

Tak hanya itu saja, setelah melakukan simulasi premi, marketing kami akan segera menghubungi Anda dalam waktu 1 x 24 jam dan akan menuntun Anda dalam seluruh proses penutupan asuransi. Ketika Anda melakukan klaim, Personal Assistant kami juga akan selalu menginformasikan Anda mengenai progres perbaikan kendaraan dari awal masuk bengkel hingga mobil selesai diperbaiki. Terlebih lagi, jika mobil Anda rusak di tengah jalan, cukup hubungi hotline kami di (021)722-6865 atau 0858 8555 8555. Layanan Emergency Quick Service dan derek kami akan selalu siap membantu, jadi Anda tidak perlu khawatir lagi ketika berkendara.

Baca Lainnya: Kenapa Harus Berasuransi di RaksaOnline?

Pilih Asuransi Mobil yang Tepat
Bagaimana apakah Anda sudah cukup dengan asuransi mobil yang Anda miliki sekarang? Itu dia berbagai hal tentang jenis jaminan dan perluasan asuransi mobil yang bisa Anda jadikan referensi untuk menambah fitur jaminan pada mobil Anda. Nah, jika Anda ingin lebih instan bergabunglah bersama raksaonline.com. Anda bisa menikmati semua jaminan dan perluasan kendaraan lebih lengkap, praktis dan cepat.

Summary
Mengenal Jenis Jaminan dan Perluasan Asuransi Mobil. Berkendara Pun Jadi Lebih Nyaman
Article Name
Mengenal Jenis Jaminan dan Perluasan Asuransi Mobil. Berkendara Pun Jadi Lebih Nyaman
Description
Bagaimana apakah Anda sudah cukup dengan asuransi mobil yang Anda miliki sekarang? Itu dia berbagai hal tentang jenis jaminan dan perluasan asuransi mobil yang bisa Anda jadikan referensi untuk menambah fitur jaminan pada mobil Anda
Author

Comments

comments