Operating system Android menjadi pilihan sebagian besar pengguna gadget untuk beraktivitas dalam dunia maya. Dibandingkan dengan operating system lainnya, Android memang yang terfavorit karena memiliki banyak varian jenis, harga, dan banyak aplikasi gratis.

Browsing, chatting, email, ataupun bermain online game bisa dilakukan dengan Android. Jadi penggunaannya sudah hampir menggantikan fungsi komputer atau laptop. Ini disebabkan oleh kepraktisannya untuk bisa dibawa ke mana saja (portable) untuk mendukung kerja, belajar, atau sekedar mencari hiburan.

Ilustrasi Koneksi Internet Android
Ilustrasi Koneksi Internet Android

Android juga didukung oleh puluhan browser yang menawarkan kecepatan loading Web serta kompresi data. Hanya saja tak banyak pengguna yang berpikir untuk menggunakan alternatif browser yang tersedia gratis di google Play. Kebanyakan dari mereka masih mengandalkan browser bawaan Android yaitu Google Chrome, padahal Google Chrome sendiri bukanlah browser terbaik untuk Android. Chrome masih dianggap lambat karena seperti membawa web ke tampilan Android tanpa adanya kompresi. Hal tersebut seringkali membuat koneksi internet terasa lambat.

Untuk mempercepat koneksi internet di Android, terutama yang masih mengandalkan Google Chrome, sebenarnya ada cara untuk menyiasatinya. Dikutip dari Android Beat, berikut ini trik mempercepat koneksi internet di Android dengan melakukan beberapa pengaturan:

  1. Ketik pada addres bar browser chrome Android sebagai berikut “chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area” .
  2. Kemudian akan muncul jendela pengaturan seperti di gambar di bawah ini

Maksimalkan-Internet-Android
Maksimalkan-Internet-Android | http://www.begawei.com/
  1. Pengaturan tersebut memungkinkan pengguna untuk menggunkan RAM secara maksimal. Secara default pengaturannya hanya 64 MB, tapi Anda bisa meningkatkannya hingga 512 MB sehingga kecepatan membuka web di chrome juga akan meningkat.
  2. Setelah langkah tersebut, ketik “chrome://flags/#enable-new-ntp” kemudian akan muncul lagi menu pengaturan seperti di bawah ini.

Maksimalkan-Internet-Android
Maksimalkan-Internet-Android | http://www.begawei.com/

Ternyata trik ini tidaklah rumit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Kalau begitu segera praktikkan cara ini agar mendapatkan koneksi yang ngebut, dengan koneksi yang semakin ngebut, sudah pasti penggunaan data akan lebih hemat. Selamat mencoba!

Comments

comments