Siapa saja senang dengan momen lebaran, dari mulai orang tua hingga anak-anak kecil. Tentunya tingkat kesenangan dan pemahamannya berbeda-beda. Jika orang dewasa senang karena mungkin dapat waktu libur yang panjang untuk berkumpul dengan keluarga, kesenangan anak beda lagi. Saat lebaran yang ditunggu-tunggu oleh anak yang masih kecil adalah angpau (hadiah uang) dari sanak famili dan juga baju baru. Ya, seakan sudah menjadi tradisi, baju baru adalah hal yang wajib ada saat lebaran.

Sebagai orang tua, anda pun pasti akan berpikir seribu kali kalau tidak membelikan baju baru untuk anak anda. Nah, bagi anda yang sudah punya rencana untuk berbelanja baju lebaran untuk anak, jangan sampai mereka kecewa dengan pilihan anda. Berilah anak tercinta dengan baju yang terbaik. Berikut ini tips memilih pakaian anak-anak untuk lebaran yang perlu anda perhatikan.

Memilih Pakaian Anak-anak untuk Lebaran

1. Perhatikan Warna Baju

pakaian anak-anak

Tips pertama dalam memilih pakaian anak-anak adalah memilih warna baju yang dipilih. Untuk anak, pilihlah baju dengan warna yang cerah. Biasanya anak-anak sangat suka dengan warna cerah, seperti biru, orange, merah, dsb. Jika anda ingin warna yang lebih netral, putih bisa menjadi pilihan yang tepat. Biasanya, saat lebaran, anda ingin tampil kompak dengan keluarga, termasuk juga sang anak. Oleh karena itu, pilihlah warna baju yang kira-kira matching dengan warna pakaian yang dikenakan ayah dan ibu. Selain itu, pemilihan warna juga bisa dilakukan dengan menyesuaikan warna kulit.

2. Memilih Baju yang Nyaman

Kenyamanan adalah salah satu yang terpenting ketika membeli pakaian anak-anak. Kita tahu, pada usia anak-anak (5 – 12 tahun) adalah masa-masa dimana pertumbuhan badan mereka sangat cepat. Jadi disarankan agar membeli baju lebaran untuk anak dengan ukuran yang sangat pas, apalagi lebih kecil dari badan anak anda sekarang. Alangkah baiknya membeli baju yang sedikit lebih longgar agar baju bisa dipakai untuk waktu yang lumayan lama. Tetapi jangan pula membeli yang terlalu longgar karena bisa terlihat buruk untuk anak anda. Selain itu pakaian terlalu longgar juga tidak nyaman untuk dipakai.

3. Aman Untuk Kulit Anak

Pakaian Anak-anak

Kulit anak-anak terkadang masih sensitif, terutama untuk anak yang masih di bawah 6 tahun. Untuk itu belilah pakaian anak yang terbuat dari bahan atau kain yang aman untuk anak anda. Dalam hal ini, bahan katun adalah yang terbaik untuk pakaian anak-anak. Bahan katun sangat lembut sehingga aman untuk kulit anak. Katun juga mampu menyerap keringat keringat sehingga anak tidak mudah terkena iritas pada kulit.

4. Sesuai Keinginan Anak

Pakaian Anak-anak

Pilihlah pakaian yang anak anda suka. Biasanya anak-anak sangat suka dengan baju yang bergambar menarik, misalnya gambar superhero untuk laki-laki dan bunga-bunga untuk yang perempuan. Belilah pakaian anak-anak dengan motif yang anak suka sehingga mereka juga akan senang memakainya. Akan tetapi, selain menuruti keinginan anak, faktor-faktor di atas juga harus diperhatikan, seperti keamanan dan kenyamanan. Jangan membeli baju yang bisa berbahaya untuk kulit dan tidak nyaman dipakai walaupun anak anda menyukainya. Sebagai orang tua, anda tentunya lebih tau untuk menyiasatinya.

5. Membeli Baju Sesuai Budget

Memperhatikan budget anda saat belanja pakaian itu sangat penting. Kebutuhan saat lebaran sangat banyak sehingga anda harus cerdas dalam membagi uang untuk keperluan ini dan itu. Manfaatkan momen diskon yang biasanya diselenggarakan di berbagai pusat perbelanjaan untuk dapat menghemat pengeluaran anda.

Baca Juga: 5 Tas Sekolah Anak yang lucu dan unik

Dengan memperhatikan beberapa hal di atas, baju lebaran untuk anak anda akan menjadi salah satu fashion yang sesuai dengan kepribadian anak. Tentunya anak akan semakin gembira sekaligus percaya diri dalam mengenakan pakaian yang secara khusus anda hadiahkan untuk mereka di hari kemenangan kelak.

Comments

comments