Mau Puas Belanja Online? Ini 10 Cara Yang Bisa Anda Lakukan
Ilustrasi Shoping Online | Sumber : http://www.expatliving.sg/

Belanja online memang telah menjadi bagian dari gaya hidup masa kini. Beragamnya produk yang ditawarkan secara online menjadi daya tarik tersendiri bagi para pebelanja online yang semakin hari semakin beragam pula kebutuhannya. Namun demikian, berbelanja online tidak selalu memberikan kepuasaan bagi para pebelanja tersebut. Berbagai alasan mendasari timbulnya kekecewaan bagi pebelanja online ini dari mulai kualitas produk hingga system pengiriman. Oleh karenanya, ada baiknya Anda mengikuti tips berikut ini supaya aktivitas belanja online Anda terasa lebih memuaskan.

Lakukan Riset Lebih Dahulu

Ada baiknya jika Anda terlebih dahulu melakukan riset mengenai produk yang ingin Anda beli. Lalu bagaimana cara melakukan riset tersebut secara efektif dan efisien. Cara termudah yang dapat Anda lakukan adalah dengan memanfaatkan peran social media untuk mendapatkan masukan-masukan mengenai barang tersebut dari orang-orang terdekat anda. Pin produk-produk yang ingin Anda beli ke Pinterest atau post pada social media seperti Path atau facebook. Dengan demikian Anda dapat mengetahui penilaian orang lain mengenai barang tersebut.

Kenali Penjual Saat Belanja Online

Mengetahui siapa pemilik toko online dan rekam jejak bisnis online nya sangat penting dilakukan apabila Anda ingin belanja online. Carilah penjual online yang memiliki akun resmi di media social karena dengan begitu Anda bisa membaca komentar pembeli lain mengenai penjual tersebut. Selain itu Anda juga bisa melakukan pencarian mengenai penjual tersebut, karena biasanya terdapat beberapa forum jual beli yang membahas mengenai penjual mana yang terpercaya maupun tidak. Akan lebih baik lagi apabila Anda mengunjungi situs-situs belanja yang menawarkan live chat sehingga anda dapat berinteraksi langsung dengan penjual tersebut.

Perhatikan Spesifikasi dan Foto Produk

Ketika berbelanja online Anda disarankan untuk memperhatikan foto dan spesifikasi barang yang ingin Anda beli yang biasanya tetera pada bagian keterangan mengenai produk itu. Dengan demikian, kemungkinan Anda kecewa akan tipis karena sebelumnya Anda telah mengetahui beberapa detail tentang barang yang ingin Anda beli seperti bahan, warna atau ukuran.

Perhatikan Testimony Pembeli Lain

Ketika berbelanja online Anda disarankan untuk membeli barang yang diiklankan pada situs yang menyediakan kolom komentar. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan review barang secara langsung dari pembeli sebelumnya mengenai kualitas barang. Perhatikan segala kelemahan dan keunggulan barang tersebut sebagai bahan pertimbangan Anda sebelum membelinya.

Gunakan Tool Belanja Social

Beberapa situs menawarkan fasilitas belanja online ini, diibaratkan Anda dapat belanja bersama dengan keluarga atau teman-teman Anda, sehingga Anda dapat meminta mereka mengomentari barang yang ingin Anda beli. Dengan begini Anda akan mendapatkan masukan bagus yang membantu Anda dalam memutuskan untuk membeli suatu barang.

Kunjungi Marketplace untuk Pilihan Produk

Marketplace online bisa dikatakan sebagai one stop shopping karena Anda dapat mengunjungi berbagai situs dalam satu waktu. Hal ini tentu saja cukup efektif dan efisien bagi Anda yang tidak punya banyak waktu untuk belanja online.

Manfaatkan Program Special

Situs-situs one stop shopping seringkali memberikan tawaran menarik yang cukup menguntungkan, seperti mendapatkan voucher gratis, insentif, cashback tambahan, discount, dll. Untuk itu tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan kesempatan ini untuk menghemat pengeluaran Anda untuk belanja online.

Periksa Jenis Pembayaran yang Ditawarkan

Bertransaksi pada aktifitas belanja online sering kali menjadi masalah tersendiri untuk beberapa orang dikarenakan dalam system ini pembeli dan penjual tidak benar-benar tau atau bertemu satu sama lain. Maka dari itu, pilihlah metode pembayaran yang Anda rasa cukup aman dan nyaman dilakukan. Hal ini tentunya akan mengurangi resiko penipuan yang bisa saja terjadi pada Anda.

Perhatikan Pilihan Jenis Pengiriman Barang

Ketika berbelanja online, tentunya Anda harus melewati proses pemilihan jenis pengiriman. Berbagai macam jenis pengiriman mungkin saja Anda temukan baik berdasarkan harga, kecepatan pengiriman, dan metode pengiriman. Pilihlah jenis pengiriman yang cukup Anda percayai dapat menjaga kualitas barang yang ingin Anda beli. Dengan demikian barang akan sampai dirumah Anda sesuai yang Anda harapkan.

Ketahui Aturan Pengembalian Barang

Ada baiknya Anda membeli barang di toko online yang memberikan penawaran pengembalian barang yang bagus. Hal ini penting dilakukan, jika terjadi kasus kerusakan barang atau barang yang dikirim tidak sesuai pesanan.

Tips-tips diatas diharapkan dapat membantu Anda supaya lebih puas dalam berbelanja online. Selamat Berbelanja…

Comments

comments