Dulu mobil bermesin diesel hanya terbatas pada mobil pengangkut barang saja. Namun, teknologi yang sudah berkembang ini akhirnya menerapkan mesin diesel pada kendaraan bertipe MPV, hatchback, sedan, dan SUV. Mendapat respons positif dan penerimaan di masyarakat membuat banyak produsen mobil kemudian menciptakan variasi mobil bermesin diesel yang beralasan diesel memiliki karakter torsi yang besar sejak putaran mesin rendah juga dapat menghemat konsumsi bahan bakar. Ini daftar mobil bekas mesin diesel yang bisa Anda miliki.

Mau Beli Mobil Bekas Mesin Diesel? Ini Daftar Pilihannya
Diesel-Indicator-Board

Kebanyakan orang lebih memilih untuk membeli mobil bekas daripada yang baru. Alasannya tentu saja karena lebih murah, walaupun ada kelemahan yang dibawanya yaitu performa dan penampilannya yang sudah sekinclong saat baru. Tapi asalkan Anda jeli untuk memilih mobil bekas yang masih berkualitas, Anda tidak akan merasa rugi. Kebetulan ada beberapa mobil second dari berbagai merk yang bisa direkomendasikan pada Anda. Ini dia daftarnya:

  • Chevrolet Captiva VCDi

Tahun: 2008 – 2009

Mesin: 1.191 cc 4 silinder turbo common-rail, 150 dk

Harga: Rp 175 – 260 juta

 

+ Model menarik, interior mewah

– Legroom baris ketiga sempit, depresiasi harga

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-01.jpg

Mobil bekas mesin diesel ini selain memiliki model eksterior modern, SUV Chevy ini mempunyai banyak fitur. Misalnya seperti AC climate control, kontrol traksi, dan airbag ganda yang menjadi standar keselamatan berkendara.

Bantingan suspensinya juga cukup empuk, sehingga membuat berkendara jadi menyenangkan. Pengendaliannya pun mumpuni karena didukung oleh aplikasi sasis monokok. Mesin diesel membuat torsinya lebih kuat dibandingkan Captiva bermesin bensin.

  • Hyundai H-1 CRDi

Tahun: 2008 – 2010

Mesin: 2.497 cc 4-silinder VGTC, 170 dk

Harga: Rp 168 – 270 juta

 

+ Akomodasi penumpang, suspensi empuk, kabin lapang

– Model eksterior kurang menarik, pintu geser belum elektrik

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-02.jpg

Hyundai H-1 merupakan salah satu MPV negeri Ginseng yang mempunyai keunggulan soal akomodasi. Interiornya sangat lega bahkan tersedia format tempat duduk hingga 12 orang penumpang, sehingga cocok buat Anda dengan anggota keluarga banyak yang ingin mengadakan piknik keluarga.

Yang perlu jadi pertimbangan adalah akses masuk ke kabin karena pintu geser Hyundai H-1 masih manual. Sisi positifnya adalah mobil keluarga ini nyaman ditumpangi dan mempunyai mesin dengan torsi yang mencapai 392 Nm, jadi meski bermuatan penuh, ia masih cukup gagah dan menjadi mobil bekas mesin diesel yang jadi favorit hingga saat ini.

  • Volkswagen Caravelle

Tahun: 2009

Mesin: 2.461 cc 4-silinder turbo diesel, 129 dk

Harga: Rp 425 jutaan

 

+ Kualitas Eropa, kabin lapang, suspensi empuk

– Perawatan relatif mahal

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-03.jpg

Dengan kualitas dari pabrik Jerman, mobil bekas mesin diesel lansiran Volkswagen Caravelle ini di desain menggunakan material pilihan, sehingga selain nyaman daya tahannya pun mumpuni. Bantingan suspensinya yang empuk akan membuat penumpang merasa senang dan betah ketika berada di MPV boxy ini.

Beberapa pemilik mengatakan kalau mobil ini cukup menyita biaya dalam hal perawatannya. Karena memang harga onderdil Caravelle terbilang cukup mahal serta bengkel resminya tidak terlalu banyak. Tapi jika Anda mendapatkannya masih dalam kondisi yang baik, selain citra Eropa, Anda akan memperoleh kenyamanan tak terhingga.

  • Ford Everest TDCi A/T

Tahun: 2010 – 2011

Mesin: 2.499 cc 4-silinder turbo common-rail, 143 dk

Harga: Rp 250- 275 juta

 

+ Mesin tangguh, model gagah, andal di off-road

– Interior sederhana, bantingan keras

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-04.jpg

Memiliki bodi besar dan ground-clearance yang tinggi, membuat Everest nampak gagah. Daya jelajah SUV ini juga mengagumkan. Dengan menyediakan versi berpenggerak 4-roda, mobil ini mampu digunakan untuk melintasi medan yang berat sekalipun.

Karena masih satu keluarga dengan Ranger, bantingan suspensi Everest terbilang rigid. Namun yang cukup menjadi perhatian dari mobil bekas mesin diesel ini adalah kualitas mesin yang tangguh dan hemat bahan bakar, begitu pula dengan ketahanannya terhadap kualitas bahan bakar Solar yang tak menentu.

 

  • Toyota Fortuner 2.5 G

Tahun: 2007 – 2009

Mesin: 2.494 cc 4-silinder turbo common-rail, 102 dk

Harga: Rp 230 – 280 juta

 

+ Nyaman, model gagah, resale value cukup baik

– Tenaga mesin lemah, performa kurang kencang

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-05.jpg

Fortuner merupakan salah satu SUV Toyota yang cukup menjadi favorit pasar lokal. Eksterior gagah dan citra Toyota adalah daya tariknya, sedangkan kelebihan fiturnya terletak pada kerja suspensi yang terbilang empuk.

Untuk sekelas Big SUV, Fortuner bermesin diesel tenaganya terasa kurang besar. Di awal peredarannya, mesin 2.500 cc-nya hanya bertenagakan 102 dk. Namun, paras yang gagah mobil ini telah diimbangi dengan ketangguhan dan kenyamanan di kabin demi menyuguhkan interior yang membuat pengemudi maupun penumpang merasa betah.

  • Toyota Kijang Innova 2.5 G A/T

Tahun: 2008 – 2010

Mesin: 2.494 cc 4-silinder turbo common-rail, 102 dk

Harga: Rp 175 – 190 juta

 

+ AC dingin, kabin lega, perawatan mudah

– Pengendalian limbung, model kurang mewah

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-07.jpg

MPV keluaran pabrik Jepang menduduki posisi terpopuler di tanah air. Toyota Kijang Innova merupakan salah satu pilihan rasional ketika hendak membeli mobil keluarga. Alasannya adalah mempunyai kabin lapang yang mampu menampung hingga 7 orang dengan leluasa. Ditambah lagi mobil bekas mesin diesel ini punya bantingan suspensi yang cukup empuk.

Meskipun model eksterior terlihat biasa saja dan kurang terlihat mewah, ia memiliki kelebihan dalam sisi kenyamanan dikendarai dengan kualitas AC dingin. Perawatan yang mudah serta didukung oleh jaringan servis yang luas, membuat mobil ini banyak dicari.

  • Mitsubishi Pajero Sport 4×2 A/T

Tahun: 2010 – 2011

Mesin: 2.477 cc 4-silinder turbo diesel, 134 dk

Harga: Rp 310 – 320 juta

 

+ Pengendalian, image sport, mewah

– Konsumsi BBM, bangku baris ketiga terbatas

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-06.jpg

Identik dengan image mobil reli, membuat Mitsubishi Pajero Sport banyak diminati konsumen lokal. Meski punya status mobil bekas mesin diesel, namun daya pikat terbesar terletak pada ketangguhan melintasi medan off-road serta kapasitas mesin besar. Desain eksterior SUV ini juga terlihat gagah dan sporty yang membuat ia banyak disukai oleh konsumen.

Kekurangan berada di bangku baris ketiga yang memang agak terbatas bila diduduki oleh orang dewasa, tapi memiliki mobil ini tetap terasa menyenangkan. Selain pangendalian yang mumpuni, bantingan suspensi empuk, kualitas interior Mitsubishi Pajero juga terkesan mewah.

  • Hyundai i20 CRDi

Tahun: 2009

Mesin: 1.396 cc 4 silinder turbo common-rail, 90 dk

Harga: Rp 129 jutaan

 

+ Fun to drive, model sporty

– Hanya ada versi manual, populasi bekasnya minim

http://autobild.co.id/ckeditor/kcfinder/upload/images/MOBIL%20BEKAS/MOBIL%20BEKAS%20PILIHAN/20140411_Bermesin_Diesel-08.jpg

Hatchback Hyundai ini memiliki desain yang menarik dan sporty seperti mayoritas mobil-mobil buatan Eropa. Mesin diesel i20 bertenaga tapi irit bahan bakar. Kelebihan lainnya adalah ia mampu berlari 0-100 km/jam dalam 10,8 detik.

Sayangnya, Hyundai hanya menyediakan i20 dengan satu pilihan transmisi manual. Akan kurang praktis bila dikendarai di jalan perkotaan yang padat. Namun, yang cukup menjadi daya tarik konsumen adalah mobil ini tetap fun to drive karena memiliki pengendalian yang baik.

Cukup banyak pilihan untuk membeli mobil bekas mesin diesel dengan performa yang masih terbilang layak untuk dikendarai. Hal tersebut bisa dilihat dari tahun pembuatannya yang belum terlalu lama, jadi akselerasinya dinilai cukup. Namun, itu saja belum mencukupi syarat untuk menilai kelayakan sebuah kendaraan, Anda juga harus mencobanya sendiri berkendara. Bila dari semua pilihan di atas belum memenuhi kategori yang Anda inginkan, di http://www.pricearea.com/result/mobil+bekas masih banyak terdapat pilihan mobil bekas dari berbagai merk.

Comments

comments