Ilustrasi-Mengeramasi-Rambut
Ilustrasi-Mengeramasi-Rambut

Rambut rusak, kering, berketombe, dan rontok merupakan masalah yang sering dihadapi oleh banyak orang. Kerusakan tersebut bisa bermacam-macam penyebabnya, salah memilih produk perawatan rambut, terlalu sering terkontaminasi bahan kimia, hingga yang paling simpel adalah melakukan kesalahan saat keramas.

Meski terdengar sepele, kekeliruan dalam keramas bisa menyebabkan masalah yang lebih fatal. Bila tidak ingin bertambah parah, ikuti langkah-langkah keramas yang tepat dari Pricearea ini:

1. Basahi Rambut dengan Air Secara Merata

Sebelum mengoleskan shampo ke rambut, Anda harus membasahi rambut hingga seluruh bagiannya terkena air. Air membuat bahan kimia yang ada pada shampo tidak langsung terserap oleh rambut yang menjadi penyebab kerusakan. Air yang digunakan pun sebaiknya air dingin karena mampu menutup pori-pori kulit kepala sehingga mencegah masuknya kotoran. Tambahan,  air dingin bisa menutup kutikula rambut dan menyerap kelembaban dari kondisioner yang Anda gunakan.

 

2. Shampo

Ambil shampo secukupnya untuk membersihkan rambut dengan menaruhnya lebih dulu di telapak tangan baru dioleskan ke rambut. Hindari penggunaan shampo yang terlalu banyak karena akan membuat rambut menjadi kering setelah keramas. Aplikasikan shampo yang sesuai dengan masalah rambut Anda pada pangkal rambut dan hindari mengoleskannya pada ujung rambut karena akan membuatnya kering.

 

3. Beri Pijatan Ringan

Oleskan shampo pada rambut sambil memberi pijatan secara lembut dengan jari Anda. Fungsinya tidak hanya menghilangkan kotoran dan minyak di kulit kepala, juga dapat melancarkan peredaran darah pada kulit kepala yang dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kemudian bilas hingga bersih, agar kandungan kimia tidak menempel pada rambut dan kulit kepala yang dapat mengakibatkan ketombe, rambut kering, bahkan rontok.

 

4. Ulangi Memakai Shampo

Jika rambut Anda sangat kotor, kembali terapkan shampo, tapi dengan takaran yang lebih sedikit. Cara mengetahui rambut Anda kotor adalah jika saat memberikan shampo pertama kali tidak terlalu berbusa maka rambut Anda sangat berminyak dan kotor.

 

5. Pakai Kondisioner

Setelah bersih dari shampo, terapkan kondisioner. Untuk diingat, oles kondisioner hanya pada ujung rambut saja dan diamkan sekitar 3-5 menit, lalu bilas rambut. Hindari menggunakan kondisioner hingga kulit kepala, karena bisa menyebabkan kulit kepala berketombe.

 

6. Cara Mengeringkan Rambut

Selain keramas, cara mengeringkan rambut juga perlu diperhatikan. Caranya adalah dengan menekan-nekan handuk pada rambut secara lembut. Jangan menggosoknya, karena gesekan akan membuat rambut rontok dan menghilangkan kelembaban alami pada rambut Anda. Hindari juga terlalu sering menggunakan hair dryer yang akan membuat rambut kering.

 

Keringkan-Rambut-dengan-Handuk
Keringkan-Rambut-dengan-Handuk

7. Cara Menyisir Rambut

Rambut yang masih basah lebih mudah rapuh, untuk itu jangan menyisir rambut saat sedang basah. Tunggu hingga setengah kering, lalu sisir rambut dengan sisir bergigi jarang untuk menghindari kerontokan. Menyisir juga harus dilakukan dengan hati-hati dengan tidak menariknya terlalu keras.

 

8. Aturan Blow Dry

Jika Anda terpaksa harus melakukan blow dry, pastikan Anda melakukannya secara hati-hati. Rambut jangan ditarik terlalu keras dengan sisir blow dan keringkan dengan membagi rambut menjadi beberapa bagian dimulai dari yang terdalam lebih dulu agar kering merata serta membuat rambut terlihat alami.

 

Meski permasalahan pada rambut lebih sering dialami oleh wanita, tapi tak jarang pria juga mengalaminya. Jadi pria, yang berambut pendek sekalipun, harus memperhatikan caranya berkeramas dengan melaksanakan langkah-langkah keramas yang tepat tadi. Untuk frekuensi keramas sendiri tergantung pada tingkat kotornya rambut Anda. Yang ideal adalah 2-3 hari sekali, yang jelas jangan mencuci rambut setiap hari agar rambut tidak kering serta hindari penggunaan air hangat yang bisa membuat rambut mudah padat.

Mari rawat rambut dengan benar dan teratur dengan produk perawatan dari Pricearea yang bisa dipesan melalui link http://www.pricearea.com/harga/kesehatan-dan-kecantikan. Untuk produk shampo secara khusus kami kategorikan dalam link http://www.pricearea.com/result/shampo. Juga jangan ketinggalan update berita tentang kecantikan yang banyak kami sertakan di http://artikel.pricearea.com/?s=female&submit=Search.

Comments

comments