5 Manfaat dan Menghafal Serta Keutamaan Membaca Al-Quran | PriceArea.com
Home > Buku > 5 Manfaat Menghafal Serta Keutamaan Membaca Al-Quran

5 Manfaat Menghafal Serta Keutamaan Membaca Al-Quran

Al Quran adalah kalamullah, firman Allah SWT yang diturunkan kepada nabi kita Muhammad selama 23 tahun. Ia adalah kitab suci umat Islam yang merupakan sumber petunjuk dalam beragama dan pembimbing dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat.

Oleh karena itu, merupakan suatu kewajiban bagi seorang muslim untuk selalu berinteraksi aktif dengan Al Quran, menjadikannya sebagai sumber inspirasi, berpikir dan bertindak. Membaca Al Quran merupakan langkah pertama dalam berinteraksi dengannya, kemudian diteruskan dengan tadabbur, yaitu dengan merenungkan dan memahami maknanya sesuai petunjuk salafus shalih, lalu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari, kemudian dilanjutkan dengan mengajarkannya. Dapatkan berbagai macam pilihan Al Quran dengan harga jual Al Quran termurah dan terbaik  hanya di Pricearea.com karena dengan belanja online di Pricearea.com anda akan mendapatkan sensasi belanja yang menyenangkan.

Di samping itu, kita juga dianjurkan menghapal nya dan menjaga hafalan tersebut agar jangan terlupakan, karena hal itu merupakan salah satu bukti nyata bahwa Allah SWT berjanji akan menjaga Al Quran dari perubahan dan penyimpangan seperti kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya. Dan salah satu bukti terjaga nya al-Qur’an adalah tersimpannya di dada para penghapal al-Qur’an dari berbagai penjuru dunia, bangsa arah dan ajam (non arab).

Beberapa manfaat membaca Al Quran secara umum (tidak khusus terhadap satu surat) untuk para pembacanya : 

1. Menjadi Syafaat di Yaumil Hisab
Dari Abi Umamah ra. Ia berkata :

“Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, ‘Bacalah olehmu Al-Quran, sesungguhnya ia akan menjadi pemberi syafaat pada hari kiamat bagi para sahabatnya”. (HR Muslim)

Yang dimaksud sahabat Al-Quran adalah orang-orang yang senantiasa berinteraksi dengannya. Baik itu membaca, menghafal, mentadabburi, mengajarkan dan sebagainya. Orang-orang yang dekat dengan Al-Quran ini kelak pada hari penghitungan amal akan mendapat ‘bantuan’ dari Al-Quran. Ia akan datang menjadi saksi bagi kita.

2. Sebaik-baik Mukmin
Diriwayatkan dari Sayyidina ‘Utsman bin Affan -semoga Allah meridhainya-, Rasulullah SAW bersabda:

“Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Quran dan yang mengajarkannya”. (HR Al-Bukhari)

Hadits ini menjadi penyemangat bagi para pengajar dan penuntut ilmu khususnya dalam ilmu yang berkaitan dengan ilmu Al-Quran. Seperti belajar membaca, menghafal, ilmu tafsir dan lain-lain.

3. Memberi Ketenangan Jiwa
Hal ini sesuai dengan firman Allah Ta’ala di surat Ar-Ra’d ayat ke-28:

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram”.

Mengingat Allah (dzikir) dapat menenangkan hati dan fikiran kita ketika kita sedang galau dan gelisah. Dan diantara dzikir yang paling utama adalah dengan membaca Al-Quran.

4. Mendapat Rahmat serta Naungan dari Malaikat
Hal ini bersandarkan kepada hadits yang diriwayatkan oleh Muslim, yakni:

“Tidaklah suatu kaum berkumpul di suatu masjid daripada masjid-masjid Allah, sedangkan mereka membaca Al-Quran dan mempelajari nya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.”

5. Mendapat Pahala Istimewa Membaca Al-Quran
“Barang siapa yang membaca satu huruf dari Kitabullah maka akan memperoleh satu kebaikan. Setiap satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kali lipat. Aku tidak mengatakan Alif Lam Mim itu satu huruf, akan tetapi Alif satu huruf, Lam satu huruf dan Mim satu huruf.” (HR Tirmidzi)

Pahala membaca Al-Quran sangat spesial karena ketika kita membaca Al-Quran pada hakikatnya kita sedang membaca perkataan Allah (kalamullah). Bayangkan saja, membaca satu huruf Al-Quran saja sudah mendapat 10 ganjaran kebaikan dari Allah Ta’ala. Bagaimana kalau kita membaca satu baris, satu halaman, sepuluh halaman, satu juz atau bahkan meng-khatam-kan Al-Quran?

Baca Juga >> Paket Parcel Ramadhan Terlaris 2018

Itu dia manfaat membaca Al-Quran, hati, jiwa dan pikiran menjadi terelaksasi sehingga kita dapat melihat sesuatu dengan jernih. Tentunya, manfaat-manfaat membaca Al-Quran lebih luas dan lebih banyak daripada yang telah disebutkan diatas. Semoga dengan membaca artikel ini, kita bisa lebih mendekatkan dan membiasakan diri membaca Al-Quran untuk mendapatkan manfaat-manfaat yang akan berguna dimasa mendatang, baik didunia maupun diakhirat. Dapatkan berbagai macam jenis dan harga Al-Quran dari seluruh toko online di Indonesia hanya di mesin pencari belanja terbaik no #1 di Indonesia Pricearea.com.

Summary
Article Name
5 Manfaat dan Menghafal Serta Keutamaan Membaca Al-Quran
Description
Itu dia manfaat membaca Al-Quran, hati, jiwa dan pikiran menjadi terelaksasi sehingga kita dapat melihat sesuatu dengan jernih. Tentunya, manfaat-manfaat membaca Al-Quran lebih luas dan lebih banyak daripada yang telah disebutkan diatas.
Author

Comments

comments

Read previous post:
Sahur Hemat Ala Anak Kost Dengan Sarden Kaleng

Sarden kalengan adalah salah satu makanan yang praktis untuk sebagian anak kost, karena memasak sarden kaleng bisa menggunakan rice coocker...

Close