Makanan adalah faktor terpenting dalam pembentukan masa kehamilan yang sehat, apalagi bagi para pengantin muda yang menanti kehamilan. Dengan makanan juga para ibu juga berbagai kandungan gizi yang baik kepada janin, sehingga janin menjadi sehat dan lahir menjadi bayi yang kuat. Oleh karena itu perkembangan bayi dalam kandungan tergantung dari apa yang dimakan sang ibu selama ini. Ada beberapa jenis makanan yang sangat baik untuk sang ibu dan si janin akan tetapi ada juga beberapa jenis makanan yang dilarang dikonsumsi oleh para ibu hamil. Apa saja jenis makanan yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil? Simak artikel berikut.

Jangan Makan Daging Mentah atau Setengah Matang

Makan makanan daging mentah seperti sushi ataupun juga yang setengah matang sangat dilarang karena makanan-makanan tersebut disinyalir mengandung Toksoplasmosis sebuah parasite berbahaya yang dapat menyebabkan infeksi serius pada janin Anda, dan juga E.coli yang amat sangat berbahaya bagi ibu hamil

Sayuran Yang Tidak Dicuci Dengan Baik

Untuk ibu hamil, ada baiknya untuk selalu mencuci bersih setiap bahan makanan yang akan dikonsumsi. Sama halnya seperti sayuran yang tidak dicuci dengan baik juga dikhawatirkan mengandung Toksoplasmosis khususnya untuk salad dan juga lalapan.

Masa Kehamilan

Jangan Makan Ikan Berukuran Besar

Ikan-ikan berukuran besar seperti ikan tuna steak, hiu, sea bass dan ikan-ikan berukuran besar lainnya diketahui mengandung merkuri yang tinggi sehingga ditakutkan dapat menyebabkan kerusakan saraf.

Tidak Mengkonsumsi Keju

Jenis keju lunak, keju yang terbuat dari susu kambing dan domba dan juga susu yang tidak melalui proses pasteurisasi jangan dikonsumsi oleh ibu hamil. Jenis produk tersebut mempunyai resiko membawa Listeria, bakteri yang mampu menembus plasenta dan menyebabkan infeksi pada janin. Listeria juga dapat menyebabkan kelahiran prematur dan keguguran.

Tidak Minum Alkohol

Alkohol terbukti dapat menyebabkan kelainan pada janin, sehingga mengkonsumsi minuman beralkohol dan turunannya ketika memasuki masa kehamilan sangat dilarang.Tidak Minum Minuman Yang Mengandung Kafein

Membatasi konsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi pada ibu hamil memang disarankan, karena ada hal yang harus diperhatikan oleh ibu hamil akibat mengkonsumsi minuman dengan kadar kafein yang tinggi. Seperti kafein dapat mempengaruhi pernapasan dan detak jantung bayi dalam kandungan dan meningkatnya rasa cemas dan stress akibat hormon epinephrine dan norepinephrine.

Hal-hal di atas adalah beberapa makanan yang sebaiknya dibatasi atau bahkan mungkin dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Apabila Anda memiliki beberapa jenis makanan lain yang dilarang untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, jangan ragu untuk sharing pada kolom komentar.

Sumber: AsmaraKu.com

Comments

comments