Makanan Khas Jogja – Menikmati liburan tak harus jauh dan tak harus mahal. Anda tidak perlu pergi ke luar negeri mahal-mahal kalau di Indonesia juga banyak wisata yang sangat bagus sebagai destinasi liburan anda, salah satunya adalah Yogyakarta. Yogyakarta atau lebih dikenal dengan sebutan Jogja ini adalah salah satu daerah wisata di Indonesia yang sudah terkenal hingga ke mancanegara. Setiap tahunnya tak kurang ratusan ribu wisatawan asing maupun lokal berkunjung ke kota budaya ini. Anda bisa berkunjung ke sana saat ada promo wisata murah agar bisa menghemat pengeluaran.

Jogja terkenal akan kekayaan budayanya, keindahan alamnya, dan kelezatan kulinernya. Berkunjung ke Jogja tak lengkap rasanya jika tidak menikmati ‘produk kuliner’ unggulan dari kota wisata ini. Memiliki sejumlah tempat wisata yang indah dan bersejarah, ternyata Yogyakarta juga kaya akan kuliner khas yang membuat mulut tergoda. Beberapa diantaranya mungkin sudah terkenal hingga ke seluruh Indonesia. Nah, jika anda sedang berkungjung ke Jogja, jangan lewatkan beberapa makanan lezat berikut ini:

Makanan Khas Kota Jogja yang Harus Dicicipi

1. Gudeg

Makanan Khas Jogja

Gudeg adalah makanan khas Jogja yang sudah terkenal di Indonesia. Mungkin di beberapa daerah di luar Jogja, sudah ada penjual gudeg. Namun tetap saja cita rasanya berbeda dengan gudeg asli dari Jogja. Gudeg biasanya terdiri dari campuran nangka muda, telur, krecek, sayur, dan lauk tergantung anda memilihnya. Di Jogja sendiri banyak sekali penjual gudeg, baik yang kecil-kecilan maupun yang sudah besar dan terkenal. Beberapa yang terkenal adalah gudeg Yu Djum, gudeg Wijilan, dan Gudeg Pawon. Tiga gudeg tersebut merupakan yang paling terkenal di Jogja. Selain rasanya yang khas, biasanya warung tersebut sudah berdiri sangat lama.

2. Oseng-oseng Mercon

Makanan Khas Jogja

Dari namanya saja sudah kelihatan seram ‘Oseng-oseng Mercon.’ Dinamai mercon karena konon pada saat dimakan, rasanya akan meledak dimulut. Hal ini karena makanan khas Jogja ini memiliki rasa pedas yang amat sangat sehingga menimbulkan sensasi meledak di mulut, mirip mercon. Seperti kebanyakan oseng-oseng lainnya, yang satu ini juga menggunakan bahan seperti daging sapi, kulit, kikil, dan tulang muda. Bumbunya hampir sama dengan oseng-oseng lain tapi dengan ekstra cabe rawit. Jika anda penyuka makanan pedas, yang satu ini adalah tantangan serius untuk anda. Letaknya ada si sepanjang kiri-kanan Jl. KH. Ahmad Dahlan dan buka mulai pukul 5 sore sampai malam. Berani coba?

3. Sate Klathak

Makanan Khas Jogja

Sate Klathak adalah sate dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil sehingga mudah untuk dimakan. Yang membedakan dengan sate yang lain adalah tusuknya. Jika sate pada umumnya menggunakan tusuk dari irisan bambu, yang satu ini justru menggunakan besi dari jeruji sepeda. Kita tahu besi adalah penghantar panas yang baik sehingga menghasilkan tingkat kematangan sate yang merata hingga ke dalam. Bumbu yang digunakan cukup simple. Tidak menggunakan kecap seperti pada umumnya, sate klathak hanya menggunakan garam dan sedikit ketumbar untuk memberi rasa gurih. Sate ini disajikan dengan nasi putih hangat dan kuah gulai yang gurih. Jika anda ingin menikmati sate klathak ini, lewatlah di Jl. Imogiri Timur, Bantul. Di sana banyak dijumpai penjual sate klathak, seperti yang sudah terkenal yaitu Sate Klathak Pak Pong.

4. Mangut Lele

Makanan Khas Jogja

Mangut lele adalah makanan khas orang Yogya dan sekitarnya sejak zaman kerajaan Mataram Islam. Cara memasaknya adalah dibakar. Lele sebelumnya ditusuk dengan menggunakan pelepah daun kelapa lalu dibakar di atas tungku. Setelah matang, kemudian lele dimasak lagi dengan menggunakan bumbu santan yang gurih seperti gulai. Anda bisa menjumpai banyak warung makan yang menyajikan mangut lele di daerah Sleman dan Bantul. Makanan ini merupakan makanan yang sangat terkenal karena murah dan juga kelezatannya. Tentu saja hal ini akan membuat anda semua tergoda untuk mencoba cita rasa Mangut Lele ini.

5. Jadah Tempe

Makanan Khas Jogja

Bagi anda yang mengunjungi daerah Kaliurang, Sleman, Yogyakarta, anda harus dan wajib mencoba yang namanya makanan Jadah Tempe. Yang paling terkenal dari makanan ini adalah Jadah tempe ‘Mbah Carik.’ Tempat makan ini sudah sangat dikenal wisatawan yang mengunjungi Yogyakarta yang ingin mencicipi nikmatnya makanan khas dari daerah Yogyakarta ini. Jadah adalah makanan khas yang terbuat dari ketan, sedangkan tempe disini merupakan tempe yang dibacem sehingga menekankan rasa manis. kombinasi kedua makanan tersebut sangat menggoda lidah bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta. Selain Tempe, ternyata ada juga menu variasi lainnya yakni Tahu bacem sebagai alternatif tempe bacem. Ada juga aneka jajanan yang akan mengenyangkan anda.

Baca Juga: 10 Pusat Oleh-Oleh Terbaik Yang Layak Anda Kunjungi

Kelima makanan khas tadi dapat anda jumpai di Yogyakarta. Selain terkenal sebagai kota pelajar, Yogya menyimpan sejuta berlian di dalamnya, salah satunya adalah kulinernya yang sangat beragam. Kelima contoh di atas merupakan sebagian kecil makanan khas yang terdapat di Yogyakarta. Masih banyak lagi tempat makan yang ‘Mak Nyus’ di Yogyakarta yang sudah sepatutnya anda coba. Memang Yogyakarta merupakan tempat yang tepat untuk berwisata baik wisata alam, wisata budaya, sampai wisata kuliner.

Comments

comments