Saat bulan Ramadhan tengah dilalui, yang paling ditunggu-tunggu apalagi kalau bukan hari raya Idul Fitri atau lebih populer di Indonesia dengan istilah lebaran. Lebaran menjadi momen yang paling ditunggu karena saat tersebut adalah saat dimana kita bisa bertemu dan berkumpul dengan sanak keluarga. Bagi mereka yang tinggal merantau, bisa pulang mudik ke kampung halaman untuk bertemu keluarga dan kerabat di kampung. Momen tersebut tentu tidak bisa dialami saat bukan lebaran. Nah, hal lain yang membuat kangen lebaran adalah makanannya. Di Indonesia, telah menjadi tradisi saat lebaran untuk menyajikan makanan yang enak dan terutama berbeda dari hari-hari biasa. Berikut ini makanan khas yang biasa muncul saat lebaran tiba.

Makanan Khas Lebaran yang Selalu Bikin Kangen

Ketupat
Tak bisa dipungkiri makanan ini adalah salah satu sajian wajib saat lebaran. Di Indonesia, lebaran tanpa ketupat tidak bisa dibayangkan. Bahkan beberapa orang menyimbolkan lebaran dengan ketupat. Mungkin sudah banyak yang tahu mengenai makanan yang satu ini, baik bentuk, rasa dan cara membuatnya. Ya, ketupat adalah makanan berbentuk segi empat yang berisi nasi yang dipadatkan. Pembungkusnya terbuat dari daun kelapa yang dianyam sedemikian rupa sehingga dapat membungkus nasinya. Rasa makanan ini tawar seperti nasi. Oleh orang kebanyakan, saat lebaran, ketupat dijadikan makanan pokok pengganti nasi. Cara membuatnya cukup mudah, hanya dengan memasukan beras sampai setengah dari kotak anyaman yang sudah dibuat lalu masukkan kedalam panci yang sudah diisi air. Nyalakan kompor dengan api yang besar dan tunggu kira-kira 1 jam sampai ketupat matang. Biasanya cara memasak ketupat ini masih tradisional dengan menggunakan tungku dan kayu bakar.

Makanan Khas Lebaran

Opor Ayam
Opor ayam adalah pasangannya ketupat saat lebaran. Meskipun anda bisa memasak opor ayam kapan saja anda mau, tapi saat lebaran opor ayam jadi makanan yang spesial. Terkadang kelezatannya membuat rasa kangen untuk mencicipinya. Opor adalah makanan khas Indonesia dengan bumbu santan yang gurih serta tambahan kunir yang membuatnya berwarna kuning. Bumbu opor bukan hanya untuk ayam, tetapi juga untuk lauk yang lain, misalnya tempe, tahu atau sayuran. Namun, saat lebaran, yang biasa disajikan adalah opor ayam sebagai pelengkap dari ketupat.

Makanan Khas Lebaran

Rendang
Makanan khas selanjutnya yang wajib ada saat lebaran adalah rendang. Kita tahu, rendang adalah menu pelengkap untuk ketupat dan opor. Ada yang bilang bahwa rendang ini berasal dari daerah Sumatera Barat, Padang. Selain itu, rendang biasa kita temui di banyak restoran Padang. Rasa khas dari rendang adalah pedas. Kebanyakan orang Indonesia menyukai rasa pedas sehingga rending menjadi makanan favorit Indonesia, juga saat lebaran. Isi dari rendang biasanya adalah daging sapi. Makanan ini biasanya menjadi pelengkap di meja makan saat lebaran. Warnanya yang merah semakin menumbuhkan selera makan kita saat berkumpul bersama keluarga.

Makanan Khas Lebaran

Sambal Goreng Kentang
Setelah rendang, pelengkap untuk ketupat dan opor ayam adalah sambal goreng kentang. Untuk itu, menu yang satu ini tidak pernah absen saat lebaran. Sambal goreng kentang berisi potongan kentang yang berbentuk mirip dadu dan dimasak pedas. Biasanya ada campuran hati ayam sebagai pelengkap agar rasanya semakin berwarna. Bagi anda yang suka, bisa ditambahkan juga pete agar menambah warna hijau dalam menu tersebut. Saat lebaran, banyak orang yang menyukai makanan ini. Saat dicampurkan ke dalam kuah opor ayam akan membuat kuah opor berwarna merah dan pedasnya kelihatan. Hal inilah yang membuat banyak orang sering menjadikan sambal goreng kentang sebagai menu pelengkap ketupat dan opor saat lebaran.

Makanan Khas Lebaran

Kue Lepet
Saat lebaran, tidak hanya makanan besar yang ada, aneka kue baik basah maupun kue kering pun tersedia. Salah satu yang paling sering saat lebaran adalah kue lepet. Mungkin di daerah lain punya istilah sendiri untuk menyebutnya. Kue ini berasal dari daerah Jawa yang merupakan kue khas lebaran. Kue lepet terbuat dari beras ketan dan cara membuatnya hampir sama dengan ketupat. Kue lepet menggunakan daun kelapa sebagai pembungkusnya, hanya saja daun kelapa yang digunakan adalah yang sudah tua. Bentuknya berbeda dengan ketupat. Kue lepet memiliki bentuk lonjong seperti pisang. Orang Jawa mempunyai filosofi tersendiri untuk menamai kue ini kue lepet. Dalam bahasa Indonesia, lepet (luput) artinya kesalahan. Itu berarti saat lebaran, segala kita harus saling minta maaf segala kesalahan yang sudah dibuat.

Makanan Khas Lebaran

Kue Lapis
Kue basah yang biasa ada saat lebaran selanjutnya adalah kue lapis. Jajanan tradisional ini banyak ditemukan bahkan saat tidak lebaran. Tapi saat lebaran datang, hampir di semua rumah akan menyajikan kue lezat ini. Dinamakan kue lapis karena struktur kue ini berlapis lapis. Selain itu warnanya yang berbeda-beda setiap lapisnya membuat tanpilannya semakin menarik.
Makanan Khas Lebaran

Kue Nastar
Tidak hanya kue basah yang ada saat lebaran, kue keringpun tak kalah banyak. Salah satu yang paling populer saat lebaran adalah kue nastar. Orang biasanya membuat nastar sendiri ataupun membelinya di toko jika tidak ingin repot. Kalaupun ingin membuatnya sendiri caranya tidak sulit. Bahan-bahan yang diperlukan pun sangat mudah di dapat, seperti tepung gandum, telur, mentega, gula, dsb. Cara membuatnya pun mudah dan tidak memakan waktu lama. Biasanya kue nastar dihiasi dengan toping yang berbeda satu sama lain. Umumnya toping yang digunakan adalah selai nanas.

Makanan Khas Lebaran

Baca Juga: 7 Jenis Makanan yang Baiknya Dihindari Saat Puasa

Opak
Opak adalah makanan tradisional yang sering ada saat lebaran. Opak ini adalah sejenis kerupuk yang terbuat dari singkong yang dihaluskan. Bentuknya yang bundar dan lebar membuat namanya opak. Biasanya opak dijadikan alternatif untuk teman menyantap ketupat dan opor saat tidak ada kerupuk yang tersedia. Jika pun tidak, anda bisa memakannya langsung dengan merasakan sensasinya seperti makan kerupuk udang, Opak ini biasa disajikan saat lebaran dan paling enak ‘dicocol’ saus pedas.

Makanan Khas Lebaran

Rengginang
Makanan tradisional lainnya yang sering muncul saat lebaran adalah rengginang. Jika anda belum pernah mendengar namanya, mungkin di daerah anda punya nama yang berbeda. Rengginang adalah makanan kering mirip kerupuk yang terbuat dari ketan. Ketan tersebut dicetak sesuai keinginan lalu dijemur selama beberapa hari agar kering. Setelah kering ketan tersebut digoreng dan jadiah rengginang. Makanan yang mirip kerupuk ini memiliki rasa gurih yang khas dan biasa ditemui saat lebaran.

Makanan Khas Lebaran

Peyek Kacang
Makanan terakhir yang biasanya ada saat lebaran adalah peyek kacang. Peyek adalah makanan khas Indonesia yang bisa tiap hari ditemukan. Peyek terbuat dari adonan tepung beras yang digoreng. Campurannya bisa berupa kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang hijau. Makanan ini biasanya ada saat lebaran dan dimasukan kedalam kaleng biskuit. Mungkin anda pernah tertipu membuka kaleng biskuit ternyata isinya peyek, itulah mengapa makanan ini wajib ada saat lebaran.

Makanan Khas Lebaran

Makanan khas lebaran di atas memang tergolong makanan tradisional. Namun cita rasa dan juga keunikannya mampu membuat kita selalu rindu akan kampung halaman. Meskipun sederhana, namun terdapat beribu rasa yang membuat kita tidak ingin melewatkan makanan-makanan tersebut. Pastikan makanan di atas ada di rumah anda sahabat PriceArea.

Comments

comments