Dalam persaingan pasar elektronik dalam negeri, merek-merek lokal masih kalah oleh dominasi merek-merek asing. Beberapa barang elektronik yang banyak digunakan saat ini, sebut saja, laptop, ponsel dan tablet masih dikuasai oleh merek-merek luar negeri, seperti Samsung, Apple, Sony, Asus, dll. Merek atau brand lokal masih kalah bersaing dengan mereka bisa dikarenakan beberapa faktor. Salah satu faktor yang paling utama adalah rasa was-was akan produk lokal dan gengsi memakai produk asing agaknya masih menjadi penyebab tidak berkembangnya brand lokal di peta persaingan elektronik dalam negeri. Masalah kualitas, sebenarnya, beberapa brand lokal sudah memenuhi kualifikasi tersebut. Setidaknya ada 5 merek laptop lokal murah yang berkualitas internasional dipunyai Indonesia. Apa saja merek-merek tersebut? Berikut infonya.

Laptop Lokal Berkualitas Handal

1. Advan

Laptop Lokal

Advan adalah brand elektronik lokal yang sudah cukup berpengalaman di Indonesia. Produknya tidak hanya laptop, tetapi juga meliputi ponsel, tablet dan lainnya. Salah satu laptop Advan yang berkualitas adalah seri Advan G4i-23232 yang memiliki spesifikasi diantaranya prosesor Core i3, RAM 2 GB dan Harddisk 320GB. Selain berkualitas dan berspesifikasi tinggi, harga laptop Advan sangat terjangakau. Untuk laptop seri tersebut di atas, harganya cuma Rp. 4 juta saja.

2. Zyrex

Laptop Lokal

Merek laptop lokal berkualitas selanjutnya dalah Zyrex. Sudah cukup lama Zyrex meramaikan pasar laptop dalam negeri. hingga kini sudah puluhan seri laptop yang sudah diluncurkan oleh Zyrex. Tidak semua mendapat sambutan positif dari pasar. Namun, soal kualitas Zyrex tidak kalah dengan merek asing, macam ASUS atau Acer. Salah satu seri Laptop Zyrex Cruiser EX4930 adalah yang terbaik dengan prosesor Core i5 dan RAM 4GB. Belum lagi Harddisk-nya yang besar; 500GB. Dengan spek dan kualitas tersebu, harga Zyrex masih lebih murah dengan brand asing. Harga Zyrex Cruiser EX4930 masih sekitar Rp. 5,7 jutaan.

3. Xenom

Laptop Lokal
Jangan dikira merek lokal tidak berani mengeluarkan seri laptop kelas premium. Buktinya Xenom berani melakukan itu. Dengan produk terbarunya Xenom Siren SR14i, mereka coba bersaing dengan beberapa vendor raksasa yang bermain di kelas premium, seperti Dell, Apple, dan Asus. Laptop ini disebut-sebut sebagai laptop lokal paling mumpuni. Bagi yang suka game dan professional di bidang desain grafis, laptop dengan prosesor Core i7 ini tentunya sangat mendukung. Selain itu, spek lain seperti GPU Intel Iris Pro Graphics 5200 dan layar Full HD membuat tampilan gambar semakin jernih dan mulus, juga untuk menampilkan gambar 3D. Menurut info harga laptop Xenom dengan RAM 8GB ini sekitar Rp. 15-16 jutaan.

4. Axioo

Laptop Lokal

Axio adalah merek laptop lokal selanjutnya yang mempunyai kualitas internasional. banyak sekali produk Axioo yang sudah beredar di Indonesia. Axioo lebih memilih laptop kelas Entry level untuk mengincar segmen pelajar dan mahasiswa. Namun, ada juga Axioo dengan spesifikasi dan harga menengah ke atas. Salah satunya adalah Axioo Aerobook. Laptop stylish ini sudah menggunakan prosesor Core i5. Desainnya yang slim membuat notebook ini terlihat elegan. Harga Axioo Aerobook sekitar Rp. 7,9 jutaan.

5. Byon

Laptop Lokal

Merek laptop lokal berkualitas yang terakhir adalah Byon. Byon memang belum sepopuler kompetitornya, seperti Advan dan Axioo. Namun, bukan berarti Byon tidak punya laptop berkualitas. Salah satu keunggulan dari notebook Byon adalah produknya bisa di-upgrade layaknya komputer PC. Hal ini membuat konsumen menjadi tertarik. Selain itu harga yang relatif murah juga merupakan faktor lain keunggulan brand ini.

Baca Juga:Laptop Premium Khusus Untuk Desain Grafis

Kelima brand di atas memiliki berbagai macam keunggulan dari segi model maupun performa laptop. Selain itu, produk lokal yang dijual sudah tentu memiliki harga yang jauh lebih terjangkau dibandingkan dengan laptop yang memiliki merk terkenal lainnya. 

Comments

comments