Semua pengguna komputer jinjing alias laptop yang saat ini tengah menjadi perangkat paling digemari kalangan profesional, gamers ataupun kantoran yang kerap melakukan aktivitas kerja mobile pasti senang jika laptop yang dimiliki punya kemampuan prima dan gesit alias Laptop cepat.

Para gamers terutama, ada hal penting yang cukup menentukan bahwa perangkat tersebut akan digunakan sebagai ‘pegangan’ atau tidak yakni pada sisi akselerasi visual. Akselerasi ini tentu berkaitan dengan beberapa komponen lain yang nantinya akan mendorong visual serta audio hingga komponen lain bekerja secara simultan, cepat serta kuat.

Adalah kartu grafis, atau banyak dikenal dengan VGA card. Ini adalah sebuah hardware yang ditempatkan pada bagian tertentu komputer PC, Laptop atau Notebook. Fungsi kerja komponen ini adalah memvisualkan sebuah data hingga muncul pada layar. Kartu grafis ini terdiri dari rangkaian komponen elektronika, biasanya tertancap pada slot papan utama CPU komputer.

Beberapa kartu grafis menawarkan fungsi lain, seperti menangkap video dan adaptor untuk penyala TV, menguraikan MPEG-2 dan MPEG-4, FireWire serta menghubungkan data untuk ditampilkan secara visual ke beberapa layar. Beberapa perusahaan yang membuat kartu grafis terkenal antara lain adalah ATI, Matrox, dan NVIDIA. Tapi tahukah Anda bahwa saat ini telah hadir kartu grafis tercepat didunia untuk laptop?

 

Inilah Laptop Cepat yang Cocok Untuk Gamers, Desain dan Multimedia
AMD-Radeon-HD-8970 – Sumber : kitguru.net

Kartu Grafis Laptop Tercepat di Dunia

Adalah Radeon HD 8970M, VGA card lansiran AMD ini disinyalir memiliki kinerja paling cepat di dunia untuk laptop. Radeon HD 8970M dipercaya merupakan unsur gabungan sempurna dari teknologi, paduan kinerja, fitur andalan serta daya tahan baterai yang lebih panjang bahkan ketika sedang bepergian.

Radeon HD 8970M memiliki basis arsitektur AMD Graphics Core Next (GCN) yang memang dirancang untuk akselerasi cepat. Meskipun punya kinerja hebat, prosesor grafis ini tetap hemat daya berkat ditanamkanya fitur AMD Enduro yang otomatis mengatur konsumsi elektisitas sesuai beban kerja yang dibutuhkan saja.

Sebenarnya bukan cuma gamers saja yang bisa memanfaatkan kehebatan Radeon HD 8970M. Para profesional di bidang grafis pun bisa menikmati kinerja kartu grafis laptop baru ini dengan adanya AMD App Acceleration yang jadi bagian HD 8970M. Salah satu produk laptop tercepat yang sudah mengadopsi AMD Radeom HD 8970M adalah MSI GX 70 yang juga menyematkan prosesor AMD A10. Informasi harga kisaran MSI GX 70 antara 1.100 dolar sampai 1.500 dolar Amerika. Wow, ini tentu bukanlah sebagai harga laptop murah.

Harga komputer laptop di Indonesia memang sudah ada yang menyetuh angka 14 hingga 17 juta rupiah, tapi jika dibandingkan dengan MSI GX 70 yang dijadikan contoh maka angka tersebut hanya menyentuh pada tren produk ultrabook yang kini masih hangat di Indonesia. Harga komputer laptop di Indonesia masih pada angka 5 jutaan, bahkan dibawah 5 juta mengingat hadirnya tren komputer tablet, meski begitu beberapa penggemar perangkat laptop untuk menunjang kinerja maka tetap menjadikan laptop sebagai idola.

Sementara itu untuk harga second laptop Indonesia ditengah hadirnya produk-produk baru di pasaran serta memiliki harga yang juga bersaing dan reatif murah, tak ayal harga second laptop menurun, hal ini tentu dipengaruhi oleh analogi konsumen yang beranggapan bahwa hanya dengan menambahkan beberapa rupiah saja maka akan mendapatan baran baru, lalu buat apa harus memilah harga second bekas untuk mendapatkan prangkat kesukaan.

Laptop Cepat yang Cocok Untuk Gamers, Desain dan Multimedia
Contoh Laptop Tercepat MSI GX 70 – Sumber : ubergizmo

Berikut adalah fitur dan Spesifikasi kartu grafis laptop tercepat di dunia;

  • AMD Radeon HD 8970
  • 1GHz Engine Clock (up to 1.05GHz with boost)
  • 3GB GDDR5 Memory
  • 1500MHz Memory Clock (6.0 Gbps GDDR5)
  • 288GB/s memory bandwidth
  • 4.3 TFLOPS Single Precision compute power
  • 1.07 TFLO
  • PS Double Precision compute power
  • GCN Architecture
  • 32 Compute Units (2048 Stream Processors)
  • 128 Texture Units
  • 128 Z/Stencil ROP Units
  • 32 Color ROP Units
  • Dual geometry units
  • Dual Asynchronous Compute Engines (ACE)
  • PCI Express 3.0 x16 bus interface
  • DirectX 11.1 capable graphics
  • Shader Model 5.0
  • OpenGL 4.2 support
  • AMD CrossFire multi GPU technology

 

Daftar Harga Laptop Terbaru pilihan pada Mei 2013;

Inilah Laptop Cepat yang Cocok Untuk Gamers, Desain dan Multimedia
Daftar Harga Laptop Pilihan Mei 2013

Meski hadir laptop ber-VGA tercepat di dunia dengan harga kisaran sekitar 5 jutaan, tak ada salahnya juga untuk update daftar harga laptop terbaru. Dengan daftar harga tersebut akan memungkinkan perbandingan sekilas untuk komputer laptop tercepat sebanding dengan tipe laptop yang mana.

Apakah Anda masih penasaran dengan kelengkapan harga lain? Jangan kuatir, cukup singgah di http://www.pricearea.com/harga/komputer maka Anda bisa melakukan komparasi harga laptop yang sesuai keinginan Anda, atau mencari perbandingan laptop cepat di dunia dengan notebook pilihan Anda.

Comments

comments