Perkembangan lampu sebagai alat pencahayaan saat gelap semakin menunjukan peningkatan yang pesat. Teknologi lampu saat ini telah banyak mengalami perubahan dari pertama kali ditemukannya oleh ilmuan Thomas Alfa Edison. Sekarang ini, dengan makin gencarnya kampanye hemat energi untuk masa depan, para ilmuan menciptakan lampu yang hemat energi, bernama lampu LED (Light Emitting Diode). Sebenarnya lampu LED ini sudah digunakan sejak beberapa tahun lalu untuk berbagai kepentingan, seperti lampu mobil, motor, dan lampu senter. Namun penggunaan itu belum secara masal. Oleh karenanya, kampanye menggunakan lampu hemat energi ini semakin marak.

Lampu LED

Sudahkah anda menggunakan lampu ini di rumah anda? Jika belum, untuk lebih menghemat energi dan mendukung masa depan yang lebih baik maka gunakanlan lampu LED hemat energi. Apa sajakah keunggulan lampu LED dari lampu biasanya? Berikut ini kami berikan ulasan singkatnya.

Berbagai Keunggulan Lampu LED

1. Nyaman di Mata
Keunggulan pertama dari lampu LED adalah nyaman di mata. Biasanya lampu putih di rumah anda bisa membuat mata anda silau, apalagi di kamar tidur. Lampu biasa akan membuat mata anda tidak nyaman ketika berada di kamar. Berbeda dengan lampu biasanya, lampu penerangan ini lebih nyaman dan adem. Cahayanya tidak membuat mata silau, sehingga saat anda melakukan aktifitas di dalam ruangan tidak akan terganggu pandangannya.

2. Ramah Lingkungan
Keunggulan lain dari lampu LED adalah ramah lingkungan. Sebenarnya hal ini merupakan efek domino saja dari irit dan hemat energi-nya lampu ini. Ketika anda menggunakan lampu LED, anda hanya butuh energi listrik yang sedikit. Semakin sedikit konsumsi listrik masyarakat akan semakin ringan pula beban yang ditanggung oleh PLN. Kita tahu pembangkit listrik sebagian besar masih menggunakan batubara dan solar sebagai turbinnya. Kedua bahan bakar tersebut tidak bisa diperbaharui lagi.

3. Hemat Energi

Lampu LED
Seperti yang banyak di dengang-dengungkan, lampu ini memang hemat energi. Bisa anda bandingkan lampu LED dengan lampu CFL biasa. Nyala terang dari 5 watt lampu LED sama dengan terang lampu CFL yang berdaya 20 watt. Itu artinya anda bisa menghemat energy hingga 75% dari biasanya. Jika penggunaan listrik untuk lampu anda berkurang maka efeknya adalah tagihan listrik rumah anda juga akan berkurang.

4. Tahan Lama
Banyak yang sudah tahu bahwa lampu LED memang tahan lama. Bahkan salah satu produsen lampu ternama berani mengklaim umur lampu LED bisa mencapai 15 tahun. Hal ini tentunya jauh lebih tahan lama dari pada lampu CFL biasa yang biasanya hanya tahan paling lama 3 tahun. Daya tahan lampu tentu saja sangat relatif. Itu semua bergantung pada penggunaan dan perawatan. Jika listrik di rumah anda sering turun dan mati tiba-tiba, maka umur lampu bisa saja berkurang.

5. Lebih Murah

Lampu LED
Benarkah lampu LED lebih murah daripada lampu yang lainnya? Jawabannya masih menjadi perdebatan. Namun secara hitung-hitungan di atas kertas, LED memang lebih murah. Harga lampu LED memang lebih mahal 4 – 5 kali lipat dari lampu CFL biasa. Namun karena daya tahannya yang sangat lama, anda tidak perlu mengganti lampu dalam waktu yang lama (15 tahun). Bayangkan jika anda harus mengganti lampu setiap 2 tahun sekali, sudah berapa lampu yang anda beli dalam jangka waktu 15 tahun?

Baca Juga: 10 Lampu Hias Rumah yang Unik dan Lucu

Itulah beberapa keunggulan dari lampu hemat energi. Sudah saatnya bagi kita untuk memelihara masa depan dengan menggunakan lampu LED yang hemat energi ini. Selain hemat energi, lampu LED ini juga memiliki beragam varian yang menarik untuk meningkatkan dekorasi interior ataupun eksterior rumah anda.

Comments

comments