Media internet saat ini bukanlah menjadi sebuah hal yang baru dan sulit untuk kita jumpai. Diberbagai tempat public area sudah dilengkapi dengan fasilitas koneksi wifi termasuk tempat untuk mengakses internet yang dilengkapi dengan sumber aliran listrik beserta meja dan kursi bagi yang ingin menggunakan fasilitas wifi dengan perangkat laptop maupun gadget lainnya. Melakukan komunikasi sekarang ini bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan. Dukungan perangkat teknologi yang semakin lengkap dan mendukung kebutuhan penggunanya, saat ini juga cukup mudah ditemukan dan harganya yang terjangkau sehingga bisa dimiliki oleh siapapun. Fenomena perkembangan teknologi internet inilah yang bisa menyebabkan berkembanganya beberapa konten digital maupun kegiatan yang berbau pemasaran online atau bisnis internet.

Banyak sekali saat ini produk-produk yang mulanya ditawarkan secara offline mulai ditarik untuk dipasarkan secara online melalui internet. Jadi jika melihat banyak orang yang melakukan kegiatan jual beli di internet bukanlah suatu hal yang tabu lagi untuk kita ketahui.

Anda sebagai seorang pemilik bisnis atau pelaku usaha yang memiliki produk, bisa memasarkannya di internet. Agar bisa menjangkau pasar yang lebih luas lagi, sehingga akan mendapatkan banyak pendapatan yang lebih banyak lagi. Sebagai pembeli mungkin akan lebih mudah membutuhkan produk apa yang diinginkannya. Mereka sebagai pembeli tinggal melakukan pencarian barang yang dubutuhkan lalu kemudian menyelsaikan pembayaran dan menunggu untuk pengiriman barangnya datang. Namun sebagai penjual tentu harus mempunyai strategi khusus bagaimana agar produk yang dimiliki bisa mudah terjual hanya dengan memanfaatkan internet sebagai media promosinya.

Kunci Sukes Agar Mudah Menjual Produk di Internet
Ilustrasi-Kiat-Laku-Jualan-Online

Menempatkan lapak produk 

Ketika Anda memilih untuk melakukan penjualan di internet, pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan produk lalu tempatkan produk Anda diberbagai media situs penjualan seperti  toko online pribadi (ataupun toko online yang berkaitan dengan usahanya), situs marketplace, media sosial, maupun forum jual beli. Semakin banyak media-media pemasaran di internet yang memuat produk Anda, maka akan semakin besar juga peluang untuk meraih pembeli.

Menuliskan deskripsi produk

Kedua, yang paling penting harus Anda lakukan adalah masalah penulisan produk. Dimana dengan deskripsi yang jelas, menarik minat pembaca, dan to the point akan membuat calon pembeli tertarik untuk melihat produk Anda lebih lanjut. Kebanyakan kesalahan sebagai Seller online sering melewatkan untuk tidak menuliskan deskripsi produk secara jelas. Misalnya menuliskan ukuran berat produk, kondisi produk, warna produk dan detail produk lainnya yang sekiranya informasi tersebut penting bagi konsumen atau pembeli.

Responsif dan komunikatif

Sebagai pembeli selain membutuhkan produk yang akan dibeli, mereka juga terkadang membutuhkan informasi mengenai produk tersebut lebih lanjut. Hal ini tentu akan berkaitan langsung dengan penjual. Jika Anda sebagai penjual ketika ada calon pembeli yang memerlukan informasi terkait produk, usahakan Anda menjawab sesegera mungkin. Semakin cepat Anda merespon pertanyaan dari konsumen semakin besar peluang Anda untuk bisa menjual produk tersebut. Karena jika Anda telat merespon pembeli. Maka sebagai pembeli tidak segan-segan untuk segera meninggalkan toko atau lapak Anda dan mencari toko lainnya.

Jangan menjadi sosok yang misterius

Ketika Anda sudah berkomitmen untuk berjualan di internet, maka harusnya Anda tidak perlu lagi menyembunyikan identitas Anda sebagai pemilik produk tersebut. Ketika pembeli tahu bahwa produk tersebut adalah milik Anda, ini akan membuat calon pembeli akan merasa yakin dan aman untuk membeli produk Anda. Jika Anda menjadi sosok misterius dengan merahasiakan identitas pemilik toko, maka Anda terkesan tidak serius dan hanya iseng-iseng saja berjualan di internet.

Memberikan pelayanan terbaik

Setelah Anda mendapatkan pembeli, maka usahakan komunikasi Anda dengan pembeli harus tetap terjaga dengan baik. Ada banyak cara untuk menjalin hubungan dengan pembeli, misalnya dengan meminta testimonial kepada konsumen secara langsung terkait service maupun produk yang Anda jual. Atau pada event-event tertentu Anda bisa memberikan sebuah gift atau hadiah khusus kepada konsumen Anda. Kembali lagi pada poin sebelumnya (responsif dan komunikatif), bahwa Anda harus tetap bersikap ramah dan santun ketika konsumen Anda mengajukan komplain. Tetaplah sabar dan berikan yang terbaik bagi konsumen Anda. Jika pelayanan Anda bagus maka kemungkinan besar Anda akan direkomendasikan kepada rekan-rekan pembeli lainnya.

Mempertahankan reputasi positif Anda.

Ketika Anda sudah banyak melakukan penjualan, dan juga sudah mendapatkan banyak feedback positif dari pembeli. Usahakan jangan pernah Anda sampai melakukan kesalahan. Jika itu terjadi, segera perbaiki reputasi Anda atau jika dirasa perlu adakan jumpa pers untuk memperbaiki nama baik Anda maupun perusahaan Anda. Karena ketika Anda sekali mendapat feedback negatif dari pembeli, maka selamanya reputasi Anda di internet akan terus memburuk. Reputasi menunjukkan prestasi, khususnya jika Anda menjalankan bisnis di dunia maya. Jika Anda mempunyai reputasi yang baik maka selamanya Anda akan mendapatkan hasil yang baik dan juga sebaliknya jika reputasi buruk, maka Anda akan diblacklist dari penjual yang baik.

Kunci Sukes Agar Mudah Menjual Produk di Internet
SOLD-OUT

Comments

comments