Samsung Galaxy S3 terpilih menjadi salah satu kandidat smartphone canggih di 2013. Awal tahun 2013 pertarungan smartphone canggih semakin panas, beberapa smartphone vendor besar sudah tak sabar dan melakukan pengenalan di akhir 2012. Alhasil, 4 smartphone yang jadi pilihan Kami untuk di ulas adalah Blackberry z10, iPhone 5, Nokia lumia 920 dan Samsung Galaxy s3.

PriceArea.com-komparasi 4 smartphone canggih

Alasan terbesar memilih 4 smartphone ini adalah, seluruhnya memiliki performa fitur canggih yang boleh dibilang setara serta harga yang terpaut tipis. Dan satu hal lagi yang juga tak bisa Kami hindari dalam memilih 4 produk ini adalah merk vendor. Tak bisa dipungkiri jika Blackberry, Nokia, iphone, serta Samsung Galaxy S3 sempat berseteru dan punya magnet yang luar biasa besar untuk menarik konsumen.

Langsung saja, tak usah berlama-lama lagi, berikut ulasan Kami;

Blackberry z10

Kami pilih sebagai ulasan pertama karena memang smartphone inilah yang hadir paling bungsu diantara yang lain. Pantauan PriceArea-blackberry z10www.pricearea.com tentang harga yang dimiliki, kabarnya akan dibanderol sekitar harga 8 jutaan. Ini tentu terpaut sedikit diatas iPhone 5, selain kehadiran iPhone 5 yang lebih dulu tentu akan membuat pola angka penjualan dari distributor vendor smartphone ‘bermain’. Itu wajar, pada saatnya nanti harga tinggi itu akan perlahan menyesuaikan dengan permintaan.

Sedangkan untuk mengetahui kemampuan kinerja dari Blackberry z10 ini, www.pricearea.com mengutip beberapa reviewer dari situs teknologi dan gadget. Hasilnya, smartphone yang mengawali debut dengan kontrol keypad qwerty merubah 180 derajat menjadi touchscreen. 99% kontrol interface dilakukan dengan sentuhan dan mengusap pada layar berukuran 4inci ini.

Sementara untuk komponen keras pendukung kinerja, Blackberry tak mau kalah dengan 3 pesaing kuatnya dengan menempelkan Snapdragon S4 DualCore 1,5GHz sebagi CPU, sedikit unggul pada fitur networking, z10 bisa digunakan sebagai mobile hotspot.

Samsung Galaxy SIII

Siapa yang tak kenal smartphone ini, gadget pabrikan Korea ini telah lebih dulu hadir ditengah pasar smartphone, namun PriceArea.com-samsung galaxy s3kehadirannya di awal bukan berarti menurunkan banderol harga. Hingga ulasan ini dibuat, harga yang dimiliki stabil, bahkan tabloid nomer 1 yang mengulas teknologi dan harga ponsel yang terbit untuk akhir bulan Januari 2013 mencatat ada kenaikan hingga 200 ribu yang sebelumnya 5 jutaan maka saat ini menjadi 6 jutaan.

Kekuatan harga yang dimiliki tak lepas dari anggapan para pengguna yang telah merasakan smartphone bersistem operasi Android IceCream Sandwich ini. TechRadar.com sebagai salah satu situs acuan www.pricearea.com melakukan review-pun mengakui bahwa ‘Samsung Galaxy S3 is one of the most advanced smartphones in the world ever’, hasil uji yang dilakukan meliputi layar, kontrol interface, perpesanan, kamera foto, video, gaming, kekuatan baterai dan konektifitas, internet, software IceCream Sandwich hingga apps & map. Komplit bukan?

Namun begitu tetap kembali kepada Anda sebagai pengguna, apakah sudah sesuai atau dibutuhkan smartphone canggih ini, jika ya, maka selamat menikmati kelengkapan fitur dan kinerja yang dimiliki smartphone ini. Oya, untuk piranti keras penunjang kinerja Galaxy S3membenamkan prosesor DualCore Cortex A9 1,4GHz berbeda dengan z10 milik Blackberry.

iPhone 5

Pengalaman berbeda mengoperasikan smartphone dipastikan terasa sekali ketika menggunakan smartphone ini. Dibandingkan PriceArea.com-iphone5dengan para pesaing,iPhone 5 terasa lebih hand-familiar, terlebih lagi di Indonesia prestis user ketika memegang iPhone 5 adalah satu hal yang tak bisa di saingi oleh vendor lain. Harga yang dipatok saat ini sudah mencapai angka 7.8 juta nyaris menyentuh angka 8 juta. Ini sedikit lebih murah dibandingkan dengan Blackberry z10 yang sebentar lagi hadir.

Untuk urusan kinerja secara general kemampuan jelajah prosesor yang dimiliki iPhone 5 sama dengan Z10 dan Lumia 920, dengan begitu Anda taak perlu bingung memilih mana yang akan membantu Anda dalam menunaikan kebutuhan Anda dengan smartphone ini. Yang membedakan hanyalah inteface serta user friendly dalam sebuah produk, dan inilah yang belum bisa dikalahkan oleh beberapa vendor tentang pengalaman dan prestis tersendiri yang dirasakan oleh user ketika menggunakan iPhone.

Nokia Lumia 920

Akhirnya, sampailah kita ke ulasan terakhir yakni smartphone asal finlandia yang saat ini tak lagi mengadopsi symbian OS pada ponsel kelas atasnya. Perubahan OS dan tampilan tak hanya membuat user fanatik nokia lebih giat dan berlomba untuk memiliki tetapi juga ada yang akhirnya merubah haluan dan tak lagi menggunakan nokia. Alasannya hanya satu, merubah OS.

Terlepas dari itu, Lumia 920 hadir dengan sederet fitur unggulan yang salah satu diantaranya adalah konektifitas, aplikasi serta kamera. Sayangnya harga yang dibanderol agak sedikit lebih mahal dibandingkan dengan Galaxy S3, padahal kemampuan yang dimiliki kedua smartphone tersebut sama meski memiliki perbedaan sistem operasi. Jika diprosesntasikan minat pengguna antara Galaxy S3 dan Lumia 920, maka Galaxy S3 boleh jadi sebagai pemimpin.

Namun untuk catatan, Lumia 920 tetap memiliki keunggulan pada layanan kamera foto karena peredam getar, dual flash LED serta resolusi yang dimiliki lebih tinggi ketimbang Galaxy S3.

Demikian ulasan singkat Kami tentang 4 smartphone canggih yang tampaknya tengah bersaing merengkuh pasar smartphone tahun ini. Meski masih menanti kehadiran z10 lansiran Blackberry yang tak lama lagi muncul, namun 3 smartphone lain sebagai pesaing seperti pantang mundur untuk tetap eksis di pasar smartphone high-end Indonesia. Termasuk Samsung Galaxy S3 yang menjadi kandidat sebagai smartphone canggih di tahunn 2013.

Comments

comments