Buah pisang ialah nama umum yang diberikan pada tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya (Musa acuminata, M. balbisiana, dan M. paradisiaca) menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Pada saat bulan puasa permintaan akan buah pisang semakin melonjak, karena buah pisang sering di pakai untuk bahan dasar membuat kolak pisang, pisang goreng, atau kudapan lainnya yang memakai bahan dasar buah pisang itu sendiri.

Kolak adalah nama makanan berkuah yang memiliki rasa manis yang segar. Kolak pisang santan yang akan kami buat pada kesempatan kali ini. Kolak pisang dapat dipadukan dengan berbagai macam bahan campuran seperti, kolang kaling, sekoteng, ubi dan bahan yang lainnya. Untuk campuran kolak pisang sebenarnya dapat disesuaikan dengan selera kamu.

Kolak dapat dijadikan sebagai makanan penutup atau bisa juga disajikan sebagai ta’jil ketika buka puasa. Untuk membuat kolak pisang santan, akan lebih enak jika menggunakan pemanis gula merah dibanding dengan gula putih atau gula pasir. Akan tetapi kembali kepada selera kamu, jika kamu tidak suka dengan gula merah bisa diganti dengan gula pasir. Berikut adalah resep membuat kolak pisang santan :

Bahan :

  • 500 gram pisang tanduk yang sudah matang dan masih segar
  • 200 gr gula merah ( disisir halus )
  • 2 sendok makan gula psir2 lembar daun pandan ( dicuci bersih )
  • 100 gram kolang kaling ( potong menjadi 3 bagian )
  • 600 ml santan kelapa
  • 1 sendok teh garam halus
  • 1/2 sendok teh vanili bubuk
  • air untuk merebus gula merah secukupnya

Cara Membuat Kolak Pisang :

  • Kupas kulit pisang tanduk lalu potong serong dengan ukuran sesuai selera, sisihkan
  • Rebus gula merah yang sudah disisir halus dengan 70 ml air sampai gula benar-benar larut, angkat dan saring
  • Campur rebusan gula merah, santan kelapa, gula pasir, garam dan vanili bubuk dalam panci
  • Rebus bahan yang sudah dicampur diatas api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih
  • Masukkan kolang kaling dan potongan pisang tanduk kedalam rebusan santan, diamkan sampai matang sambil sedikit diaduk
  • Kolak pisang santan siap dinikmati

Tak hanya lezat, pisang pun punya dampak yang baik bagi kesehatan. Berdasarkan penelitian, kalau kamu makan #3 buah pisang, itu sama saja dengan memberi 1.500 miligram potasium yang berguna untuk menambah tenaga bagi tubuh.Harga pisang bersahabat jadi faktor lain yang memungkinkanmu untuk mengonsumsi pisang setiap harinya. Sehat itu tak hanya soal rutin berolahraga tapi juga memerhatikan berbagai asupan yang dikonsumsi.

Baca Juga >> Daftar Produk Elektronik Yang Naik Harga Menjelang Lebaran

Tertarik membuat olahan pisangan ini ? kamu bisa mengkreasikan kolak pisang dengan berbagai macam bahan lainnya seperti kolang kaling, nangka, atau ubi. Harga kolak pisang yang dijual langsung bahkan ada juga yang menjual kolak pisang secara online atau dengan pengiriman langsung menggunakan saja kurir ojek online juga lowh, jadi kalo kamu repot tidak dapat membuanya bisa memanfatkan layanan ini, mudah dan praktis bukan ? Jangan lupa kunjungi PriceArea.com sebagai mesin pencari belanja dan pembanding harga nomer #1 di Indonesia dan dapatkan promo menarik setiap harinya. Selamat berbelanja.

Summary
Berbuka Dengan Yang Manis Semanis Kolak Pisang
Article Name
Berbuka Dengan Yang Manis Semanis Kolak Pisang
Description
Kolak pisang santan yang akan kami buat pada kesempatan kali ini. Kolak pisang dapat dipadukan dengan berbagai macam bahan campuran seperti, kolang kaling, sekoteng, ubi dan bahan yang lainnya.
Author

Comments

comments