[adsense]Layanan yang baik kepada pelanggan merupakan salah satu unsur terpenting dalam setiap website e-commerce atau toko online. Semakin banyak pengalaman yang didapatkan oleh seorang pelanggan dalam berbelanja di dunia maya, semakin banyak pula strategi yang digunakan oleh pemilik toko online tidak lagi memiliki pengaruh signifikan untuk menaikkan penjualan atau membuat pelanggan tersebut ‘setia’ kepada layanan ecommerce yang ditawarkan di situs tersebut. Sering kali, pelanggan meninggalkan sebuah situs ecommerce, bukan karena produk yang buruk tetapi layanan pelanggan yang kurang memuaskan.

Kadang-kadang pelanggan bahkan merasa menjadi korban ketidakramahan, bahkan hanya dengan hal sekecil apa pun yang kadang tidak disadari sebagai pemain ecommerce. Misal, dalam email-email transaksi, Anda menggunakan istilah ‘pelanggan’, dan bukan menyebutkan nama secara langsung. Sistem otomasi seperti ini memang baik untuk menghemat waktu, tetapi di sisi lain, metode tersebut cenderung mengasingkan pelanggan. Anda harus menambahkan kreativitas dan pendekatan pribadi untuk meningkatkan layanan kepada pelanggan. Simak juga beberapa tips berikut ini untuk meningkatkan kualitas layanan website ecommerce Anda.

Kiat Meningkat Layanan Pelanggan untuk  Toko Online yang Lebih Menguntungkan
Kiat Meningkat Layanan Pelanggan untuk
Toko Online yang Lebih Menguntungkan | sumber : inapay.com

Tim customer service (CS) Anda mungkin pernah sesekali membuat kesalahan dengan berbicara kepada pelanggan tanpa mempertimbangkan perasaan mereka. Untuk memperbaiki hal ini, Anda dapat membuat database terpusat yang menyediakan data setiap pelanggan. Beberapa platform e-commerce seperti Magento misalnya, menyediakan modul-modul untuk keperluan ini. Dengan hal tersebut, Anda dapat menawarkan layanan memuaskan yang sesuai dengan karakter masing-masing pelanggan. Manfaatkan secara optimal setiap jalur komunikasi dengan pelanggan, percakapan email, panggilan telepon, dan juga media-media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Bersikap pro-aktif juga tidak kalah penting dalam meningkatkan pelayanan. Selalu pelajari setiap detail fitur dan teknis dalam website Anda, sehingga jika sewaktu-waktu pelanggan bertanya tentang sebuah masalah, Anda telah mempersiapkan diri untuk memberikan solusi. Bahkan setiap permintaan kecil apa pun dari mereka harus ditanggapi dengan penuh simpati. Banyak kasus-kasus yang sering terjadi dalam dunia ecommerce, seperti kesalahan alamat pengiriman, barang yang rusak, dan sebagainya yang akhirnya justru membuat pelanggan ‘lari’ dari website Anda, karena tanggapan yang kurang memuaskan dan jauh dari kata simpatik. Tempatkan diri pada situasi mereka untuk memberikan solusi terbaik dan menjaga loyalitas pelanggan terhadap layanan Anda.

Memang sulit untuk selalu memberikan tanggapan yang memuaskan terhadap setiap permintaan pelanggan, tetapi Anda dapat berusaha untuk memenuhi mulai dari hal-hal terkecil yang mereka sampaikan. Setiap aksi kecil Anda bisa jadi memiliki efek besar pada proses pendekatan pelanggan. Membuat departemen layanan pelanggan yang sepenuhnya mampu memberikan pelayanan yang sangat baik adalah kunci keberhasilan bisnis e-commerce Anda.

Buat layanan pelanggan e-commerce lebih profesional dan personal sehingga pelanggan Anda akan memiliki pengalaman yang lebih akrab. Beri tanggapan sesegera mungkin terhadap apa saja yang mereka sampaikan. Perbarui halaman FAQ sesering mungkin setiap muncul permasalahan baru yang berulang-ulang dari beberapa pelanggan, jika diperlukan. Buat tutorial dan video-video yang bisa mengantisipasi dalam pemecahan masalah pelanggan. Selalu ingat untuk menempatkan pelanggan sebagai raja, semoga sukses!

Comments

comments