Keuntungan dan Kerugian Berbelanja secara Online | PriceArea.com
Home > Tips & Trik > Tips Belanja > Keuntungan dan Kerugian Berbelanja secara Online

Keuntungan dan Kerugian Berbelanja secara Online

Dengan adanya toko berbasis internet, aktifitas berbelanja secara online masyarakat pun semakin mudah dan praktis. Belanja online bisa dilakukan cukup dengan membuka smartphone, tablet, ataupun laptop dan tidak perlu datang langsung ke toko. Proses tawar-menawar juga dapat dilakukan secara online tanpa harus menemui langsung pembelinya. Inilah salah satu kelebihan dalam berbelanja online.

Berbelanja secara Online di Pricearea.com

Selain kelebihan tentu saja dalam berbelanja online ada kekurangannya atau kerugian, antara lain jarak waktu antara pembayaran dan barang diterima cukup lama. Berbeda jika anda datang langsung ke toko. Saat anda datang ke toko, barang akan langsung di tangan anda sesaat setelah anda membayar. Selain itu, tingkat kepercayaan juga menjadi suatu hal yang mutlak diperlukan dalam berbelanja online. Itulah sedikit gambaran singkat mengenai keuntungan dan kerugian berbelanja online. Untuk informasi lebih lengkapnya mengenai pembelanjaan online yang sedang marak sekarang ini bisa anda simak ulasan di bawah ini.

Keuntungan Berbelanja secara Online

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Berbelanja secara Online Menghemat Waktu

Bagi anda yang super sibuk dan tidak ada waktu untuk pergi berbelanja, toko online adalah keuntungan besar buat anda. Tidak perlu datang ke toko langsung, anda bisa memesan dan membeli barang yang diinginkan dimana pun anda berada.

2. Waktunya Fleksibel

Kebanyakan toko, misal toko baju dan elektronik, tidak buka seharian penuh. Toko-toko di pusat perbelanjaan pun paling hanya buka 12 jam dari jam 10 pagi – 10 malam. Berbeda dengan toko online yang bisa anda akses kapan saja dan dimana saja.

3. Pilihannya Banyak dan Beragam

Dari banyak pilihan tersebut anda tidak perlu berkeliling mall capek-capek, hanya tinggal mengusap layar smartphone atau tablet anda dan barang yang anda inginkan pun akan keluar. Cara ini sangat simpel bukan, tidak heran perkembangan pembelanjaan online ini semakin marak di kalangan masyarakat umum.

4. Harga Sudah Tertera

Hal ini tidak berbeda jika anda berbelanja di mall. Akan tetapi berbeda jika anda belanja di pasar tradisional atau toko konvensional lainnya. Di toko online anda tidak perlu repot-repot untuk menawar harga barang yang diinginkan karena harga sudah tertera. Harga tersebut dijamin sesuai dengan harga di pasaran. Jadi toko online juga memiliki kelebihan lain yaitu sebagai banding hargasatu toko dengan toko lain.

Berbelanja secara Online

Selain itu, jika anda mengalami kesulitan dalam memilih harga produk yang terbaik, anda bisa menggunakan search engine produk seperti Pricearea.com sebagai situs pembanding harga yang dapat membandingkan berbagai macam harga produk tertentu dari ribuan merchant atau penjual online. Waktu anda akan semakin dihemat bukan jika menggunakan fitur yang disediakan oleh Pricearea.com.

5. Sering ada Promo Menarik

Promo Berbelanja secara Online

Toko online biasanya menyelenggarakan promo menarik di beberapa kesempatan khusus untuk konsumen setianya. Biasanya toko online akan memberikan diskon untuk produk yang ada di situsnya ataupun memberikan voucher belanja setiap batas nominal pembelian tersebut. Hal ini cukup menguntungkan mengingat anda bisa menghemat lebih banyak uang.

Kerugian Berbelanja secara Online

1. Tidak bisa Dicoba

Istilahnya kalau anda membeli secara online, tidak ada testernya. Misalnya anda akan membeli sepatu, anda tidak bisa mencobanya lebih dulu sehingga konsekuensinya adalah ukuran kurang pas. Ini tentu berbeda jika anda membeli di toko biasa.

2. Adanya Ongkos Kirim (Ongkir)

Ongkos Kirim Berbelanja secara Online

Untuk setiap pembelian secara online, biasanya akan dikenakan biaya pengiriman. Mahal atau tidaknya biaya tersebut tergantung dari jumlah barang yang anda beli dan sejauh mana lokasi anda dari gudang toko online tersebut berada dan juga jangka waktu barang tersebut akan sampai. Semakin cepat tentunya semakin mahal pula ongkos pengirimannya. Perhatikan juga berat barang yang anda beli. Semakin berat, menuntut harga pengiriman yang semakin mahal, tinggal dikalikan saja dengan estimasi bobot barang yang anda beli. Namun sekarang ini sudah banyak merchant yang bekerjasama langsung dengan perusahaan pengiriman, sehingga biaya ongkos kirim bisa lebih ditekan bahkan bisa gratis.

3. Barang bisa Rusak

Salah satu kerugian akibat pengiriman barang adalah barang menjadi rusak. Kita tahu ketika barang dikirim dari satu tempat yang jauh menggunakan box ataupun wadah apa yang dicampur barang lain, maka barang tersebut akan beresiko mengalami kerusakan. Meskipun pihak toko online biasanya melakukan proteksi yang aman, namun tetap saja resiko kerusakan kecil tetap ada. Namun hal ini juga dapat diantisipasi dengan menggunakan jasa asuransi yang disediakan oleh pihak penyedia jasa pengiriman.

4. Mengharuskan Anda Memiliki Kartu Debit atau Kredit

Berbelanja secara Online Perlu Kartu Kredit

Biasanya syarat itu diberlakukan untuk toko online yang berskala internasional seperti Amazon.com dan lainnya. Hal ini dikarenakan oleh perlunya channel khusus untuk proses pembayaran antar negara. Tentunya cara ini sangat menyingkat waktu dan biaya.

Baca Juga: Toko Offline Atau Toko Online? Kelebihan dan Kekurangannya

Itulah beberapa kekurangan dan kelebihan berbelanja online. Yang perlu anda perhatikan, semudah apapun belanja online, tetaplah bijak dalam menggunakan uang anda. Jangan sampai berbagai kemudahan yang ditawarkan tersebut membuat anda terlena dalam menghabiskan uang bulanan anda.

Comments

comments

Read previous post:
Cincin Batu Akik
Inspirasi Cincin Batu Akik Khusus Wanita Berdesain Elegan

Cincin Batu Akik khusus untuk wanita ternyat ajuga menyimpan keindahan dan desain elegan yang mampu menghipnotis siapapun yang melihatnya. Sangat...

Close